STITUWJOMBANGSTITUWJOMBANG

Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan KeislamanUrwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi metode-metode yang tepat dalam pembelajaran keterampilan reseptif bahasa Arab, yaitu mendengar (istima) dan membaca (qiroah). Dengan studi pustaka dan analisis isi, ditemukan empat metode utama: langsung, al-samiyah al-syafawiyah (audiolingual), qiroah, dan guru diam. Keempatnya masing-masing memiliki karakteristik, kelebihan, dan keterbatasan yang perlu disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik agar pembelajaran tidak membosankan dan tujuan kompetensi reseptif tercapai.

Metode sangat menentukan keberhasilan pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan reseptif.Guru harus memahami kondisi peserta didik untuk memilih metode langsung, al-samiyah al-syafawiyah, qiroah, atau guru diam agar materi istima dan qiroah diserap dengan baik.

Bagaimana pengaruh strategi kombinasi metode langsung dan digital storytelling terhadap kemampuan istima mahasiswa pemula? Apakah pemanfaatan podcast interaksi dapat menjadi alternatif untuk memperkuat keterampilan qiroah santri tingkat mutawasith? Selanjutnya, dapatkah penilaian portofolio berbasis refleksi guru mendukung efektivitas metode guru diam pada keterampilan reseptif bahasa Arab di pesantren? Ketiga pertanyaan ini layak diteliti agar didapat bukti empiris strategi baru yang lebih menyenangkan, tetap memperhatikan perbedaan individual, sekaligus mempermudah guru memantau perkembangan kemampuan mendengar dan membaca peserta didik secara berkelanjutan.

  1. #bahasa arab reseptif#bahasa arab reseptif
Read online
File size382.71 KB
Pages18
DMCAReport

Related /

ads-block-test