STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media sosial terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Melalui survei dan observasi terhadap 120 anak di bawah delapan tahun, hasil menunjukkan hubungan signifikan antara jam penggunaan media sosial harian dengan keterampilan berpikir kritis serta kemampuan pemecahan masalah. Namun, paparan konten yang bersifat stimulatif justru berpotensi mengurangi perhatian anak pada aktivitas edukatif tradisional.

Studi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam.Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangi dengan aktivitas interaktif langsung.Penelitian lanjut dianjurkan untuk memetakan efek jangka panjang penggunaan media sosial pada anak usia dini.

Penelitian lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak spesifik konten media sosial berbasis video versus teks pada anak. Metode penelitian juga bisa dikembangkan untuk membandingkan efek penggunaan media sosial di kota versus daerah terpencil. Arah studi lain mencakup analisis peran bimbingan orang tua dalam memfilter konten media sosial anak secara efektif tanpa melibatkan teknologi.

File size301.21 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test