STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Pengembangan bahan ajar penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan STIM Shanti Bhuana. Program Studi Kewirausahaan STIM Shanti Bhuana belum memiliki bahan ajar yang merepresentasikan karakteristik institusi, yaitu ketahanan nasional dan budaya Amare. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar yang valid, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan memiliki karakteristik sesuai kebutuhan. Model pengembangan Borg dan Gall digunakan dalam penelitian ini yang diringkas menjadi tiga tahap utama: studi pendahuluan, pengembangan produk, dan validasi produk. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 4,49 dari sembilan validator, yang mengindikasikan kelayakan bahan ajar untuk digunakan. Analisis ketuntasan belajar menunjukkan 75% mahasiswa tuntas setelah menggunakan bahan ajar, sementara nilai N-gain sebesar 0,40 (33,33%) menunjukkan peningkatan hasil belajar. Karakteristik bahan ajar berdasarkan kuesioner mendapatkan skor rata-rata 83,8, yang menunjukkan efek positif pada mahasiswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid, mampu meningkatkan hasil belajar, dan mudah digunakan mahasiswa.
Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dengan skor rata-rata 4,49, sementara nilai N-gain sebesar 0,40 menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa.Tingkat ketuntasan belajar mencapai 75%, dan kuesioner karakteristik mengindikasikan skor rata-rata 83,8 yang mencerminkan kemudahan penggunaan dan ketertarikan mahasiswa terhadap materi.Dengan demikian, bahan ajar berbasis ketahanan nasional dan budaya Amare efektif dalam meningkatkan hasil belajar, valid, dan mudah digunakan oleh mahasiswa.
Pertama, penelitian lanjutan dapat dirancang secara longitudinal untuk mengevaluasi pengaruh materi ajar berbasis ketahanan nasional dan budaya Amare terhadap keberhasilan wirausaha alumni program studi, misalnya dengan memantau perkembangan usaha, inovasi produk, dan pertumbuhan omset mereka dalam periode satu hingga dua tahun setelah lulus serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam penerapan konsep yang dipelajari. Kedua, diperlukannya studi eksperimental pengembangan modul digital atau aplikasi pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan konten ketahanan nasional dan nilai-nilai budaya Amare melalui video pembelajaran, simulasi bisnis, dan permainan edukatif untuk mengukur seberapa besar peningkatan motivasi, pemahaman konsep, dan keterlibatan aktif mahasiswa dibandingkan dengan metode konvensional. Ketiga, direkomendasikan untuk melakukan penelitian komparatif di berbagai institusi dan wilayah, seperti antara kampus di daerah perbatasan yang memiliki kondisi geografis serta budaya lokal spesifik dengan perguruan tinggi di wilayah perkotaan, agar dapat menguji keumuman efektivitas materi, mengidentifikasi adaptasi yang diperlukan sesuai konteks, serta menghasilkan pedoman pengembangan materi ajar yang responsif terhadap karakteristik pengguna dan budaya setempat.
| File size | 412.88 KB |
| Pages | 5 |
| Short Link | https://juris.id/p-5E |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Diharapkan melalui bermain peran, anak-anak dapat mengarahkan aspirasi mereka dan mengendalikan diri sebagai dasar penguatan pengetahuan anti-korupsi.metodeDiharapkan melalui bermain peran, anak-anak dapat mengarahkan aspirasi mereka dan mengendalikan diri sebagai dasar penguatan pengetahuan anti-korupsi.metode
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakanPenelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2%, 4%, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasiMetode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2%, 4%, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kulit pisang dengan konsentrasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di KabupatenMetode penelitian kualitatif diterapkan dengan menggunakan kuesioner dan panduan wawancara, serta melibatkan 125 orang guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan ini terjadi karena siswa terlatih secara aktif mengidentifikasi masalah, merencanakan solusi, dan mengevaluasi hasil. Disarankan agar guruPeningkatan ini terjadi karena siswa terlatih secara aktif mengidentifikasi masalah, merencanakan solusi, dan mengevaluasi hasil. Disarankan agar guru
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Studi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangiStudi mengindikasi media sosial memengaruhi perkembangan kognitif anak secara bermacam-macam. Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sampel dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis danSampel dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Akhirnya, keterkaitan antara ideologi domestik, skala gaji, dan intervensi negara terungkap sebagai pendorong utama feminisasi guru sekolah dasar, sehinggaAkhirnya, keterkaitan antara ideologi domestik, skala gaji, dan intervensi negara terungkap sebagai pendorong utama feminisasi guru sekolah dasar, sehingga
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil menjadi hambatan utama dalam penerapan penuh teknologi dalam konteks pendidikan. Implementasi teknologiNamun, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil menjadi hambatan utama dalam penerapan penuh teknologi dalam konteks pendidikan. Implementasi teknologi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi siswa English as a Foreign Language (EFL) setelah belajar storytelling dengan media flash cardboard. PenelitianPenelitian ini bertujuan mengetahui persepsi siswa English as a Foreign Language (EFL) setelah belajar storytelling dengan media flash cardboard. Penelitian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaranInstrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Uji biodegradabilitas membuktikan kertas terurai 85% dalam tanah selama 21 hari. Produk ini berpotensi menjadi alternatif kertas daur ulang yang ramahUji biodegradabilitas membuktikan kertas terurai 85% dalam tanah selama 21 hari. Produk ini berpotensi menjadi alternatif kertas daur ulang yang ramah