UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Ethiopia menghadapi peluang yang sangat besar serta tantangan signifikan dalam membentuk sistem pendidikan nasionalnya. Untuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia pada periode kekaisaran, dengan menekankan tren historis, pola pertumbuhan, tantangan budaya internal dan eksternal, serta pengaruh kolonial yang menghambat transformasi pendidikan. Selanjutnya, artikel ini berusaha mengungkap kebenaran pahit yang dikorbankan oleh pemerintah kekaisaran demi memajukan pendidikan untuk pembangunan bangsa, yang selama beberapa dekade terakhir disamarkan oleh politisi yang kaku. Artikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia.

Sistem pendidikan tradisional Ethiopia yang terdiri dari pendidikan adat dan agama tidak memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional, integrasi internasional, atau kemajuan teknologi.Meskipun Kaisar Menelik II memperkenalkan pendidikan modern, kurikulum tetap dipengaruhi kuat oleh kekuatan asing sehingga tidak selaras dengan realitas sosial dan budaya Ethiopia.Untuk mengatasi tantangan historis dan politik, Ethiopia harus melakukan pergeseran paradigma dengan membangun sistem pendidikan yang relevan, mudah diakses, berkualitas tinggi, serta bebas dari neo‑kolonialisme, etnosentrisme, dan korupsi, melibatkan semua pemangku kepentingan dalam upaya berkelanjutan.

Penelitian selanjutnya dapat menelaah secara mendalam bagaimana integrasi pengetahuan adat ke dalam kurikulum pendidikan modern Ethiopia memengaruhi relevansi materi ajar serta pencapaian belajar siswa, sehingga dapat menghasilkan model kurikulum yang lebih kontekstual dan responsif terhadap kebutuhan lokal. Selanjutnya, diperlukan studi komparatif yang menilai dampak jangka panjang program reformasi pendidikan yang didanai oleh lembaga asing terhadap kesetaraan akses, kualitas, dan keberlanjutan layanan pendidikan di berbagai provinsi, khususnya dalam mengidentifikasi potensi ketergantungan pada bantuan eksternal serta implikasinya terhadap kebijakan nasional. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran teknologi digital sebagai instrumen pengurangan kesenjangan pendidikan di daerah pedesaan, dengan menguji efektivitas platform pembelajaran daring yang dirancang secara budaya, mudah diakses, dan bebas dari bias neo‑kolonial. Ketiga arah penelitian ini diharapkan dapat menyediakan bukti empiris yang kuat bagi pembuat kebijakan Ethiopia dalam merumuskan strategi pendidikan berkelanjutan, inklusif, dan berakar pada nilai‑nilai lokal, sekaligus memperkuat kapasitas nasional untuk bersaing dalam era globalisasi.

  1. Evolution of modern education in Ethiopia: A comprehensive review of the historical literature during... doi.org/10.21831/cp.v44i1.48299Evolution of modern education in Ethiopia A comprehensive review of the historical literature during doi 10 21831 cp v44i1 48299
  2. Resources of history learning in conventional and modern continuum lines | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... doi.org/10.21831/cp.v42i3.63713Resources of history learning in conventional and modern continuum lines Jurnal Cakrawala Pendidikan doi 10 21831 cp v42i3 63713
File size241.2 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test