UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan oleh nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran PBL dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.

Model Problem Based Learning secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam matematika.Siswa yang belajar dengan PBL menunjukkan kemampuan berpikir kritis lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan model konvensional.Oleh karena itu, PBL layak dipertimbangkan sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Bisakah kita menguji apakah kombinasi PBL dengan teknologi augmented reality akan lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan PBL murni? Bagaimana jika kita bandingkan efektivitas PBL yang dimodifikasi untuk materi geometri ruang dengan PBL versi aslinya, apakah hasilnya tetap lebih baik dari pembelajaran konvensional? Apakah ada perbedaan peningkatan berpikir kritis jika PBL diterapkan secara berkelanjutan selama satu semester penuh dibandingkan hanya beberapa kali pertemuan, dan bagaimana dampaknya terhadap motivasi belajar jangka panjang siswa?.

  1. The Effect Of Entrepreneurship Education, Self-Efficiency, and Gender On Entrepreneurship Intention Through... doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.237The Effect Of Entrepreneurship Education Self Efficiency and Gender On Entrepreneurship Intention Through doi 10 55227 ijhess v2i1 237
  2. Building characters using local wisdom in ngaras and siraman traditions of Sundanese weddings | Jurnal... doi.org/10.21831/cp.v42i1.52113Building characters using local wisdom in ngaras and siraman traditions of Sundanese weddings Jurnal doi 10 21831 cp v42i1 52113
  3. NADITIRA WIDYA. educations prison inmatesin nigeria effects skills acquisition self reliance journal... doi.org/10.21512/ijobex.v2i2.7134NADITIRA WIDYA educations prison inmatesin nigeria effects skills acquisition self reliance journal doi 10 21512 ijobex v2i2 7134
File size315.74 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test