ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA
Jurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, dan BahasaJurnal Alfa: Penelitian, Pendidikan, dan BahasaPenelitian kuantitatif ini bertujuan mengevaluasi kompetensi bahasa Inggris siswa kelas XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK N 1 Angkola Timur serta membandingkan nilai yang dinilai oleh sekolah dengan standar internasional. Penelitian ini dipicu oleh meningkatnya kebutuhan kemampuan bahasa Inggris dalam tenaga kerja global serta potensi subjektivitas penilaian internal sekolah. Tujuan utama meliputi: menilai tingkat kemahiran siswa sesuai Common European Framework of Reference for Languages (CEFR), menganalisis distribusi mereka pada tiap level, serta menyelidiki korelasi hasil British Council EnglishScore (BCES). Penelitian melibatkan 16 siswa yang mengikuti penilaian Core Skills BCES, yang menilai tata bahasa, kosakata, membaca, dan mendengarkan. Analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil menunjukkan disparitas signifikan: semua siswa berada pada level Pre‑A1 (37,5 %) dan A1 (62,5 %) dengan rata‑rata skor BCES 122,06. Sebaliknya, rata‑rata nilai rapor mereka 86,56, dengan beberapa siswa memperoleh nilai hingga 90 meskipun berada pada level Pre‑A1 terendah. Tidak ada siswa yang mencapai skor minimum untuk mengakses modul tes menulis dan berbicara, menandakan kelemahan fundamental yang mendalam. Laporan menyimpulkan bahwa nilai internal sekolah tidak dapat diandalkan sebagai ukuran kompetensi bahasa Inggris sebenarnya dan mengusulkan reformasi kurikulum segera.
Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi bahasa Inggris siswa XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK N 1 Angkola Timur berada pada level Pre‑A1 hingga A1, tanpa ada yang mencapai level A2 atau lebih tinggi, serta tidak memungkinkan penilaian kemampuan menulis karena skor Core Skills tidak memenuhi ambang minimum.Selain itu, terdapat kesenjangan signifikan antara nilai rapor internal yang rata‑rata 87,19 dengan hasil British Council EnglishScore yang berada pada level terendah, menandakan bahwa sistem penilaian sekolah tidak mencerminkan kemampuan nyata siswa.Akhirnya, pencapaian tersebut jauh di bawah standar Kurikulum Merdeka yang menargetkan kompetensi minimal B1, mengindikasikan tantangan sistemik dalam mencapai tujuan kurikuler nasional.
Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas program intervensi kurikulum berbasis teknologi digital yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dan membaca, dengan membandingkan hasil pre‑ dan post‑test siswa menggunakan British Council EnglishScore serta nilai rapor tradisional, untuk melihat apakah integrasi teknologi dapat memperkecil kesenjangan antara penilaian internal dan standar internasional. Selain itu, studi longitudinal selama tiga tahun dapat menelusuri perkembangan kompetensi bahasa Inggris siswa dari kelas X hingga XII, mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual seperti latar belakang sosio‑ekonomi, akses internet, dan pelatihan guru yang mempengaruhi progres CEFR, sehingga kebijakan pendidikan dapat disesuaikan secara tepat. Terakhir, penelitian komparatif antara metode penilaian otomatis berbasis AI (seperti EnglishScore) dan penilaian manual tradisional dapat mengevaluasi keakuratan, keadilan, dan persepsi siswa terhadap kedua pendekatan, guna memberikan rekomendasi implementasi penilaian yang lebih objektif dan transparan dalam sistem pendidikan menengah kejuruan.
