UNPAMUNPAM
JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia)JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas X SMA Negeri 1 Gowa yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi keterampilan kolaboratif, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis (gain ternormalisasi 0,70) dan keterampilan kolaboratif (gain ternormalisasi 0,68) siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi etnosains dalam PBL dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan kemampuan abad 21 siswa.
Model Problem Based Learning berbasis etnosains efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif siswa.Peningkatan kemampuan berpikir kritis tercapai melalui proye penyelesaian masalah kontekstual yang dikaitkan dengan kearifan lokal.Keterampilan kolaboratif meningkat karena siswa terbiasa berdiskusi dan berbagi peran dalam kelompok selama pembelajaran.
Bagaimana jika penelitian berikutnya menguji apakah model PBL etnosains juga bisa meningkatkan literasi sains siswa pada materimateri yang lebih luas seperti energi terbarukan atau kesehatan masyarakat? Selain itu, apakah penggunaan teknologi seperti augmented reality untuk memvisualisasikan konteks etnosains bisa memperkuat efek PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi? Dan, bagaimana jika kita bandingkan efektivitas PBL etnosains antara siswa urban dan rural untuk mengetahui apakah latar budaya memperkuat atau memperlemah dampak model ini?.
| File size | 558.19 KB |
| Pages | 18 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNHASUNHAS Menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif, studi ini akan mengklarifikasi kerangka regulasi penyelesaian sengketa antar lembaga negara, sesuai denganMenggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif, studi ini akan mengklarifikasi kerangka regulasi penyelesaian sengketa antar lembaga negara, sesuai dengan
UNHASUNHAS Sebuah komponen sosio-legal melengkapi analisis ini melalui data empiris yang dikumpulkan dari 120 kuesioner dan 30 wawancara semi-terstruktur dengan wanitaSebuah komponen sosio-legal melengkapi analisis ini melalui data empiris yang dikumpulkan dari 120 kuesioner dan 30 wawancara semi-terstruktur dengan wanita
UNDIKSHAUNDIKSHA PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalahPBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsi
Useful /
IAINPTKIAINPTK Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa transformasi fatwa MUI mencerminkan dialektika dinamis antara prinsip keagamaan normatif, kemajuan ilmiah, danKesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa transformasi fatwa MUI mencerminkan dialektika dinamis antara prinsip keagamaan normatif, kemajuan ilmiah, dan
IAINPTKIAINPTK Selain itu, konsep tersebut secara jelas mengartikulasikan gagasannya tentang pembanding, yang merupakan cikal bakal konseptual dari uji materiil (judicialSelain itu, konsep tersebut secara jelas mengartikulasikan gagasannya tentang pembanding, yang merupakan cikal bakal konseptual dari uji materiil (judicial
EJGTAEJGTA Untuk himpunan sisi SRn(G), gambar Kn sesuai dengan setiap himpunan verteks n-radial. Angka radial Steiner rS(G) dari graf G adalah bilangan bulat positifUntuk himpunan sisi SRn(G), gambar Kn sesuai dengan setiap himpunan verteks n-radial. Angka radial Steiner rS(G) dari graf G adalah bilangan bulat positif
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara dengan guru PAI serta dewan guru dan dewan siswa. Data yang diperoleh diproses menggunakan metodeData dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara dengan guru PAI serta dewan guru dan dewan siswa. Data yang diperoleh diproses menggunakan metode