UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Pendidikan musik berperan penting dalam mengembangkan aspek budaya dan intelektual siswa, khususnya dalam upaya melestarikan musik tradisional. Musik tradisional Sunda di Indonesia, yang tercermin melalui konsep titilaras, menyimpan identitas budaya dan nilai sejarah. Namun, dominasi notasi musik Barat dalam kurikulum modern menjadi hambatan bagi siswa dalam memahami dan memainkan musik Sunda akibat perbedaan sistem notasi. Penelitian ini mengkaji integrasi notasi musik Barat dalam pengajaran titilaras untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis musik tradisional Sunda. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kualitatif di Universitas Pendidikan Indonesia, 48 mahasiswa dari latar budaya dan tingkat pendidikan musik berbeda dilibatkan. Penilaian sebelum dan sesudah intervensi dilakukan melalui survei, tes pendengaran, dan kegiatan transkripsi musik. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan pada notasi karawitan Sunda namun mahir dalam notasi musik Barat. Setelah penerapan notasi musik Barat, terjadi peningkatan pemahaman dan pelaksanaan skala Sunda, khususnya dalam konteks transkripsi dan interpretasi melodi. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi notasi musik Barat mempermudah akses siswa yang terbiasa dengan sistem tersebut tanpa mengurangi keotentikan musik tradisional, sekaligus menekankan perlunya penyesuaian kurikulum musik agar tradisi lokal terpelihara dalam era globalisasi.

Mahasiswa awalnya kesulitan membaca dan menulis notasi titilaras Sunda (daminatila) namun mahir notasi musik Barat.Dengan integrasi notasi musik Barat dalam pengajaran titilaras, terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan transkripsi serta interpretasi melodi tradisional Sunda tanpa mengorbankan keotentikan budaya.Temuan ini menunjukkan bahwa adaptasi metode pengajaran sesuai kebiasaan notasi siswa efektif untuk memfasilitasi akses dan pelestarian musik tradisional dalam konteks pendidikan modern.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan dan menguji model pembelajaran hibrid yang mengintegrasikan notasi musik Barat dengan notasi daminatila tradisional dalam kerangka kurikulum terpadu, dengan tujuan menetapkan pedoman penyusunan modul pengajaran titilaras yang responsif terhadap kemampuan awal siswa serta keselarasan budaya lokal; hal ini juga dapat dievaluasi melalui uji coba di berbagai tingkatan pendidikan musik. Selanjutnya, studi komparatif longitudinal sangat penting untuk mengukur retensi jangka panjang keterampilan membaca dan menulis titilaras, dengan membandingkan kelompok eksperimen yang mempelajari titilaras melalui notasi Barat, notasi daminatila murni, maupun gabungan keduanya, sehingga dapat dianalisis pengaruh metode pengajaran terhadap kemampuan interpretasi musik tradisional dalam kurun waktu enam hingga dua belas bulan setelah intervensi. Terakhir, penelitian eksperimental bisa difokuskan pada pengembangan dan pengujian media digital interaktif—misalnya aplikasi seluler, platform e-learning, atau software simulasi notasi hybrid—yang memadukan elemen visual, audio, dan gamifikasi untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta pemahaman siswa lintas budaya, serta meneliti efektivitas umpan balik real-time dan personalisasi materi pembelajaran berdasarkan profil kompetensi tiap siswa.

  1. Enhancing students' understanding and skills on dance music: An action research | Cypriot Journal... doi.org/10.18844/cjes.v16i5.6334Enhancing students understanding and skills on dance music An action research Cypriot Journal doi 10 18844 cjes v16i5 6334
  2. Foreign Sindhen in Practice: New Teaching Strategies and the Impact of Practice-Led Research on Javanese... doi.org/10.37134/mjm.vol10.1.3.2021Foreign Sindhen in Practice New Teaching Strategies and the Impact of Practice Led Research on Javanese doi 10 37134 mjm vol10 1 3 2021
  3. Rhythmical Learning Program on Musical Notation for Junior High School Online Using the Maestro Application... doi.org/10.17509/ijomr.v2i1.38632Rhythmical Learning Program on Musical Notation for Junior High School Online Using the Maestro Application doi 10 17509 ijomr v2i1 38632
File size1.25 MB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test