ARTHAMARAMEDIAARTHAMARAMEDIA

Jurnal Metafora Pendidikan (JMP)Jurnal Metafora Pendidikan (JMP)

Pembelajaran di sekolah dasar memiliki perbedaan dengan proses pembelajaran pada level lainnya. Pembelajaran di sekolah dasar mempertimbangkan aspek perkembangan siswa sekolah dasar yang terdiri dari aspek fisik, kognitif, dan psiko-sosial. Banyaknya pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran akan berdampak terhadap kualitas pembelajaran yang dikembangkan. Oleh sebab itu, perlu adanya kajian mengenai karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai perkembangan siswa sekolah dasar. Metodologi penulisan menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji 25 artikel terkait. Berdasarkan kajian yang telah dipaparkan, terdapat jenis perkembangan siswa sekolah dasar yang perlu diketahui oleh guru, yaitu perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial. Implementasi siswa sekolah dasar dilihat dari ketiga perkembangan tersebut melahirkan kebutuhan siswa berupa siswa sekolah dasar senang bermain, senang bergerak, menyukai pekerjaan berkelompok, dan menyukai peragaan langsung. Kebutuhan inilah yang menjadi landasan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran agar dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas.

Berdasarkan kajian yang telah dipaparkan, terdapat jenis perkembangan siswa sekolah dasar yang perlu diketahui oleh guru sekolah dasar, yaitu perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial.Perkembangan fisik berhubungan dengan pertumbuhan otak, otot, dan tulang, sementara perkembangan kognitif berhubungan dengan pola pikir dan perkembangan psikososial berkaitan dengan perubahan emosi.Implementasi siswa sekolah dasar dilihat dari ketiga perkembangan tersebut melahirkan kebutuhan siswa berupa siswa sekolah dasar senang bermain, senang bergerak, menyukai pekerjaan berkelompok, dan menyukai peragaan langsung.Kebutuhan-kebutuhan ini menjadi landasan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran agar dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih inovatif dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial siswa sekolah dasar. Selain itu, perlu dilakukan studi lebih lanjut mengenai efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Terakhir, penelitian dapat diarahkan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar.

  1. #anak usia#anak usia
  2. #motivasi siswa#motivasi siswa
Read online
File size228.34 KB
Pages7
Short Linkhttps://juris.id/p-1mM
DMCAReport

Related /

ads-block-test