UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanStudi ini menguji pengaruh pandangan guru sekolah swasta tentang iklim sekolah terhadap persepsi keamanan kerja mereka. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan model korelasional pada sampel 294 guru sekolah menengah swasta di distrik Çankaya, Ankara. Data dikumpulkan menggunakan Skala Persepsi Keamanan Kerja dan Skala Iklim Organisasional dan dianalisis dengan statistik deskriptif, koefisien korelasi Pearson, dan analisis regresi linear multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi keamanan kerja guru sedikit di bawah tingkat sedang, sementara pandangan mereka tentang dimensi iklim sekolah umumnya pada tingkat sedang. Terdapat hubungan signifikan secara statistik antara persepsi keamanan kerja dan pandangan tentang iklim sekolah, dengan pandangan guru tentang iklim sekolah memprediksi sekitar 55% dari persepsi keamanan kerja mereka. Perilaku kepala sekolah yang suportif secara positif memengaruhi persepsi keamanan kerja.
Persepsi keamanan kerja guru sekolah swasta berada di bawah tingkat sedang.Pandangan guru tentang iklim sekolah umumnya pada tingkat sedang, dengan perilaku kepala sekolah yang suportif memiliki dampak positif terbesar.Terdapat hubungan signifikan antara persepsi keamanan kerja dan pandangan tentang iklim sekolah.Pandangan guru tentang iklim sekolah memprediksi 55% dari persepsi keamanan kerja mereka, dengan perilaku kolegial guru sebagai prediktor terkuat.
Berdasarkan temuan penelitian, disarankan untuk mengembangkan studi lanjutan yang mengeksplorasi bagaimana perubahan dalam praktik kepemimpinan sekolah dapat memengaruhi persepsi keamanan kerja guru, khususnya dengan fokus pada pengembangan program pelatihan bagi kepala sekolah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi suportif. Penelitian lebih lanjut juga dapat menyelidiki peran media digital dalam memfasilitasi kolaborasi antar guru dan apakah platform online dapat memperkuat perilaku kolegial yang berdampak pada keamanan kerja. Selain itu, penting untuk meneliti bagaimana kebijakan pendidikan nasional yang berfokus pada stabilitas kerja bagi guru swasta dapat berinteraksi dengan iklim sekolah lokal dalam membentuk persepsi keamanan kerja.
| File size | 412.05 KB |
| Pages | 16 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kualitatif di Universitas Pendidikan Indonesia, 48 mahasiswa dari latar budaya dan tingkat pendidikanDengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kualitatif di Universitas Pendidikan Indonesia, 48 mahasiswa dari latar budaya dan tingkat pendidikan
UNYUNY Penelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggulPenelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul
UNYUNY Pra‑tes dan pasca‑tes dilaksanakan untuk mengukur peningkatan tingkat pemahaman bacaan, sementara wawancara mengungkap pengalaman dan persepsi siswaPra‑tes dan pasca‑tes dilaksanakan untuk mengukur peningkatan tingkat pemahaman bacaan, sementara wawancara mengungkap pengalaman dan persepsi siswa
UNYUNY Sebanyak 57 mahasiswa dibagi dalam kelompok eksperimen (n=29) dan kontrol (n=28) yang menjalani evaluasi pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan perbedaanSebanyak 57 mahasiswa dibagi dalam kelompok eksperimen (n=29) dan kontrol (n=28) yang menjalani evaluasi pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan perbedaan
Useful /
UNYUNY Untuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan EthiopiaUntuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa lamanya pengalaman mengajar secara signifikan memengaruhi kemampuan guru dalam mengelola perilaku disruptif siswa, mengindikasikanHasil penelitian menunjukkan bahwa lamanya pengalaman mengajar secara signifikan memengaruhi kemampuan guru dalam mengelola perilaku disruptif siswa, mengindikasikan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mataPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata
MARANATHAMARANATHA Metode diagnostik VHB umumnya berbasis molekuler dan serologi, tetapi metode ini memiliki kekurangan terutama di dalam mendeteksi jumlah cccDNA VHB yangMetode diagnostik VHB umumnya berbasis molekuler dan serologi, tetapi metode ini memiliki kekurangan terutama di dalam mendeteksi jumlah cccDNA VHB yang