ISDIKKIERAHAISDIKKIERAHA
Langua: Journal of Linguistics, Literature, and Language EducationLangua: Journal of Linguistics, Literature, and Language EducationMenulis merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa yang harus dimiliki seseorang. Melalui menulis, individu dapat menghasilkan ide-ide menarik dan mengolahnya menjadi tulisan. Metode Mind Mapping diterapkan untuk mengkaji pengaruhnya terhadap penulisan teks deskriptif siswa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi efek metode Mind Mapping pada penulisan teks deskriptif bagi siswa SMK Muhammadiyah Tidore Kepulauan kelas XI tahun ajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang dipakai untuk mengukur hasil kerja siswa adalah rubrik penilaian teks deskriptif. Implementasi pembelajaran menulis teks deskriptif menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas XI dilaksanakan secara efektif, lancar, dan menyeluruh, yang terlihat dari keseriusan siswa dalam berpartisipasi. Sebelumnya siswa mengalami kebosanan, namun setelah pembelajaran memakai Mind Mapping, siswa menjadi antusias, sangat kreatif dalam membuat peta pikiran, dan sangat fokus dalam menulis teks deskriptif. Metode Mind Mapping memberikan pengaruh positif terhadap penulisan teks deskriptif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Tidore Kepulauan. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai hasil penulisan, dimana nilai rata‑rata pre‑test sebesar 51,3 meningkat menjadi 90,6 pada post‑test.
Implementasi pembelajaran menulis teks deskriptif dengan metode Mind Mapping pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Tidore Kepulauan terbukti efektif, lancar, dan menyeluruh, terlihat dari peningkatan keseriusan dan antusiasme siswa dalam proses belajar.Metode ini meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat peta pikiran serta fokus mereka dalam menulis, sehingga proses penulisan menjadi lebih menyenangkan dan tidak memakan waktu lama.Pengaruh positif metode Mind Mapping tercermin dalam peningkatan nilai rata‑rata dari 51,3 pada pre‑test menjadi 90,6 pada post‑test.
Penelitian selanjutnya dapat membandingkan penggunaan Mind Mapping secara tradisional dengan aplikasi digital interaktif untuk menulis teks deskriptif pada siswa kelas XI, guna mengetahui apakah teknologi meningkatkan pencapaian belajar. Selanjutnya, perlu diteliti bagaimana variasi tingkat pendampingan guru—dari bimbingan intensif hingga pembelajaran mandiri—mempengaruhi pengembangan kosakata dan kemampuan siswa menghasilkan deskripsi sensorik yang kaya dalam bahasa Inggris. Kajian longitudinal yang melibatkan pelatihan Mind Mapping selama beberapa semester dapat mengungkap dampaknya terhadap keterampilan metakognitif serta kemampuan mentransfer strategi menulis deskriptif ke genre lain seperti narasi atau eksposisi. Selain itu, penelitian dapat menguji efek integrasi Mind Mapping dengan pendekatan kolaboratif kelompok kecil untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar. Akhirnya, analisis perbedaan hasil antara siswa dengan latar belakang akademik berbeda dapat memberikan insight tentang keberlanjutan metode ini dalam konteks pendidikan menengah di daerah berbeda.
| File size | 1.1 MB |
| Pages | 21 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Pada siklus II terjadi lagi perubahan yaitu aktifitas belajar siswa pada aspek kerjasama menjadi 16,07; aspek kesungguhan menjadi 18,08 aspek keberanianPada siklus II terjadi lagi perubahan yaitu aktifitas belajar siswa pada aspek kerjasama menjadi 16,07; aspek kesungguhan menjadi 18,08 aspek keberanian
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di MA Mambaul Ulum Paiton berfokus pada peningkatan literasi digital siswa kelas XII melalui pelatihan MicrosoftProgram Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di MA Mambaul Ulum Paiton berfokus pada peningkatan literasi digital siswa kelas XII melalui pelatihan Microsoft
ARIPIARIPI Siswa laki-laki menunjukkan performa lebih tinggi dengan persentase 81,38% dibandingkan siswa perempuan sebesar 77,14%. Hasil ini konsisten dengan temuanSiswa laki-laki menunjukkan performa lebih tinggi dengan persentase 81,38% dibandingkan siswa perempuan sebesar 77,14%. Hasil ini konsisten dengan temuan
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan,Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan,
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran web yang menggabungkan Bahasa Isyarat Amerika (ASL) dengan materi budaya lokal, meningkatkan pengalamanPenelitian ini menghasilkan model pembelajaran web yang menggabungkan Bahasa Isyarat Amerika (ASL) dengan materi budaya lokal, meningkatkan pengalaman
LENTERANUSALENTERANUSA Pengenalan perencanaan karir kepada siswa SMK merupakan langkah penting dalam mempersiapkan masa depan di dalam dunia kerja. Kegiatan Pengabdian KepadaPengenalan perencanaan karir kepada siswa SMK merupakan langkah penting dalam mempersiapkan masa depan di dalam dunia kerja. Kegiatan Pengabdian Kepada
ELTAORGANIZATIONELTAORGANIZATION Perangkat lunak ini diyakini dapat membantu guru menyampaikan materi secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menggambarkanPerangkat lunak ini diyakini dapat membantu guru menyampaikan materi secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menggambarkan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP NegeriPenelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri
Useful /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Selain itu, metode Demonstrasi juga telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang memperoleh hasil belajarSelain itu, metode Demonstrasi juga telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang memperoleh hasil belajar
UMKUMK Hanya ikatan tempat yang tidak mempengaruhi manfaat kesehatan mental saat mengunjungi destinasi outdoor. Implikasi untuk strategi pemasaran adalah industriHanya ikatan tempat yang tidak mempengaruhi manfaat kesehatan mental saat mengunjungi destinasi outdoor. Implikasi untuk strategi pemasaran adalah industri
UMKUMK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner elektronik kepada sampel 452 karyawan di Indonesia. AnalisisPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner elektronik kepada sampel 452 karyawan di Indonesia. Analisis
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menyimpulkan perlunya strategi pemasaran yang terintegrasi untuk memaksimalkan manfaat dari platform digital. Media sosial memiliki pengaruhPenelitian ini menyimpulkan perlunya strategi pemasaran yang terintegrasi untuk memaksimalkan manfaat dari platform digital. Media sosial memiliki pengaruh