ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA

Jurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, dan BahasaJurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, dan Bahasa

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kemampuan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru terhadap teks deskriptif berbahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah menguji efektivitas metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Review, Reflect) dalam meningkatkan pemahaman membaca teks deskriptif. Pendekatan kuantitatif dengan desain pre‑test dan post‑test digunakan pada sampel purposif sebanyak 19 siswa. Data dikumpulkan melalui tes membaca dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t. Hasil menunjukkan peningkatan nilai rata‑rata skor membaca dari 72,37 pada pre‑test menjadi 87,63 pada post‑test, menandakan peningkatan signifikan kemampuan membaca siswa. Penelitian menyimpulkan bahwa metode SQ4R efektif sebagai strategi pembelajaran alternatif untuk meningkatkan pemahaman membaca teks deskriptif pada jenjang sekolah menengah atas.

Implementasi metode SQ4R dalam pembelajaran teks deskriptif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru terbukti sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca.Peningkatan nilai rata‑rata skor dari 72,37 pada pre‑test menjadi 87,63 pada post‑test mencerminkan perbaikan substansial kemampuan siswa dalam memproses dan memahami informasi tekstual.Temuan ini menegaskan bahwa SQ4R bukan hanya strategi pengajaran praktis, melainkan juga alat transformatif untuk meningkatkan literasi siswa, sehingga menjadi pendekatan berharga bagi pendidik yang ingin memperbaiki hasil pemahaman pada pendidikan menengah.

Penelitian selanjutnya dapat memperluas sampel dengan melibatkan beberapa sekolah di wilayah berbeda untuk menguji generalisasi temuan serta mengevaluasi pengaruh konteks geografis terhadap efektivitas metode SQ4R; selanjutnya, studi komparatif antara metode SQ4R dengan strategi pembelajaran lain seperti KWL atau pembelajaran berbasis teknologi dapat memberikan wawasan mengenai keunggulan relatif masing‑masing pendekatan dalam meningkatkan pemahaman membaca; terakhir, penelitian longitudinal yang memantau perkembangan kemampuan membaca siswa selama beberapa semester dapat mengidentifikasi dampak jangka panjang SQ4R serta mengungkap faktor-faktor motivasional dan afektif yang berperan dalam keberlanjutan peningkatan tersebut.

  1. Students' Reading Comprehension of Descriptive Text Utilizing the SQ4R Method in Grade X at SMA... jurnal.alfa-pustaka.id/index.php/jap2b/article/view/106Students Reading Comprehension of Descriptive Text Utilizing the SQ4R Method in Grade X at SMA jurnal alfa pustaka index php jap2b article view 106
  1. #siswa kelas vii#siswa kelas vii
Read online
File size638.49 KB
Pages11
Short Linkhttps://juris.id/p-1pp
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test