UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini menyajikan hasil eksperimen pendidikan yang didasarkan pada penerapan kursus English for Specific Purposes (ESP) yang disesuaikan untuk mahasiswa teknik di tingkat sarjana dengan menggunakan tugas situasional berorientasi profesional. Ciri khas utama kursus ini adalah sifat interdisipliner, tidak terbatas pada satu bidang teknik saja melainkan mencakup berbagai topik teknik yang relevan bagi spesialisasi teknis yang berbeda. Studi ini bertujuan mengidentifikasi situasi kerja umum yang sering dihadapi oleh insinyur dari berbagai subindustri yang memerlukan penerapan bahasa Inggris, merancang tugas situasional yang terintegrasi dalam kursus ESP teknik multi‑disipliner, serta menguji efektivitas pedagogis model yang dirancang. Eksperimen dilaksanakan di Satbayev University, salah satu universitas teknik terkemuka di Kazakhstan, dengan total 60 mahasiswa tingkat pertama yang memiliki latar belakang teknik berbeda, termasuk 30 mahasiswa dari kelompok eksperimental. Metode campuran yang digabungkan, melibatkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, mencakup tinjauan literatur, analisis kebutuhan melalui kuesioner alumni, evaluasi dan adaptasi buku teks ESP yang ada, pemodelan didaktik, eksperimen pedagogis, serta analisis komparatif dan statistik matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kursus ESP teknik interdisipliner yang diusulkan memiliki efisiensi lebih tinggi dibandingkan kursus Bahasa Inggris profesional tradisional.
Penelitian ini berhasil mencapai tujuan utama dengan merancang kursus ESP interdisipliner berbasis situasi profesional yang menggunakan metodologi TBLT, PBL, dan PjBL untuk menciptakan lingkungan belajar yang autentik.Eksperimen pedagogik menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh hasil evaluasi akhir yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol, menegaskan efektivitas kurikulum tersebut.Pengembang kurikulum dapat mencontoh model ini, memperluas cakupan ke berbagai bidang teknik dan mengimplementasikan metode interaktif serta teknologi imersif dalam pendidikan Bahasa Inggris profesional bagi insinyur.
Pengembangan lanjutan dapat dilakukan dengan menguji model kursus ESP interdisipliner ini di universitas teknik lain di Kazakhstan atau di negara lain agar temuan dapat digeneralisasi. Penelitian tersebut harus juga menilai keberlanjutan kemampuan bahasa Inggris tenaga kerja setelah lulusan menyelesaikan studi dengan survei tindak lanjut dan tes kompetensi di tempat kerja. Penambahan teknologi imersif seperti realitas virtual atau realitas tambahan dalam tugas berbasis situasi dapat meningkatkan konsentrasi dan validitas praktisi di dalam kelas. Metode eksperimen kontrol yang serupa dapat menggunakan kelompok yang berpartisipasi di program magang industri agar data manfaat langsung dapat diambil. Analisis kualitas tugas TBLT, PBL, dan PjBL dapat diberi skor performa secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui aspek apa yang paling berdampak. Pelibatan alumni sebagai mentor dalam tugas proyek dapat menumbuhkan kedekatan real‑time antara teori dan praktik. Selanjutnya, studi dapat memperluas jangkauan bidang teknik lain, seperti teknologi informasi dan manufaktur, untuk menguji interaksi antar disiplin. Kombinasi metode ini akan menghasilkan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan profesional peluang kerja global dalam bidang teknik.
