HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG

Journal of Curriculum IndonesiaJournal of Curriculum Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksamin karakteristik kepemimpinan kepala sekolah pengemudi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Pekalongan. Fokus utama penelitian ini adalah kepemimpinan adaptif, visioner, dan kolaboratif dalam mengelola perubahan pendidikan.

Berdasarkan penelitian, karakteristik kepemimpinan kepala sekolah pengemudi di SMA Negeri 1 Pekalongan adalah adaptif, visioner, dan kolaboratif.Kepemimpinan adaptif tercermin dalam kemampuan kepala sekolah untuk menyesuaikan kebijakan kurikulum merdeka dengan kebutuhan sekolah.Kepemimpinan visioner tercermin dalam upaya kepala sekolah untuk membangun visi yang jelas dan mengarahkan pengembangan sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum merdeka.Kepemimpinan kolaboratif tercermin dalam kerja sama yang efektif dengan berbagai pihak, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengembangkan model kepemimpinan yang lebih efektif dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengeksamin dampak kepemimpinan kepala sekolah pengemudi terhadap kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian juga dapat dilakukan untuk mengembangkan program pelatihan kepemimpinan yang lebih efektif untuk kepala sekolah pengemudi dalam menghadapi perubahan pendidikan.

  1. #kurikulum merdeka#kurikulum merdeka
Read online
File size153.58 KB
Pages7
Short Linkhttps://juris.id/p-1rf
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test