ISDIKKIERAHAISDIKKIERAHA

Langua: Journal of Linguistics, Literature, and Language EducationLangua: Journal of Linguistics, Literature, and Language Education

Menulis merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa yang harus dimiliki seseorang. Melalui menulis, individu dapat menghasilkan ide-ide menarik dan mengolahnya menjadi tulisan. Metode Mind Mapping diterapkan untuk mengkaji pengaruhnya terhadap penulisan teks deskriptif siswa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi efek metode Mind Mapping pada penulisan teks deskriptif bagi siswa SMK Muhammadiyah Tidore Kepulauan kelas XI tahun ajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang dipakai untuk mengukur hasil kerja siswa adalah rubrik penilaian teks deskriptif. Implementasi pembelajaran menulis teks deskriptif menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas XI dilaksanakan secara efektif, lancar, dan menyeluruh, yang terlihat dari keseriusan siswa dalam berpartisipasi. Sebelumnya siswa mengalami kebosanan, namun setelah pembelajaran memakai Mind Mapping, siswa menjadi antusias, sangat kreatif dalam membuat peta pikiran, dan sangat fokus dalam menulis teks deskriptif. Metode Mind Mapping memberikan pengaruh positif terhadap penulisan teks deskriptif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Tidore Kepulauan. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai hasil penulisan, dimana nilai rata‑rata pre‑test sebesar 51,3 meningkat menjadi 90,6 pada post‑test.

Implementasi pembelajaran menulis teks deskriptif dengan metode Mind Mapping pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Tidore Kepulauan terbukti efektif, lancar, dan menyeluruh, terlihat dari peningkatan keseriusan dan antusiasme siswa dalam proses belajar.Metode ini meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat peta pikiran serta fokus mereka dalam menulis, sehingga proses penulisan menjadi lebih menyenangkan dan tidak memakan waktu lama.Pengaruh positif metode Mind Mapping tercermin dalam peningkatan nilai rata‑rata dari 51,3 pada pre‑test menjadi 90,6 pada post‑test.

Penelitian selanjutnya dapat membandingkan penggunaan Mind Mapping secara tradisional dengan aplikasi digital interaktif untuk menulis teks deskriptif pada siswa kelas XI, guna mengetahui apakah teknologi meningkatkan pencapaian belajar. Selanjutnya, perlu diteliti bagaimana variasi tingkat pendampingan guru—dari bimbingan intensif hingga pembelajaran mandiri—mempengaruhi pengembangan kosakata dan kemampuan siswa menghasilkan deskripsi sensorik yang kaya dalam bahasa Inggris. Kajian longitudinal yang melibatkan pelatihan Mind Mapping selama beberapa semester dapat mengungkap dampaknya terhadap keterampilan metakognitif serta kemampuan mentransfer strategi menulis deskriptif ke genre lain seperti narasi atau eksposisi. Selain itu, penelitian dapat menguji efek integrasi Mind Mapping dengan pendekatan kolaboratif kelompok kecil untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar. Akhirnya, analisis perbedaan hasil antara siswa dengan latar belakang akademik berbeda dapat memberikan insight tentang keberlanjutan metode ini dalam konteks pendidikan menengah di daerah berbeda.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #siswa kelas iii#siswa kelas iii
Read online
File size1.1 MB
Pages21
DMCAReport

Related /

ads-block-test