STAIM PROBOLINGGOSTAIM PROBOLINGGO

AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahAL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III di SDIT Qurrata Aini Baitussalam. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif melalui metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 62 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran visual dan kelas kontrol yang tidak menggunakannya. Data dikumpulkan melalui angket dan tes keterampilan menulis puisi (pretest dan posttest). Hasil analisis data memperlihatkan bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 101,6, melampaui kelas kontrol sebesar 77,7. Hal ini menandakan bahwasanya motivasi berprestasi berpegaruh positif terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Temuan ini menegaskan bahwa dengan meningkatkan motivasi berprestasi, kemampuan siswa dalam menulis puisi dapat berkembang secara signifikan. Maka, penting bagi guru untuk merancang pembelajaran yang dapat memicu motivasi berprestasi siswa melalui pendekatan dan media yang tepat.

Berlandaskan analisis data, penelitian ini mendapati adanya pengaruh signifikan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDIT Qurrata Aini Baitussalam.Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi di bawah 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak dan motivasi berprestasi terbukti memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi.Oleh karena itu, peneliti menegaskan bahwa strategi penguatan motivasi berprestasi dapat menjadi langkah efektif dalam pembelajaran menulis puisi di tingkat sekolah dasar.

Penelitian ini terbukti menunjukkan pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III; namun, masih belum diketahui bagaimana faktor lain mempengaruhi hasil belajar ini. Oleh karena itu, studi kuantitatif dapat dilakukan dengan menambahkan variabel minat baca dan self-efficacy serta mengevaluasi kontribusinya terhadap keterampilan menulis puisi. Selanjutnya, perbandingan efektivitas media visual yang telah digunakan dengan model pembelajaran daring berbasis game atau aplikasi puisi interaktif dapat diuji untuk mengetahui kelebihan dan keterbatasan media tersebut. Penelitian juga dapat memperluas ruang penelitian ke beberapa sekolah baik madrasah maupun sekolah umum, sehingga hasil dapat digeneralisasi dan memahami perbedaan konteks. Pendekatan mixed-methods dapat diadopsi di mana kuesioner memberikan data kuantitatif sementara wawancara dan observasi memberikan kedalaman pemahaman mengenai mekanisme motivasi. Selain itu, rencana pengukuran musiman dapat memantau dinamika motivasi dan keterampilan menulis sepanjang semester, meningkatkan validitas temuan. Pendekatan longitudinal dapat menilai apakah peningkatan motivasi berlanjut ke tingkat kelas berikutnya serta dampaknya pada pencapaian akademik secara keseluruhan. Hasil dari studi‑studi tersebut diharapkan dapat menginformasikan desain kurikulum berbasis media yang lebih adaptif terhadap perbedaan individu. Secara keseluruhan, penelitian lanjutan ini diharapkan memperkaya teori motivasi belajar dan menambah praktik metode pengajaran menulis puisi yang holistik dan kontekstual.

  1. Improving students’ writing achievement using Visual Thinking strategy for junior high school students... doi.org/10.23960/UJET.v11i2.202212Improving studentsAo writing achievement using Visual Thinking strategy for junior high school students doi 10 23960 UJET v11i2 202212
  2. Frontiers | How students' writing motivation, teachers' personal and professional attributes,... doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1213929Frontiers How students writing motivation teachers personal and professional attributes doi 10 3389 fpsyg 2023 1213929
  3. THE MOTIVATION OF LEARNING IN STUDENTS | Journal Plus Education. motivation learning students journal... uav.ro/jour/index.php/jpe/article/view/1784THE MOTIVATION OF LEARNING IN STUDENTS Journal Plus Education motivation learning students journal uav ro jour index php jpe article view 1784
  1. #ai based drug#ai based drug
Read online
File size429.87 KB
Pages13
Short Linkhttps://juris.id/p-1ot
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test