STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini memperkenalkan pengembangan dan penerapan e‑modul inovatif yang mengintegrasikan teknologi flipped book dengan pembelajaran employability skill untuk materi Body Spa pada Sekolah Menengah Kejuruan. Menggunakan Partial Least Squares‑Structural Equation Modeling (PLS‑SEM) dengan SmartPLS 4, studi ini menguji hubungan antara Integrated E‑Modules, Learning Motivation, Self‑Efficacy, Body Spa Skills, dan Employability Skills. Data dikumpulkan dari 64 siswa SMK yang mempelajari Body Spa (32 siswa kelompok eksperimental dan 32 siswa kelompok kontrol) menggunakan instrumen yang telah tervalidasi. Integrated E‑Modules secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan Self‑Efficacy siswa, dengan kelompok eksperimental menunjukkan peningkatan keterampilan sebesar 21,6 % dibandingkan kelompok kontrol (7,7 %). Self‑efficacy terbukti menjadi mediator utama dalam hubungan antara Integrated E‑Modules dan Body Spa Skills, sementara Learning Motivation tidak menunjukkan peran mediasi yang signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur teknologi pendidikan dengan mengidentifikasi mekanisme psikologis yang mendasari efektivitas teknologi pembelajaran dalam mendukung pendidikan berkualitas pada bidang vokasi praktis.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Integrated E‑Modules berbasis flipped book secara signifikan meningkatkan keterampilan Body Spa siswa dengan memperkuat self‑efficacy sebagai mediator utama, sedangkan learning motivation tidak berkontribusi pada pengembangan keterampilan.Model PLS‑SEM menunjukkan bahwa self‑efficacy secara langsung memengaruhi baik Body Spa Skills maupun Employability Skills, menandakan bahwa peningkatan kompetensi praktis sebagian besar berasal dari kepercayaan diri siswa.Temuan ini menekankan pentingnya kurikulum vokasi yang tidak hanya menekankan kompetensi teknis tetapi juga mengembangkan self‑efficacy melalui pembelajaran bertahap, model pembelajaran, dan umpan balik konstruktif, sehingga integrasi teknologi pembelajaran dengan pengembangan employability skill menjadi strategi efektif untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan siap memenuhi kebutuhan industri.

Penelitian lanjutan dapat melakukan studi longitudinal dengan desain campuran yang memantau perkembangan self‑efficacy, retensi keterampilan, dan outcome kerja siswa selama dua tahun di berbagai SMK untuk menguji keberlanjutan efek e‑module; selanjutnya, eksperimen yang membandingkan e‑module standar dengan versi yang dilengkapi umpan balik adaptif dapat mengungkap peran variabel moderator seperti gaya belajar awal siswa dalam memengaruhi self‑efficacy dan akuisisi keterampilan; terakhir, pengembangan simulasi realitas virtual (VR) yang terintegrasi dengan konten flipped book dapat dievaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan self‑efficacy serta transfer keterampilan ke praktik spa nyata, dengan mengukur perbedaan performa antara kelompok VR dan non‑VR. Kombinasi ketiga pendekatan ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang strategi pembelajaran digital yang optimal untuk pendidikan vokasi spa.

  1. Jurnal Informasi Teknologi dan Pendidikan. pengembangan pembelajaran multimedia interaktif mata kuliah... tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/250Jurnal Informasi Teknologi dan Pendidikan pengembangan pembelajaran multimedia interaktif mata kuliah tip ppj unp ac index php tip article view 250
  2. Place Identity, Social Capital, and Rural Homestay Entrepreneurship Performance: The Mediating Effect... doi.org/10.3390/su151511812Place Identity Social Capital and Rural Homestay Entrepreneurship Performance The Mediating Effect doi 10 3390 su151511812
  3. Identifying Learners’ Least-Mastered Competencies in <i>Filipino 11</i>: A Foundation... doi.org/10.18178/ijiet.2025.15.6.2330Identifying LearnersAo Least Mastered Competencies in Filipino 11 A Foundation doi 10 18178 ijiet 2025 15 6 2330
  4. Trends on Using the Technology Acceptance Model (TAM) for Online Learning: A Bibliometric and Content... doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.1.1788Trends on Using the Technology Acceptance Model TAM for Online Learning A Bibliometric and Content doi 10 18178 ijiet 2023 13 1 1788
  1. #teknologi pembelajaran#teknologi pembelajaran
  2. #interest rate dagangt#interest rate dagangt
File size992.45 KB
Pages22
DMCAReportReport

ads-block-test