- Scoring English Proficiency Through Englishscore | International Journal of Education, Language, Literature,... doi.org/10.59024/ijellacush.v3i1.1276Scoring English Proficiency Through Englishscore International Journal of Education Language Literature doi 10 59024 ijellacush v3i1 1276
- Strategi Pembelajaran Program Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Daya Saing Alumni Di... ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/355Strategi Pembelajaran Program Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Daya Saing Alumni Di ojs unwaha ac index php joems article view 355
- Analysis of Students' Core Skills at Grade XI of SMK N 1 Angkola Timur Towards British Council EnglishScore... jurnal.alfa-pustaka.id/index.php/jap2b/article/view/107Analysis of Students Core Skills at Grade XI of SMK N 1 Angkola Timur Towards British Council EnglishScore jurnal alfa pustaka index php jap2b article view 107
| File size | 689.16 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-1pq |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
UPGRIPLKUPGRIPLK Meskipun demikian banyak kendala yang ditemui dalam pembelajaran mata kuliah Bahasa Inggris di antaranya: (1) pandangan mahasiswa terhadap mata kuliahMeskipun demikian banyak kendala yang ditemui dalam pembelajaran mata kuliah Bahasa Inggris di antaranya: (1) pandangan mahasiswa terhadap mata kuliah
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Implementasi metode SQ4R dalam pembelajaran teks deskriptif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru terbukti sangat efektif dalam meningkatkan pemahamanImplementasi metode SQ4R dalam pembelajaran teks deskriptif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Toru terbukti sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode audio-visual efektif dalam meningkatkan kosakata siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwaBerdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode audio-visual efektif dalam meningkatkan kosakata siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Sampel yang didapatkan adalah 30 siswa. Penerapan membaca teks laporan digunakan sebagai instrumen, dan peneliti menggunakan formula “t test. BerdasarkanSampel yang didapatkan adalah 30 siswa. Penerapan membaca teks laporan digunakan sebagai instrumen, dan peneliti menggunakan formula “t test. Berdasarkan
ALFA PUSTAKAALFA PUSTAKA Hasil menunjukkan bahwa pendekatan CLT efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII-1. Implementasi pendekatan CLT dilakukan dalam duaHasil menunjukkan bahwa pendekatan CLT efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII-1. Implementasi pendekatan CLT dilakukan dalam dua
HABIBURRAHMANHABIBURRAHMAN Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 80 mahasiswa, dilaksanakan selama tiga hari di Pusat Bahasa Universitas Islam Makassar, dan hasilnya menunjukkan peningkatanKegiatan ini diikuti oleh sekitar 80 mahasiswa, dilaksanakan selama tiga hari di Pusat Bahasa Universitas Islam Makassar, dan hasilnya menunjukkan peningkatan
HABIBURRAHMANHABIBURRAHMAN Pelatihan ini tidak hanya memperkuat kompetensi berbahasa Inggris tetapi juga membentuk karakter kepemimpinan yang profesional, sehingga direkomendasikanPelatihan ini tidak hanya memperkuat kompetensi berbahasa Inggris tetapi juga membentuk karakter kepemimpinan yang profesional, sehingga direkomendasikan
STIM LPISTIM LPI Rejeki Persada Property tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan karena adanya defisit modal kerja. Arus kas operasi terbukti berpengaruhRejeki Persada Property tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan karena adanya defisit modal kerja. Arus kas operasi terbukti berpengaruh
Useful /
HABIBURRAHMANHABIBURRAHMAN Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Juli 2025 bertempat di Lapangan Indoor SMANKO Sulawesi Selatan sebagai upaya peningkatan kesadaran dan pengetahuanKegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Juli 2025 bertempat di Lapangan Indoor SMANKO Sulawesi Selatan sebagai upaya peningkatan kesadaran dan pengetahuan
HABIBURRAHMANHABIBURRAHMAN Peserta akan dibimbing melalui penunjukan langsung dan latihan praktis untuk memastikan dapat menginstal Linux pada virtual machine secara mandiri. DenganPeserta akan dibimbing melalui penunjukan langsung dan latihan praktis untuk memastikan dapat menginstal Linux pada virtual machine secara mandiri. Dengan
UMKUMK Jenis metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 24. Adapun teknik pengumpulan datanyaJenis metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 24. Adapun teknik pengumpulan datanya
STIM LPISTIM LPI Pengolahan data terdiri atas analisis deskripsi, analisis kolerasi dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan dengan tingkat signifikan 5% danPengolahan data terdiri atas analisis deskripsi, analisis kolerasi dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan dengan tingkat signifikan 5% dan