HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG
Journal of Curriculum IndonesiaJournal of Curriculum IndonesiaDeep Learning merupakan pilihan pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat ini. Saat ini, Guru di Indonesia telah mencurahkan perhatian mereka untuk mempelajari lebih dalam tentang Deep Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji teori Deep Learning dalam Model Pembelajaran ABCD5E di Laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini UNNES dalam menstimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi anak-anak. Metode penelitian menggunakan studi Systematic Literature Review. Kajian literatur bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer bersumber dari wawancara langsung dengan tim pembuat model pembelajaran ABCD5E. Data sekunder diambil dari buku panduan model pembelajaran ABCD5E, artikel ilmiah dari jurnal nasional dan internasional, serta video webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya stimulasi terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi anak-anak dalam Deep Learning pada implementasi model pembelajaran ABCD5E. Kesimpulannya berdasarkan hasil studi Systematic Literature Review, Deep Learning dalam implementasi model pembelajaran ABCD5E di Pendidikan Anak Usia Dini Labschool UNNES dapat menjelaskan stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada anak-anak.
Berdasarkan hasil dan diskusi di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam implementasi model pembelajaran ABCD5E.Saat ini, pembelajaran dengan pendekatan Deep Learning diharapkan dapat mengetahui hasil pengukuran pembelajaran anak-anak melalui penggunaan Taksonomi SOLO, sehingga dapat dilakukan dengan menyejajarkan teori Blooms taxonomy dan Solo Taxonomy.Temuan penelitian ini memberikan informasi bahwa stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ditemukan dalam implementasi model pembelajaran ABCD5E dan hal ini sejalan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Deep Learning.
Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan yang ada, beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan adalah sebagai berikut: Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi efektivitas model ABCD5E dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada anak usia dini di berbagai konteks sosial-ekonomi dan budaya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa model pembelajaran ini dapat diadaptasi dan diterapkan secara efektif di berbagai lingkungan. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengembangkan instrumen penilaian yang lebih komprehensif dan valid untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada anak usia dini, dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti kreativitas, pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang baik akan membantu guru dalam memantau perkembangan siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi peran teknologi dalam mendukung implementasi model ABCD5E dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penggunaan teknologi dapat memberikan akses ke sumber daya pembelajaran yang lebih beragam dan interaktif, serta memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antara siswa dan guru. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan model pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia.
- Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik | Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum.... journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/29252Revisi taksonomi Bloom Kognitif afektif dan psikomotorik Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum journal uny ac index php humanika article view 29252
- The Analysis of Early Childhood Learning Achievement Based on the Implementation of the ABCD5E Model... publikasi.abidan.org/index.php/educative/article/view/209The Analysis of Early Childhood Learning Achievement Based on the Implementation of the ABCD5E Model publikasi abidan index php educative article view 209
- Teknik STAR dalam Self and Peer Assessment pada Pelaksanaan Model Pembelajaran ABCD5E di TK | Jurnal... obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2780Teknik STAR dalam Self and Peer Assessment pada Pelaksanaan Model Pembelajaran ABCD5E di TK Jurnal obsesi index php obsesi article view 2780
| File size | 397.21 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-1rc |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Implementasi program mencakup sinkronisasi kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, dosen tamu dari industri, praktik lapangan, sertifikasi kompetensi,Implementasi program mencakup sinkronisasi kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, dosen tamu dari industri, praktik lapangan, sertifikasi kompetensi,
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Program pengabdian ini berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru MPLB terhadap Kurikulum Merdeka melalui pendampinganProgram pengabdian ini berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru MPLB terhadap Kurikulum Merdeka melalui pendampingan
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan Kurikulum 1947 dan Kurikulum 1964 dalam konteks sejarah pendidikan di Indonesia. KurikulumPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan Kurikulum 1947 dan Kurikulum 1964 dalam konteks sejarah pendidikan di Indonesia. Kurikulum
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Nada otoritatif dan referensi terhadap professional makeup artists meningkatkan kredibilitas, sehingga produk diposisikan sebagai pilihan berkualitas diNada otoritatif dan referensi terhadap professional makeup artists meningkatkan kredibilitas, sehingga produk diposisikan sebagai pilihan berkualitas di
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum 1976 memberikan kerangka pembelajaran terstruktur dengan fokus pada pencapaian pengetahuan dasar, sementaraPenelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum 1976 memberikan kerangka pembelajaran terstruktur dengan fokus pada pencapaian pengetahuan dasar, sementara
UNPASUNPAS Secara simultan, kombinasi orientasi kewirausahaan dan inovasi produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, sehingga keduaSecara simultan, kombinasi orientasi kewirausahaan dan inovasi produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, sehingga kedua
IKMEDIAIKMEDIA Kereta Api Indonesia (Persero) untuk mempromosikan perjalanan kereta api dalam rangka mudik atau pulang kampung pada momentum hari raya. Berdasarkan analisisKereta Api Indonesia (Persero) untuk mempromosikan perjalanan kereta api dalam rangka mudik atau pulang kampung pada momentum hari raya. Berdasarkan analisis
IKMEDIAIKMEDIA Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 100Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 100
Useful /
PDPIPDPI 11. Secara parsial, media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap interaksi sosial, sedangkan game online juga berpengaruh signifikan namun cenderung11. Secara parsial, media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap interaksi sosial, sedangkan game online juga berpengaruh signifikan namun cenderung
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG 0IR. Untuk peningkatan, perbaikan, dan transformasi, tinjauan ulang konten kurikulum sangat penting, yang dapat dicapai dengan menyelenggarakan pelatihan0IR. Untuk peningkatan, perbaikan, dan transformasi, tinjauan ulang konten kurikulum sangat penting, yang dapat dicapai dengan menyelenggarakan pelatihan
IKMEDIAIKMEDIA Museum Negeri Provinsi Riau, yang kini dikenal sebagai Museum Daerah Sang Nila Utama, didirikan di Pekanbaru sejak tahun 1975, diresmikan pada 1994, danMuseum Negeri Provinsi Riau, yang kini dikenal sebagai Museum Daerah Sang Nila Utama, didirikan di Pekanbaru sejak tahun 1975, diresmikan pada 1994, dan
IKHAFIIKHAFI Harapan dari sistem informasi yang dibuat adalah bisa membantu pencatatan cuti pegawai secara akurat dan membuat perusahaan bisa lebih baik dalam mengaturHarapan dari sistem informasi yang dibuat adalah bisa membantu pencatatan cuti pegawai secara akurat dan membuat perusahaan bisa lebih baik dalam mengatur