UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa dalam teks naratif melalui strategi story mapping. Penelitian ini dilakukan di SMP An-Nur Watukosek-Pasuruan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas delapan SMP An-Nur Watukosek. Data dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir setiap siklus, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa meningkat dan target penelitian tercapai. Siswa juga merasa lebih mudah memahami teks karena story mapping terdiri dari beberapa elemen seperti orientasi, komplikasi, dan resolusi.

Strategi story mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, terutama dalam memahami teks naratif.Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan memberikan respon positif terhadap penggunaan story mapping.Metode ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan pra-membaca, saat membaca, dan pasca-membaca untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk menguji efektivitas story mapping dalam konteks pembelajaran yang berbeda, seperti mata pelajaran lain atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, studi dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi dalam mengimplementasikan story mapping untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Terakhir, penelitian dapat menginvestigasi dampak jangka panjang penggunaan story mapping terhadap kemampuan membaca dan motivasi belajar siswa.

  1. Doing Action Research in English Language Teaching | A Guide for Pract. doing action research english... doi.org/10.4324/9780203863466Doing Action Research in English Language Teaching A Guide for Pract doing action research english doi 10 4324 9780203863466
  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
Read online
File size272.04 KB
Pages14
DMCAReport

Related /

ads-block-test