UMKUMK

Ta lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan IslamTa lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan motivasi Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan langsung pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan langsung terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang berulang. Melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, guru dapat mengadaptasi teori yang ada, untuk kepentingan proses dan hasil pembelajaran yang lebih efektif, optimal, dan fungsional. Melalui Penelitian Tindakan Kelas seorang guru juga memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan, merefleksi diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri, dapat bekerja secara konstekstual. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwasanya strategi peningkatan model pendekatan langsung dapat memotivasi serta meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Model pendekatan langsung dalam pembelajaran juga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang mengalami peningkatan di siklus II yakni sebesar 92 %. Hal ini menggambarkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan model pendekatan langsung yang dilakukan dapat memotivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Pada siklus I, pengamatan mengungkapkan 67% hasil observasi yang cukup baik, sedangkan tes menunjukkan 38% siswa nilainya di bawah KKM.Pada siklus II, observasi meningkat menjadi 92% dan semua siswa memperoleh nilai 100% pada tes.Temuan tersebut menunjukkan bahwa pendekatan langsung secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA Negeri 2 Kupang.

Kaji faktor jangka panjang motivasi siswa setelah siklus pembelajaran dengan pendekatan langsung; perbandingkan model pendekatan langsung dengan metode pembelajaran lain seperti pembelajaran berbasis inquiry untuk menentukan model yang lebih efektif; serta uji penerapan pendekatan langsung di mata pelajaran lain dan tingkat kelas berbeda guna menilai skalabilitas dan adaptabilitasnya.

  1. #pendidikan agama islam#pendidikan agama islam
  2. #siswa kelas xi#siswa kelas xi
Read online
File size996.94 KB
Pages11
Short Linkhttps://juris.id/p-1pv
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test