STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini memperkenalkan pengembangan dan penerapan e‑modul inovatif yang mengintegrasikan teknologi flipped book dengan pembelajaran employability skill untuk materi Body Spa pada Sekolah Menengah Kejuruan. Menggunakan Partial Least Squares‑Structural Equation Modeling (PLS‑SEM) dengan SmartPLS 4, studi ini menguji hubungan antara Integrated E‑Modules, Learning Motivation, Self‑Efficacy, Body Spa Skills, dan Employability Skills. Data dikumpulkan dari 64 siswa SMK yang mempelajari Body Spa (32 siswa kelompok eksperimental dan 32 siswa kelompok kontrol) menggunakan instrumen yang telah tervalidasi. Integrated E‑Modules secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan Self‑Efficacy siswa, dengan kelompok eksperimental menunjukkan peningkatan keterampilan sebesar 21,6 % dibandingkan kelompok kontrol (7,7 %). Self‑efficacy terbukti menjadi mediator utama dalam hubungan antara Integrated E‑Modules dan Body Spa Skills, sementara Learning Motivation tidak menunjukkan peran mediasi yang signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur teknologi pendidikan dengan mengidentifikasi mekanisme psikologis yang mendasari efektivitas teknologi pembelajaran dalam mendukung pendidikan berkualitas pada bidang vokasi praktis.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Integrated E‑Modules berbasis flipped book secara signifikan meningkatkan keterampilan Body Spa siswa dengan memperkuat self‑efficacy sebagai mediator utama, sedangkan learning motivation tidak berkontribusi pada pengembangan keterampilan.Model PLS‑SEM menunjukkan bahwa self‑efficacy secara langsung memengaruhi baik Body Spa Skills maupun Employability Skills, menandakan bahwa peningkatan kompetensi praktis sebagian besar berasal dari kepercayaan diri siswa.Temuan ini menekankan pentingnya kurikulum vokasi yang tidak hanya menekankan kompetensi teknis tetapi juga mengembangkan self‑efficacy melalui pembelajaran bertahap, model pembelajaran, dan umpan balik konstruktif, sehingga integrasi teknologi pembelajaran dengan pengembangan employability skill menjadi strategi efektif untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan siap memenuhi kebutuhan industri.
Penelitian lanjutan dapat melakukan studi longitudinal dengan desain campuran yang memantau perkembangan self‑efficacy, retensi keterampilan, dan outcome kerja siswa selama dua tahun di berbagai SMK untuk menguji keberlanjutan efek e‑module; selanjutnya, eksperimen yang membandingkan e‑module standar dengan versi yang dilengkapi umpan balik adaptif dapat mengungkap peran variabel moderator seperti gaya belajar awal siswa dalam memengaruhi self‑efficacy dan akuisisi keterampilan; terakhir, pengembangan simulasi realitas virtual (VR) yang terintegrasi dengan konten flipped book dapat dievaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan self‑efficacy serta transfer keterampilan ke praktik spa nyata, dengan mengukur perbedaan performa antara kelompok VR dan non‑VR. Kombinasi ketiga pendekatan ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang strategi pembelajaran digital yang optimal untuk pendidikan vokasi spa.
