UMKUMK
Ta lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan IslamTa lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan IslamPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan motivasi Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan langsung pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan langsung terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang berulang. Melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, guru dapat mengadaptasi teori yang ada, untuk kepentingan proses dan hasil pembelajaran yang lebih efektif, optimal, dan fungsional. Melalui Penelitian Tindakan Kelas seorang guru juga memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan, merefleksi diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri, dapat bekerja secara konstekstual. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwasanya strategi peningkatan model pendekatan langsung dapat memotivasi serta meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Model pendekatan langsung dalam pembelajaran juga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang mengalami peningkatan di siklus II yakni sebesar 92 %. Hal ini menggambarkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan model pendekatan langsung yang dilakukan dapat memotivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar.
Pada siklus I, pengamatan mengungkapkan 67% hasil observasi yang cukup baik, sedangkan tes menunjukkan 38% siswa nilainya di bawah KKM.Pada siklus II, observasi meningkat menjadi 92% dan semua siswa memperoleh nilai 100% pada tes.Temuan tersebut menunjukkan bahwa pendekatan langsung secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA Negeri 2 Kupang.
Kaji faktor jangka panjang motivasi siswa setelah siklus pembelajaran dengan pendekatan langsung; perbandingkan model pendekatan langsung dengan metode pembelajaran lain seperti pembelajaran berbasis inquiry untuk menentukan model yang lebih efektif; serta uji penerapan pendekatan langsung di mata pelajaran lain dan tingkat kelas berbeda guna menilai skalabilitas dan adaptabilitasnya.
| File size | 996.94 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-1pv |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
AZZUKHRUFCENDIKIAAZZUKHRUFCENDIKIA Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman auditor memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendeteksian kecurangan, sedangkan fee auditPenelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman auditor memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendeteksian kecurangan, sedangkan fee audit
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest siswa adalah 50,83, yang termasuk dalam kategori kurang, sedangkan rata-rata skor posttest siswaHasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest siswa adalah 50,83, yang termasuk dalam kategori kurang, sedangkan rata-rata skor posttest siswa
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Peneliti melakukan penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI, yaituPeneliti melakukan penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI, yaitu
AZZUKHRUFCENDIKIAAZZUKHRUFCENDIKIA Sebaliknya, pengendalian internal memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Selain itu, integritas dapat memperkuat hubungan antara asimetri informasiSebaliknya, pengendalian internal memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Selain itu, integritas dapat memperkuat hubungan antara asimetri informasi
IPBIPB Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan populasi dan pembangunan ekonomi, konversi area mangrove ke penggunaan lain menjadi masalah yang mengkhawatirkan.Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan populasi dan pembangunan ekonomi, konversi area mangrove ke penggunaan lain menjadi masalah yang mengkhawatirkan.
IPBIPB 2. 11 kemudian digunakan untuk memperkirakan tingkat emisi total gas landfill. Perangkat lunak ini berdasarkan Pedoman IPCC 2006 untuk Inventarisasi Gas2. 11 kemudian digunakan untuk memperkirakan tingkat emisi total gas landfill. Perangkat lunak ini berdasarkan Pedoman IPCC 2006 untuk Inventarisasi Gas
STITPEMALANGSTITPEMALANG Kurikulum pendidikan Islam memiliki tiga jenis, yaitu kurikulum pragmatis, kurikulum teoritis, dan kurikulum teologis. Keberhasilan pendidikan agama dilihatKurikulum pendidikan Islam memiliki tiga jenis, yaitu kurikulum pragmatis, kurikulum teoritis, dan kurikulum teologis. Keberhasilan pendidikan agama dilihat
STITPEMALANGSTITPEMALANG Selain itu, juga diajarkan pembiasaan-pembiasaan bernuansa Islami agar terbentuk akhlak karimah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus disesuaikanSelain itu, juga diajarkan pembiasaan-pembiasaan bernuansa Islami agar terbentuk akhlak karimah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus disesuaikan
Useful /
IPBIPB Untuk mengetahui pengaruh cuaca, sampel dari 10 titik pengambilan yang berbeda diambil selama musim kemarau dan musim hujan (pengambilan sampel dua kaliUntuk mengetahui pengaruh cuaca, sampel dari 10 titik pengambilan yang berbeda diambil selama musim kemarau dan musim hujan (pengambilan sampel dua kali
IPBIPB Lingkungan tambak ikan bandeng di Dukuh Tapak telah terakumulasi logam berat pada air, sedimen, dan organ ikan. Konsentrasi logam berat di sedimen lebihLingkungan tambak ikan bandeng di Dukuh Tapak telah terakumulasi logam berat pada air, sedimen, dan organ ikan. Konsentrasi logam berat di sedimen lebih
UMKUMK Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas ibadah seseorang, semakin tinggi pula Adversity Quotient yang dimilikinya. Oleh karena itu, peningkatanIni menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas ibadah seseorang, semakin tinggi pula Adversity Quotient yang dimilikinya. Oleh karena itu, peningkatan
UMKUMK Dengan demikia dapat disebutkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia. Jika dua orang bertemu,Dengan demikia dapat disebutkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia. Jika dua orang bertemu,