ARTHAMARAMEDIAARTHAMARAMEDIA
Jurnal Metafora Pendidikan (JMP)Jurnal Metafora Pendidikan (JMP)Pembelajaran di sekolah dasar memiliki perbedaan dengan proses pembelajaran pada level lainnya. Pembelajaran di sekolah dasar mempertimbangkan aspek perkembangan siswa sekolah dasar yang terdiri dari aspek fisik, kognitif, dan psiko-sosial. Banyaknya pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran akan berdampak terhadap kualitas pembelajaran yang dikembangkan. Oleh sebab itu, perlu adanya kajian mengenai karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai perkembangan siswa sekolah dasar. Metodologi penulisan menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji 25 artikel terkait. Berdasarkan kajian yang telah dipaparkan, terdapat jenis perkembangan siswa sekolah dasar yang perlu diketahui oleh guru, yaitu perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial. Implementasi siswa sekolah dasar dilihat dari ketiga perkembangan tersebut melahirkan kebutuhan siswa berupa siswa sekolah dasar senang bermain, senang bergerak, menyukai pekerjaan berkelompok, dan menyukai peragaan langsung. Kebutuhan inilah yang menjadi landasan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran agar dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas.
Berdasarkan kajian yang telah dipaparkan, terdapat jenis perkembangan siswa sekolah dasar yang perlu diketahui oleh guru sekolah dasar, yaitu perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial.Perkembangan fisik berhubungan dengan pertumbuhan otak, otot, dan tulang, sementara perkembangan kognitif berhubungan dengan pola pikir dan perkembangan psikososial berkaitan dengan perubahan emosi.Implementasi siswa sekolah dasar dilihat dari ketiga perkembangan tersebut melahirkan kebutuhan siswa berupa siswa sekolah dasar senang bermain, senang bergerak, menyukai pekerjaan berkelompok, dan menyukai peragaan langsung.Kebutuhan-kebutuhan ini menjadi landasan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran agar dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih inovatif dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial siswa sekolah dasar. Selain itu, perlu dilakukan studi lebih lanjut mengenai efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Terakhir, penelitian dapat diarahkan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar.
| File size | 228.34 KB |
| Pages | 7 |
| Short Link | https://juris.id/p-1mM |
| DMCA | Report |
Related /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Prevalensi gangguan defisit perhatian dan hiperaktif pada anak-anak meningkat akhir-akhir ini. Program terapi Back in Control dan program IEP berperanPrevalensi gangguan defisit perhatian dan hiperaktif pada anak-anak meningkat akhir-akhir ini. Program terapi Back in Control dan program IEP berperan
STAIMADIUNSTAIMADIUN Ekonomi: mencuri, menculik, begal dan lain-lain. (2) Agama (dalam konteks pemikiran Ibn Rushd) memiliki 3 sumber utama yaitu wahyu, akal, dan wahyu akalEkonomi: mencuri, menculik, begal dan lain-lain. (2) Agama (dalam konteks pemikiran Ibn Rushd) memiliki 3 sumber utama yaitu wahyu, akal, dan wahyu akal
STAIMADIUNSTAIMADIUN Kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Animasi memiliki peran krusial dalam media pembelajaran dengan dampak positif yang signifikan terutama pada efektivitasKesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Animasi memiliki peran krusial dalam media pembelajaran dengan dampak positif yang signifikan terutama pada efektivitas
STAIMADIUNSTAIMADIUN Dengan berangkat dari persoalan tersebut, penulis merumuskan tiga persoalan yang menjadi bahasan primer dalam penelitian ini. a) bagaimana peran al-HakimDengan berangkat dari persoalan tersebut, penulis merumuskan tiga persoalan yang menjadi bahasan primer dalam penelitian ini. a) bagaimana peran al-Hakim
STAIMADIUNSTAIMADIUN Model MBS yang ideal menerapkan pendekatan sistemik, mengintegrasikan pemberdayaan dan sinergi seluruh aspek dan sumber daya pendidikan di tingkat sekolahModel MBS yang ideal menerapkan pendekatan sistemik, mengintegrasikan pemberdayaan dan sinergi seluruh aspek dan sumber daya pendidikan di tingkat sekolah
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara yang mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan 3 wali murid TK ABATeknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara yang mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan 3 wali murid TK ABA
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Kitab yang menjadi fokus penelitian ini merupakan salah satu sumber dalam pendidikan moral agama, karena membahas tentang akhlak, lebih dari itu dalamKitab yang menjadi fokus penelitian ini merupakan salah satu sumber dalam pendidikan moral agama, karena membahas tentang akhlak, lebih dari itu dalam
UADUAD Hasil kajian menunjukkan bahwa dokter dalam menjalankan profesi dokter belum menjiwai nilai Pancasila, dikarenakan masih banyak dokter yang ingin mencariHasil kajian menunjukkan bahwa dokter dalam menjalankan profesi dokter belum menjiwai nilai Pancasila, dikarenakan masih banyak dokter yang ingin mencari
Useful /
YARSIYARSI Latar Belakang Penelitian: National Institute of Mental Health (NIMH) melaporkan penderita skizofrenik antara laki-laki dan wanita berbeda dalam onsetLatar Belakang Penelitian: National Institute of Mental Health (NIMH) melaporkan penderita skizofrenik antara laki-laki dan wanita berbeda dalam onset
INTEKOMINTEKOM Penelitian ini menyimpulkan bahwa kewenangan hakim dalam menetapkan status tersangka perlu dibatasi secara tegas dalam undang-undang untuk menjaga kepastianPenelitian ini menyimpulkan bahwa kewenangan hakim dalam menetapkan status tersangka perlu dibatasi secara tegas dalam undang-undang untuk menjaga kepastian
INTEKOMINTEKOM Artikel ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana regulasi yang berlaku, seperti Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan KonvensiArtikel ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana regulasi yang berlaku, seperti Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Konvensi
STAISAMSTAISAM Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Dari keseluruhan aspek dan kriteria penilaian terhadap produk pengembanganHal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Dari keseluruhan aspek dan kriteria penilaian terhadap produk pengembangan