- Jurnal Informasi Teknologi dan Pendidikan. pengembangan pembelajaran multimedia interaktif mata kuliah... tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/250Jurnal Informasi Teknologi dan Pendidikan pengembangan pembelajaran multimedia interaktif mata kuliah tip ppj unp ac index php tip article view 250
- Place Identity, Social Capital, and Rural Homestay Entrepreneurship Performance: The Mediating Effect... doi.org/10.3390/su151511812Place Identity Social Capital and Rural Homestay Entrepreneurship Performance The Mediating Effect doi 10 3390 su151511812
- Identifying Learners’ Least-Mastered Competencies in <i>Filipino 11</i>: A Foundation... doi.org/10.18178/ijiet.2025.15.6.2330Identifying LearnersAo Least Mastered Competencies in Filipino 11 A Foundation doi 10 18178 ijiet 2025 15 6 2330
- Trends on Using the Technology Acceptance Model (TAM) for Online Learning: A Bibliometric and Content... doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.1.1788Trends on Using the Technology Acceptance Model TAM for Online Learning A Bibliometric and Content doi 10 18178 ijiet 2023 13 1 1788
| File size | 992.45 KB |
| Pages | 22 |
| Short Link | https://juris.id/p-6W |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kebugaran jasmani dinilai menggunakan instrumen TKJI, sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisisKebugaran jasmani dinilai menggunakan instrumen TKJI, sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Berdasarkan penelitian, terdapat hubungan signifikan antara status gizi, konsentrasi, dan keterampilan kontrol objek dengan hasil belajar siswa. KontribusiBerdasarkan penelitian, terdapat hubungan signifikan antara status gizi, konsentrasi, dan keterampilan kontrol objek dengan hasil belajar siswa. Kontribusi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian selanjutnya disarankan memperluas aplikasi CDA feminis pada teks atau media lain serta melakukan studi komparatif antara narasi pra‑ dan pasca‑revolusiPenelitian selanjutnya disarankan memperluas aplikasi CDA feminis pada teks atau media lain serta melakukan studi komparatif antara narasi pra‑ dan pasca‑revolusi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Keberhasilan pendidikan vokasi dalam bidang kuliner sangat bergantung pada tersedianya fasilitas praktik yang memadai, khususnya infrastruktur laboratorium.Keberhasilan pendidikan vokasi dalam bidang kuliner sangat bergantung pada tersedianya fasilitas praktik yang memadai, khususnya infrastruktur laboratorium.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, berbagai tantangan seperti literasi digital yang rendah, kemandirian belajar terbatas, dan fluktuasi tingkat motivasi menghambat efektivitas prosesNamun, berbagai tantangan seperti literasi digital yang rendah, kemandirian belajar terbatas, dan fluktuasi tingkat motivasi menghambat efektivitas proses
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Assessmen praktikalitas dari siswa dan guru sangat positif, berkisar antara 84,96% hingga 100%. Selain itu, e-modul terbukti sangat efektif, dengan skorAssessmen praktikalitas dari siswa dan guru sangat positif, berkisar antara 84,96% hingga 100%. Selain itu, e-modul terbukti sangat efektif, dengan skor
UNNESUNNES The study concludes that English proficiency is a necessity in the modern work environment, driving adults to pursue language learning despite challenges.The study concludes that English proficiency is a necessity in the modern work environment, driving adults to pursue language learning despite challenges.
UNDIKSHAUNDIKSHA Kertas ini memenuhi standar kertas untuk penggunaan menulis dan kemasan ringan. Kertas berbahan kulit pisang memenuhi standar dasar kertas menulis. GramaturKertas ini memenuhi standar kertas untuk penggunaan menulis dan kemasan ringan. Kertas berbahan kulit pisang memenuhi standar dasar kertas menulis. Gramatur
Useful /
MDPMDP Peserta dibimbing secara bertahap agar mampu memahami penggunaan platform meskipun berasal dari latar belakang non-teknis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwaPeserta dibimbing secara bertahap agar mampu memahami penggunaan platform meskipun berasal dari latar belakang non-teknis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa
MDPMDP Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi berbasis web yang mempermudah pendaftaran, verifikasi data, dan koordinasi antara tim kesehatan sertaUntuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi berbasis web yang mempermudah pendaftaran, verifikasi data, dan koordinasi antara tim kesehatan serta
UNNESUNNES This strategy necessitates a shift in mentality and heightened exertion from all tiers of educational establishments, but ultimately results in a curriculumThis strategy necessitates a shift in mentality and heightened exertion from all tiers of educational establishments, but ultimately results in a curriculum
UNSUNS Namun, ini tidak berarti bahwa penyebab terbaru dari kerugian secara otomatis diabaikan. Penyebab segera dapat dianggap sebagai penyebab proximate jikaNamun, ini tidak berarti bahwa penyebab terbaru dari kerugian secara otomatis diabaikan. Penyebab segera dapat dianggap sebagai penyebab proximate jika