UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini menyajikan hasil eksperimen pendidikan yang didasarkan pada penerapan kursus English for Specific Purposes (ESP) yang disesuaikan untuk mahasiswa teknik di tingkat sarjana dengan menggunakan tugas situasional berorientasi profesional. Ciri khas utama kursus ini adalah sifat interdisipliner, tidak terbatas pada satu bidang teknik saja melainkan mencakup berbagai topik teknik yang relevan bagi spesialisasi teknis yang berbeda. Studi ini bertujuan mengidentifikasi situasi kerja umum yang sering dihadapi oleh insinyur dari berbagai subindustri yang memerlukan penerapan bahasa Inggris, merancang tugas situasional yang terintegrasi dalam kursus ESP teknik multi‑disipliner, serta menguji efektivitas pedagogis model yang dirancang. Eksperimen dilaksanakan di Satbayev University, salah satu universitas teknik terkemuka di Kazakhstan, dengan total 60 mahasiswa tingkat pertama yang memiliki latar belakang teknik berbeda, termasuk 30 mahasiswa dari kelompok eksperimental. Metode campuran yang digabungkan, melibatkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, mencakup tinjauan literatur, analisis kebutuhan melalui kuesioner alumni, evaluasi dan adaptasi buku teks ESP yang ada, pemodelan didaktik, eksperimen pedagogis, serta analisis komparatif dan statistik matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kursus ESP teknik interdisipliner yang diusulkan memiliki efisiensi lebih tinggi dibandingkan kursus Bahasa Inggris profesional tradisional.

Penelitian ini berhasil mencapai tujuan utama dengan merancang kursus ESP interdisipliner berbasis situasi profesional yang menggunakan metodologi TBLT, PBL, dan PjBL untuk menciptakan lingkungan belajar yang autentik.Eksperimen pedagogik menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh hasil evaluasi akhir yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol, menegaskan efektivitas kurikulum tersebut.Pengembang kurikulum dapat mencontoh model ini, memperluas cakupan ke berbagai bidang teknik dan mengimplementasikan metode interaktif serta teknologi imersif dalam pendidikan Bahasa Inggris profesional bagi insinyur.

Pengembangan lanjutan dapat dilakukan dengan menguji model kursus ESP interdisipliner ini di universitas teknik lain di Kazakhstan atau di negara lain agar temuan dapat digeneralisasi. Penelitian tersebut harus juga menilai keberlanjutan kemampuan bahasa Inggris tenaga kerja setelah lulusan menyelesaikan studi dengan survei tindak lanjut dan tes kompetensi di tempat kerja. Penambahan teknologi imersif seperti realitas virtual atau realitas tambahan dalam tugas berbasis situasi dapat meningkatkan konsentrasi dan validitas praktisi di dalam kelas. Metode eksperimen kontrol yang serupa dapat menggunakan kelompok yang berpartisipasi di program magang industri agar data manfaat langsung dapat diambil. Analisis kualitas tugas TBLT, PBL, dan PjBL dapat diberi skor performa secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui aspek apa yang paling berdampak. Pelibatan alumni sebagai mentor dalam tugas proyek dapat menumbuhkan kedekatan real‑time antara teori dan praktik. Selanjutnya, studi dapat memperluas jangkauan bidang teknik lain, seperti teknologi informasi dan manufaktur, untuk menguji interaksi antar disiplin. Kombinasi metode ini akan menghasilkan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan profesional peluang kerja global dalam bidang teknik.

  1. A Needs Analysis Approach to ESP Design in Iranian Context - ScienceDirect. needs analysis approach design... doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.404A Needs Analysis Approach to ESP Design in Iranian Context ScienceDirect needs analysis approach design doi 10 1016 j sbspro 2014 03 404
  2. Kinesic communication in traditional and digital contexts: An exploratory study of ESP undergraduate... doi.org/10.1016/j.system.2023.103034Kinesic communication in traditional and digital contexts An exploratory study of ESP undergraduate doi 10 1016 j system 2023 103034
  3. Foreign and Second Language Needs Analysis - The Handbook of Language Teaching - Wiley Online Library.... doi.org/10.1002/9781444315783.ch16Foreign and Second Language Needs Analysis The Handbook of Language Teaching Wiley Online Library doi 10 1002 9781444315783 ch16
  4. Frontiers | Changing visions in ESP development and teaching: Past, present, and future vistas. frontiers... doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1140659Frontiers Changing visions in ESP development and teaching Past present and future vistas frontiers doi 10 3389 fpsyg 2023 1140659
  5. A needs analysis approach to ESP syllabus design in Greek tertiary education: A descriptive account of... doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.721A needs analysis approach to ESP syllabus design in Greek tertiary education A descriptive account of doi 10 1016 j sbspro 2010 03 721
File size491.83 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test