STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi strategi pembelajaran bermain peran dan penguatan kendali diri melalui pengetahuan anti-korupsi pada anak-anak. Diharapkan melalui bermain peran, anak-anak dapat mengarahkan aspirasi mereka dan mengendalikan diri sebagai dasar penguatan pengetahuan anti-korupsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen 2x2. Anak-anak dapat mengembangkan pengetahuan anti-korupsi sehingga dapat menyesuaikannya dengan aturan atau norma yang berlaku, membangun kendali diri secara positif, membentuk kebiasaan menjadi individu yang memiliki nilai kejujuran dan keberanian, sederhana, membangun keadilan, dan bekerja keras dalam kehidupan masyarakat tempat anak-anak tinggal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi strategi pembelajaran bermain peran dan penguatan kendali diri melalui pengetahuan anti-korupsi pada anak-anak.Diharapkan melalui bermain peran, anak-anak dapat mengarahkan aspirasi mereka dan mengendalikan diri sebagai dasar penguatan pengetahuan anti-korupsi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen 2x2.Anak-anak dapat mengembangkan pengetahuan anti-korupsi sehingga dapat menyesuaikannya dengan aturan atau norma yang berlaku, membangun kendali diri secara positif, membentuk kebiasaan menjadi individu yang memiliki nilai kejujuran dan keberanian, sederhana, membangun keadilan, dan bekerja keras dalam kehidupan masyarakat tempat anak-anak tinggal.Penggunaan metode bermain peran dalam pendidikan usia dini secara efektif meningkatkan pengetahuan anti-korupsi pada anak-anak, terutama yang memiliki kendali diri tinggi.Penelitian selanjutnya dapat menguji bagaimana pengaruh durasi dan frekuensi kegiatan bermain peran yang terstruktur terhadap perkembangan jangka panjang pengetahuan anti-korupsi pada anak-anak, apakah intensitas yang lebih tinggi dapat memperkuat konsistensi perilaku jujur dan disiplin hingga usia remaja.Selain itu, perlu dikaji apakah penerapan metode bermain peran yang melibatkan orang tua dalam aktivitas rumah dapat memperkuat transfer nilai anti-korupsi dari sekolah ke lingkungan keluarga, sehingga membentuk konsistensi perilaku di dua konteks utama kehidupan anak.Terakhir, penelitian dapat membandingkan efektivitas bermain peran dengan metode cerita atau gambar sebagai alat edukasi anti-korupsi, untuk mengetahui pendekatan mana yang paling efisien dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan retensi nilai moral pada anak usia dini, terutama di lingkungan dengan sumber daya terbatas.Penguatan nilai anti-korupsi melalui bermain peran perlu didukung oleh peran aktif guru sebagai fasilitator, model, dan evaluator untuk membangun kesadaran moral sejak dini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi strategi pembelajaran bermain peran dan penguatan kendali diri melalui pengetahuan anti-korupsi pada anak-anak.Diharapkan melalui bermain peran, anak-anak dapat mengarahkan aspirasi mereka dan mengendalikan diri sebagai dasar penguatan pengetahuan anti-korupsi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen 2x2.Anak-anak dapat mengembangkan pengetahuan anti-korupsi sehingga dapat menyesuaikannya dengan aturan atau norma yang berlaku, membangun kendali diri secara positif, membentuk kebiasaan menjadi individu yang memiliki nilai kejujuran dan keberanian, sederhana, membangun keadilan, dan bekerja keras dalam kehidupan masyarakat tempat anak-anak tinggal.
Penelitian selanjutnya dapat menguji bagaimana pengaruh durasi dan frekuensi kegiatan bermain peran yang terstruktur terhadap perkembangan jangka panjang pengetahuan anti-korupsi pada anak-anak, apakah intensitas yang lebih tinggi dapat memperkuat konsistensi perilaku jujur dan disiplin hingga usia remaja. Selain itu, perlu dikaji apakah penerapan metode bermain peran yang melibatkan orang tua dalam aktivitas rumah dapat memperkuat transfer nilai anti-korupsi dari sekolah ke lingkungan keluarga, sehingga membentuk konsistensi perilaku di dua konteks utama kehidupan anak. Terakhir, penelitian dapat membandingkan efektivitas bermain peran dengan metode cerita atau gambar sebagai alat edukasi anti-korupsi, untuk mengetahui pendekatan mana yang paling efisien dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan retensi nilai moral pada anak usia dini, terutama di lingkungan dengan sumber daya terbatas.
| File size | 190.86 KB |
| Pages | 4 |
| Short Link | https://juris.id/p-5U |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakanPenelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang (Musa paradisiaca) sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. MetodePenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang (Musa paradisiaca) sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. Metode
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di KabupatenMetode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Pengembangan bahan ajar penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan STIM Shanti Bhuana. Program Studi Kewirausahaan STIMPengembangan bahan ajar penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan STIM Shanti Bhuana. Program Studi Kewirausahaan STIM
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kedua aspek pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Model pembelajaran berbasisHasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kedua aspek pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Model pembelajaran berbasis
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Melalui survei dan observasi terhadap 120 anak di bawah delapan tahun, hasil menunjukkan hubungan signifikan antara jam penggunaan media sosial harianMelalui survei dan observasi terhadap 120 anak di bawah delapan tahun, hasil menunjukkan hubungan signifikan antara jam penggunaan media sosial harian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis danHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Ideologi rumah tangga dalam struktur patriarki mendorong perempuan memilih profesi ini karena memberikan waktu memadai untuk mengurus keluarga. Akhirnya,Ideologi rumah tangga dalam struktur patriarki mendorong perempuan memilih profesi ini karena memberikan waktu memadai untuk mengurus keluarga. Akhirnya,
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil menjadi hambatan utama dalam penerapan penuh teknologi dalam konteks pendidikan. Implementasi teknologiNamun, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil menjadi hambatan utama dalam penerapan penuh teknologi dalam konteks pendidikan. Implementasi teknologi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Siswa yang belajar dengan model ini menunjukkan skor lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Disarankan agar guru menerapkan model ini secara bertahapSiswa yang belajar dengan model ini menunjukkan skor lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Disarankan agar guru menerapkan model ini secara bertahap
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa pembaca merespons buku kuliner ini secara positif. Buku ini dianggap membantu dan unik karena ditulis dalam bahasa Inggris. KarenaHasil menunjukkan bahwa pembaca merespons buku kuliner ini secara positif. Buku ini dianggap membantu dan unik karena ditulis dalam bahasa Inggris. Karena
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Proses ini menurunkan lignin secara efektif sehingga serat lebih mudah terpisah. Pemanfaatan kulit pisang sebagai bahan kertas menawarkan solusi ramahProses ini menurunkan lignin secara efektif sehingga serat lebih mudah terpisah. Pemanfaatan kulit pisang sebagai bahan kertas menawarkan solusi ramah