UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran seminar Socrates dan model pembelajaran langsung. Jenis dan rancangan penelitian berupa penelitian eksperimen semu dan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gianyar, Bali, dengan sampel dua kelas XI IPA, yaitu XI IPA3 dan XI IPA4 yang masing-masing berjumlah 32 orang. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan melalui pengundian. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan data dianalisis dengan statistik Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran seminar Socrates dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Siswa yang belajar dengan model pembelajaran seminar Socrates menunjukkan hasil lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran seminar Socrates dan model pembelajaran langsung.Siswa yang menggunakan model seminar Socrates memiliki skor rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.Oleh karena itu, model pembelajaran seminar Socrates efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini membuka pintu untuk eksplorasi lebih lanjut tentang efektivitas model pembelajaran yang mendorong diskusi aktif, sehingga membangun generasi siswa yang siap menghadapi tantangan globalisasi. Pertama, studi lanjutan dapat menyelidiki apakah model pembelajaran seminar Socrates dapat diterapkan efisien di sekolah-sekolah dengan sumber daya terbatas, seperti dengan mempertanyakan bagaimana pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa di daerah pedesaan yang memiliki jumlah waktu belajar terbatas. Kedua, penelitian masa depan sebaiknya mengevaluasi apakah perbedaan yang ditemukan masih berlanjut dalam jangka panjang, dengan merancang eksperimen untuk melacak perkembangan hasil belajar siswa dari kelas XI hingga mereka lulus, memverifikasi keberlanjutan manfaat model ini di luar tes satu topik seperti gaya antarmolekul dan bentuk molekul. Ketiga, sebagai perluasan dari saran untuk menjaga keajegan pengaruhnya di materi kimia lain, penting untuk membandingkan model seminar Socrates dengan pendekatan hybrid yang menggabungkannya dengan teknologi digital, seperti melalui penelitian yang mempertanyakan apakah siswa yang belajar dengan kombinasi diskusi tatap muka dan platform online menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi daripada yang belajar secara tradisional. Dengan melakukan penyesuaian pada kendala seperti waktu yang lama untuk pengaturan ruangan atau penyesuaian siswa, studi-studi ini dapat menjadikan hasil penelitian sebagai dasar untuk reformasi pendidikan yang lebih luas, memungkinkan siswa tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga kemampuan untuk berpikir mandiri di era persaingan global.
| File size | 93.13 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UIN Ar-RaniryUIN Ar-Raniry Oleh karena itu, diperlukan langkah preventif berbasis hadits, antara lain larangan melihat organ genital lawan jenis serta peningkatan kesadaran akanOleh karena itu, diperlukan langkah preventif berbasis hadits, antara lain larangan melihat organ genital lawan jenis serta peningkatan kesadaran akan
UNYUNY Kegiatan yang dilakukan pada penelitian tahap pertama adalah melakukan need asessment untuk memahami kondisi awal PKK di lokasi penelitian. PenelitianKegiatan yang dilakukan pada penelitian tahap pertama adalah melakukan need asessment untuk memahami kondisi awal PKK di lokasi penelitian. Penelitian
UNYUNY Prinsip “rumah bersama ini seperti melting pot, tempat semua perbedaan ras, suku, agama, dan lainnya dilebur menjadi satu identitas tunggal sebagai saudaraPrinsip “rumah bersama ini seperti melting pot, tempat semua perbedaan ras, suku, agama, dan lainnya dilebur menjadi satu identitas tunggal sebagai saudara
UNYUNY Kepemimpinan dan komunikasi interpersonal juga masing‑masing memengaruhi secara positif kepuasan kerja serta komitmen organisasi. Selain itu, kepuasanKepemimpinan dan komunikasi interpersonal juga masing‑masing memengaruhi secara positif kepuasan kerja serta komitmen organisasi. Selain itu, kepuasan
Useful /
UINUIN Responsivitas, akurasi, dan obyektivitas Majelis Ulama Indonesia dalam menerbitkan fatwa ini telah membawa pengaruh positif terhadap citra lembaga, danResponsivitas, akurasi, dan obyektivitas Majelis Ulama Indonesia dalam menerbitkan fatwa ini telah membawa pengaruh positif terhadap citra lembaga, dan
UNYUNY Media dan teknik menggunakan mixed media spidol, crayon, acrilic. Penilaian lomba seni lukis adalah originalitas, kreativitas, teknik, warna, dan kesesuaianMedia dan teknik menggunakan mixed media spidol, crayon, acrilic. Penilaian lomba seni lukis adalah originalitas, kreativitas, teknik, warna, dan kesesuaian
UNYUNY Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain randomized pretest posttest comparison group design dan metode analisis data yang digunakanRancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain randomized pretest posttest comparison group design dan metode analisis data yang digunakan
UNYUNY Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013, ada beberapa aspek manajemen yang penting sebagai strategi untuk memperkuat pelaksanaannya. Aspek-aspekDalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013, ada beberapa aspek manajemen yang penting sebagai strategi untuk memperkuat pelaksanaannya. Aspek-aspek