UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini menyelidiki pengalaman akademik mahasiswa tunanetra di Universitas Hail, mengisi kesenjangan penting dalam memahami tantangan aksesibilitas di pendidikan tinggi Arab Saudi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan di tiga bidang utama: aksesibilitas bahan pembelajaran, efektivitas akomodasi ujian, dan kesadaran fakultas terhadap kebutuhan mahasiswa. Menggunakan pendekatan fenomenologis kualitatif, wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan lima mahasiswa tunanetra yang dipilih melalui pengambilan sampel purposif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan divalidasi menggunakan teknik member checking dan peer debriefing. Analisis tematik mengungkapkan beberapa hambatan signifikan: (1) ketidaksesuaian aksesibilitas bahan pembelajaran digital, dengan 80% mahasiswa melaporkan kesulitan dengan dokumen PDF dan slide presentasi; (2) keterbatasan dalam akomodasi ujian, terutama waktu ujian yang tidak memadai dan kompatibilitas pembaca layar yang tidak memadai; serta (3) tingkat kesadaran fakultas yang bervariasi, dengan hanya 20% dosen yang secara proaktif menangani kebutuhan aksesibilitas. Kebaruan penelitian ini terletak pada pemeriksaan komprehensif terhadap interseksi antara aksesibilitas digital, akomodasi akademik, dan kesiapan fakultas dalam konteks universitas Timur Tengah, memberikan wawasan yang sebelumnya belum dieksplorasi dalam pendidikan tinggi Arab Saudi. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan rekomendasi berbasis bukti untuk meningkatkan sistem dukungan institusional dan program pelatihan fakultas, pada akhirnya meningkatkan pengalaman pendidikan bagi mahasiswa tunanetra dalam konteks institusi serupa.

Penelitian ini mengidentifikasi hambatan signifikan yang dihadapi mahasiswa tunanetra di Universitas Hail, yaitu bahan pembelajaran yang tidak dapat diakses, akomodasi ujian yang tidak memadai, dan rendahnya kesadaran fakultas terhadap kebutuhan mahasiswa.Temuan ini menunjukkan perlunya universitas meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran digital, menyediakan lingkungan ujian yang adil dan sesuai, serta mengembangkan program pelatihan fakultas yang terstruktur untuk mendukung pengajaran inklusif.Peningkatan sistem dukungan ini penting untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang lebih setara dan bermakna bagi mahasiswa tunanetra di tingkat pendidikan tinggi.

Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana pengembangan platform digital terpadu yang secara otomatis mengonversi semua materi kuliah menjadi format aksesibel—seperti teks suara, Braille digital, atau slide dengan deskripsi audio—dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa tunanetra di Universitas Hail. Selain itu, studi baru dapat mengeksplorasi bagaimana pelatihan wajib berkelanjutan bagi dosen, yang mencakup simulasi pengalaman tunanetra dan modul praktis tentang penggunaan teknologi bantu, akan memengaruhi sikap dan praktik mengajar mereka secara nyata. Terakhir, penelitian ini juga bisa menguji efektivitas sistem penilaian ujian yang dipersonalisasi, seperti ujian berbasis aplikasi dengan penyesuaian tingkat kontras, kecepatan suara, dan waktu respons yang fleksibel, dibandingkan dengan sistem ujian konvensional yang mengandalkan asisten penulis. Dengan menggabungkan pendekatan teknologi, pelatihan fakultas, dan reformasi penilaian, penelitian mendatang dapat membangun model komprehensif yang tidak hanya mengatasi hambatan aksesibilitas, tetapi juga menciptakan budaya kampus yang benar-benar inklusif dan responsif terhadap kebutuhan spesifik mahasiswa tunanetra.

  1. Practical study on test accommodations for students with visual i...: Ingenta Connect. practical study... doi.org/10.21820/23987073.2020.8.29Practical study on test accommodations for students with visual i Ingenta Connect practical study doi 10 21820 23987073 2020 8 29
  2. Academic challenges of visually impaired students at Hail University | Jurnal Cakrawala Pendidikan. academic... doi.org/10.21831/cp.v44i1.77706Academic challenges of visually impaired students at Hail University Jurnal Cakrawala Pendidikan academic doi 10 21831 cp v44i1 77706
  3. A Systematic Review on Inclusive Education of Students with Visual Impairment. systematic review inclusive... doi.org/10.3390/educsci10110346A Systematic Review on Inclusive Education of Students with Visual Impairment systematic review inclusive doi 10 3390 educsci10110346
File size246.62 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test