UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa dalam teks naratif melalui strategi story mapping. Penelitian ini dilakukan di SMP An-Nur Watukosek-Pasuruan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas delapan SMP An-Nur Watukosek. Data dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir setiap siklus, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa meningkat dan target penelitian tercapai. Siswa juga merasa lebih mudah memahami teks karena story mapping terdiri dari beberapa elemen seperti orientasi, komplikasi, dan resolusi.
Strategi story mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, terutama dalam memahami teks naratif.Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan memberikan respon positif terhadap penggunaan story mapping.Metode ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan pra-membaca, saat membaca, dan pasca-membaca untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk menguji efektivitas story mapping dalam konteks pembelajaran yang berbeda, seperti mata pelajaran lain atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, studi dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi dalam mengimplementasikan story mapping untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Terakhir, penelitian dapat menginvestigasi dampak jangka panjang penggunaan story mapping terhadap kemampuan membaca dan motivasi belajar siswa.
| File size | 272.04 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | Report |
Related /
UNISLAUNISLA Dapat disimpulkan bahwa meme internet memungkinkan siswa mendapatkan ide dan membimbing mereka ke objek yang dideskripsikan. Melalui penerapan media ini,Dapat disimpulkan bahwa meme internet memungkinkan siswa mendapatkan ide dan membimbing mereka ke objek yang dideskripsikan. Melalui penerapan media ini,
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Sesi pelatihan mencakup topik-topik dasar, termasuk pengenalan antarmuka Microsoft Word, pemformatan dan pengorganisasian dokumen, serta fitur-fitur canggihSesi pelatihan mencakup topik-topik dasar, termasuk pengenalan antarmuka Microsoft Word, pemformatan dan pengorganisasian dokumen, serta fitur-fitur canggih
ARIPIARIPI Pemilihan siswa sekolah dasar didasarkan pada kemudahan pengelolaan dibandingkan anak prasekolah. Gross Motor Skill Activities (GMSA) merupakan pola dasarPemilihan siswa sekolah dasar didasarkan pada kemudahan pengelolaan dibandingkan anak prasekolah. Gross Motor Skill Activities (GMSA) merupakan pola dasar
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran PBL mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan dibandingkanHasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran PBL mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan dibandingkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasaImplikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Media pembelajaran berbasis IT terbukti mampu mengatasi keterbatasan media konvensional di sekolah dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktifMedia pembelajaran berbasis IT terbukti mampu mengatasi keterbatasan media konvensional di sekolah dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif
UNISLAUNISLA Berdasarkan analisis data, metode Strategi Bertanya terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Bayt Tamyiz pada tahun akademikBerdasarkan analisis data, metode Strategi Bertanya terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Bayt Tamyiz pada tahun akademik
UNISLAUNISLA Penyebab utama masalah tersebut adalah kurangnya kepercayaan diri, ketakutan membuat kesalahan, serta rendahnya motivasi, rasa malu, dan kecemasan. OlehPenyebab utama masalah tersebut adalah kurangnya kepercayaan diri, ketakutan membuat kesalahan, serta rendahnya motivasi, rasa malu, dan kecemasan. Oleh
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, serta kebosanan bersifat saling terkait dan dapat dioptimalkan melalui program peningkatanHubungan antara dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, serta kebosanan bersifat saling terkait dan dapat dioptimalkan melalui program peningkatan
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Teknik pengambilan data menggunakan studi dokumen dan pustaka. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Masa anak merupakan masa emas perkembanganTeknik pengambilan data menggunakan studi dokumen dan pustaka. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Masa anak merupakan masa emas perkembangan
UNDIKSHAUNDIKSHA Metodologi penelitian melibatkan survei terhadap 500 responden dari berbagai latar belakang demografis. Temuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikanMetodologi penelitian melibatkan survei terhadap 500 responden dari berbagai latar belakang demografis. Temuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru merupakan salah satu elemen kunci yang harus memiliki kompetensi yang memadai dalam mengajar kewirausahaan digital. Tujuan penelitian adalah untukGuru merupakan salah satu elemen kunci yang harus memiliki kompetensi yang memadai dalam mengajar kewirausahaan digital. Tujuan penelitian adalah untuk