UNPAMUNPAM

JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia)JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas X SMA Negeri 1 Gowa yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi keterampilan kolaboratif, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis (gain ternormalisasi 0,70) dan keterampilan kolaboratif (gain ternormalisasi 0,68) siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi etnosains dalam PBL dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan kemampuan abad 21 siswa.

Model Problem Based Learning berbasis etnosains efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif siswa.Peningkatan kemampuan berpikir kritis tercapai melalui proye penyelesaian masalah kontekstual yang dikaitkan dengan kearifan lokal.Keterampilan kolaboratif meningkat karena siswa terbiasa berdiskusi dan berbagi peran dalam kelompok selama pembelajaran.

Bagaimana jika penelitian berikutnya menguji apakah model PBL etnosains juga bisa meningkatkan literasi sains siswa pada materimateri yang lebih luas seperti energi terbarukan atau kesehatan masyarakat? Selain itu, apakah penggunaan teknologi seperti augmented reality untuk memvisualisasikan konteks etnosains bisa memperkuat efek PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi? Dan, bagaimana jika kita bandingkan efektivitas PBL etnosains antara siswa urban dan rural untuk mengetahui apakah latar budaya memperkuat atau memperlemah dampak model ini?.

  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size558.19 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test