METROMETRO

Akademika : Jurnal Pemikiran IslamAkademika : Jurnal Pemikiran Islam

Allah menciptakan manusia antara lain sebagai khalifah di muka bumi. Berkaitan dengan konsep ini, maka manusia berkewajiban memelihara dan melestarikan lingkungan. Namun, tidak jarang manusia malah merusaka alam dan lingkungan. Hal ini tentunya bertentangan dengan tugas dan fungsinya sebagai khalifah. Tulisan ini mengeksplorasi hakikat penciptaan manusia dan urgensinya dalam pelestarian lingkungan. Kajian dalam tulisan ini mengacu pada perspektif al-Quran. Berdasarkan kajian yang penulis lakukan dapat didapat kesimpulan bahwa hakekat penciptaan manusia tidak dapat dipisahkan dari alam semesta dan lingkungannya. Salah satu tugas penting yang diamanahkan kepada manusia adalah tugasnya sebagai khalfatullah di muka bumi. Prinsip amanat yang dibebankan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi menghendaki adanya cobaan, ujian dan medan pergulatan antara kebajikan dan keburukan. Manusia diciptakan untuk mengarungi kehidupan dan melaksanakan tugas kekhalifahannya terkait dengan pelestarian alam semesta baik bagi manusia maupun lingkungannya baik di laut, di darat maupun di udara. Manusia di lahirkan ke dunia dibekali dengan kemampuan/daya cipta, rasa, karsa karya dan daya taqwa. Dalam kaitannya dengan lingkungan, daya tersebut merupakan fungsi eksekutif dalam jiwa manusia.

Hakekat penciptaan manusia tidak dapat dipisahkan dari alam semesta dan lingkungannya.Salah satu tugas penting yang diamanahkan kepada manusia adalah tugasnya sebagai khalfatullah di muka bumi.Prinsip amanat yang dibebankan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi menghendaki adanya cobaan, ujian dan medan pergulatan antara kebajikan dan keburukan.Manusia diciptakan untuk melaksanakan tugas kekhalifahannya terkait dengan pelestarian alam semesta.Lingkungan hidup memiliki fungsi penyangga kehidupan penting yang harus dijaga keseimbangannya melalui berbagai upaya perlindungan dan pemeliharaan.

Penelitian lanjutan dapat menjelajahi pengaruh gagasan pancadaya (daya taqwa, cipta, rasa, karsa, karya) terhadap perilaku lingkungan di berbagai budaya. Selain itu, perlu dikaji bagaimana prinsip ajaran Islam tentang khalifah dan tanggung jawab lingkungan dapat diterapkan dalam kebijakan lingkungan modern yang melibatkan multidisiplin ilmu. Studi empiris juga diperlukan untuk memahami hubungan antara pendidikan berbasis Al-Quran dan kepedulian masyarakat terhadap keberlanjutan ekosistem.

  1. #manusia alam semesta#manusia alam semesta
  2. #dimensi manusia#dimensi manusia
Read online
File size340.18 KB
Pages17
DMCAReport

Related /

ads-block-test