UMMUBAUMMUBA

Jurnal Muara PendidikanJurnal Muara Pendidikan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh lingkungan sekolah, peran guru, dan minat belajar siswa terhadap motivasi belajar penjas di SD Inpres Buttatianang I Makassar. Menggunakan desain deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dan path analysis, sampelnya 28 siswa kelas V. Hasilnya menunjukkan: (1) lingkungan sekolah berpengaruh langsung 40,26% terhadap minat belajar; (2) peran guru 31,36%; (3) lingkungan sekolah 9,48% terhadap motivasi; (4) peran guru 63,04%; (5) minat belajar 24,32% terhadap motivasi; (6) pengaruh tak langsung lingkungan sekolah melalui minat 77,88%; (7) pengaruh tak langsung peran guru melalui minat 77,88%.

Lingkungan sekolah dan peran guru secara langsung maupun melalui minat belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar penjas.Minat belajar memediasi pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa.

Bagaimana jika penelitian berikutnya menguji apakah pelatihan guru untuk menciptakan lingkungan belajar outdoor yang kondusif bisa meningkatkan minat dan motivasi belajar penjas lebih besar? Selanjutnya, apakah penggunaan game digital penjas yang melibatkan orang tua di rumah bisa memperkuat minat belajar sehingga motivasi siswa menjadi lebih tinggi? Terakhir, sudahkah kita mencoba membandingkan sekolah dengan fasilitas olahraga lengkap dan sekolah dengan fasilitas terbatas untuk melihat apakah perbedaan lingkungan fisik ini memperbesar mediasi minat terhadap motivasi belajar penjas?.

  1. #guru motivasi siswa#guru motivasi siswa
  2. #peran guru pai#peran guru pai
Read online
File size275.24 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test