- A Needs Analysis Approach to ESP Design in Iranian Context - ScienceDirect. needs analysis approach design... doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.404A Needs Analysis Approach to ESP Design in Iranian Context ScienceDirect needs analysis approach design doi 10 1016 j sbspro 2014 03 404
- Kinesic communication in traditional and digital contexts: An exploratory study of ESP undergraduate... doi.org/10.1016/j.system.2023.103034Kinesic communication in traditional and digital contexts An exploratory study of ESP undergraduate doi 10 1016 j system 2023 103034
- Foreign and Second Language Needs Analysis - The Handbook of Language Teaching - Wiley Online Library.... doi.org/10.1002/9781444315783.ch16Foreign and Second Language Needs Analysis The Handbook of Language Teaching Wiley Online Library doi 10 1002 9781444315783 ch16
- Frontiers | Changing visions in ESP development and teaching: Past, present, and future vistas. frontiers... doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1140659Frontiers Changing visions in ESP development and teaching Past present and future vistas frontiers doi 10 3389 fpsyg 2023 1140659
- A needs analysis approach to ESP syllabus design in Greek tertiary education: A descriptive account of... doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.721A needs analysis approach to ESP syllabus design in Greek tertiary education A descriptive account of doi 10 1016 j sbspro 2010 03 721
| File size | 491.83 KB |
| Pages | 12 |
| Short Link | https://juris.id/p-2j |
| DMCA | Report |
Related /
UPIUPI Namun, terdapat sejumlah karya yang berkaitan dengan aplikasi, khususnya yang diarahkan pada tubuh manusia khususnya dalam penggantian perangkat untukNamun, terdapat sejumlah karya yang berkaitan dengan aplikasi, khususnya yang diarahkan pada tubuh manusia khususnya dalam penggantian perangkat untuk
UNYUNY Hal ini menciptakan ciri khas yang disebut Bahasa Inggris Vietnam. Makalah ini fokus pada kesalahan yang dilakukan pengguna Vietnam dalam melafalkan empatHal ini menciptakan ciri khas yang disebut Bahasa Inggris Vietnam. Makalah ini fokus pada kesalahan yang dilakukan pengguna Vietnam dalam melafalkan empat
UGMUGM Penelitian ini mengkaji efektivitas model pembelajaran mesin dalam menangkap perilaku herd‑ing adaptif di pasar Amerika Serikat, Malaysia, dan Indonesia.Penelitian ini mengkaji efektivitas model pembelajaran mesin dalam menangkap perilaku herd‑ing adaptif di pasar Amerika Serikat, Malaysia, dan Indonesia.
IAINPTKIAINPTK Pendekatan yang interaktif dan berbasis data lebih efektif dibanding teknik promosi tradisional. Rekomendasi untuk perusahaan adalah mengembangkan sistemPendekatan yang interaktif dan berbasis data lebih efektif dibanding teknik promosi tradisional. Rekomendasi untuk perusahaan adalah mengembangkan sistem
IAINPTKIAINPTK Berger untuk mengeksplorasi hubungan dialektis antara pelaku nikah siri dan hegemoni kiai, artikel ini menemukan bahwa nikah siri yang dipraktikkan olehBerger untuk mengeksplorasi hubungan dialektis antara pelaku nikah siri dan hegemoni kiai, artikel ini menemukan bahwa nikah siri yang dipraktikkan oleh
UNYUNY Implementasi metode TaRL pada materi fase D di pendidikan jasmani sekolah menengah pertama dinilai baik oleh 76% guru dan 72,8% guru memberikan penilaianImplementasi metode TaRL pada materi fase D di pendidikan jasmani sekolah menengah pertama dinilai baik oleh 76% guru dan 72,8% guru memberikan penilaian
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan di tiga bidang utama: aksesibilitas bahan pembelajaran, efektivitas akomodasi ujian, dan kesadaranPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan di tiga bidang utama: aksesibilitas bahan pembelajaran, efektivitas akomodasi ujian, dan kesadaran
UNUSAUNUSA Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 85 responden karyawan. Data dikumpulkan melaluiMetode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 85 responden karyawan. Data dikumpulkan melalui
Useful /
UPIUPI Makalah ini memaparkan implementasi robot bergerak yang dikendalikan secara nirkabel untuk aplikasi pengawasan dan keamanan. Desain robot difokuskan padaMakalah ini memaparkan implementasi robot bergerak yang dikendalikan secara nirkabel untuk aplikasi pengawasan dan keamanan. Desain robot difokuskan pada
UGMUGM Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak implementasi teknologi informasi terhadap efisiensi operasional perusahaan manufaktur di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak implementasi teknologi informasi terhadap efisiensi operasional perusahaan manufaktur di Indonesia.
IAINPTKIAINPTK Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman dinamika konsumen dalam era digital. Media sosial memengaruhi keputusan konsumen membeli produk digitalPenelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman dinamika konsumen dalam era digital. Media sosial memengaruhi keputusan konsumen membeli produk digital
IAINPTKIAINPTK Dataset sebanyak 1,2 juta transaksi dari 18.934 pelanggan di tiga gerai supermarket di Surabaya dianalisis dengan proses CRISP-DM. Hasilnya menunjukkanDataset sebanyak 1,2 juta transaksi dari 18.934 pelanggan di tiga gerai supermarket di Surabaya dianalisis dengan proses CRISP-DM. Hasilnya menunjukkan