UMMUBAUMMUBA
Jurnal Muara PendidikanJurnal Muara PendidikanPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh lingkungan sekolah, peran guru, dan minat belajar siswa terhadap motivasi belajar penjas di SD Inpres Buttatianang I Makassar. Menggunakan desain deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dan path analysis, sampelnya 28 siswa kelas V. Hasilnya menunjukkan: (1) lingkungan sekolah berpengaruh langsung 40,26% terhadap minat belajar; (2) peran guru 31,36%; (3) lingkungan sekolah 9,48% terhadap motivasi; (4) peran guru 63,04%; (5) minat belajar 24,32% terhadap motivasi; (6) pengaruh tak langsung lingkungan sekolah melalui minat 77,88%; (7) pengaruh tak langsung peran guru melalui minat 77,88%.
Lingkungan sekolah dan peran guru secara langsung maupun melalui minat belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar penjas.Minat belajar memediasi pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa.
Bagaimana jika penelitian berikutnya menguji apakah pelatihan guru untuk menciptakan lingkungan belajar outdoor yang kondusif bisa meningkatkan minat dan motivasi belajar penjas lebih besar? Selanjutnya, apakah penggunaan game digital penjas yang melibatkan orang tua di rumah bisa memperkuat minat belajar sehingga motivasi siswa menjadi lebih tinggi? Terakhir, sudahkah kita mencoba membandingkan sekolah dengan fasilitas olahraga lengkap dan sekolah dengan fasilitas terbatas untuk melihat apakah perbedaan lingkungan fisik ini memperbesar mediasi minat terhadap motivasi belajar penjas?.
| File size | 275.24 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada matapelajaranTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada matapelajaran
POLNAMPOLNAM Memberikan dampak yang positif bagi motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris adalah salah satu manfaat yang didapatkan dari penerapan media pembelajaranMemberikan dampak yang positif bagi motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris adalah salah satu manfaat yang didapatkan dari penerapan media pembelajaran
POLNAMPOLNAM Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online sudah menjamur dimana-mana. Banyak sekali game center yangDalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online sudah menjamur dimana-mana. Banyak sekali game center yang
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Kegiatan pengabdian masyarakat ini memotivasi siswa memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) c. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menambah ketrampilanKegiatan pengabdian masyarakat ini memotivasi siswa memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) c. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menambah ketrampilan
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Hal ini memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan antusiasme mereka, serta mendorong pemahaman yang lebih baik terhadapHal ini memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan antusiasme mereka, serta mendorong pemahaman yang lebih baik terhadap
UNISLAUNISLA Penyebab utama meliputi kurangnya kepercayaan diri, rasa takut membuat kesalahan, rasa malu, kecemasan, serta motivasi yang rendah. Berdasarkan analisisPenyebab utama meliputi kurangnya kepercayaan diri, rasa takut membuat kesalahan, rasa malu, kecemasan, serta motivasi yang rendah. Berdasarkan analisis
PCIJOURNALPCIJOURNAL Upaya yang telah dilakukan perpustakaan meliputi pengajuan proposal kepada kepala sekolah agar fasilitas dan infrastruktur menjadi memadai, donor bukuUpaya yang telah dilakukan perpustakaan meliputi pengajuan proposal kepada kepala sekolah agar fasilitas dan infrastruktur menjadi memadai, donor buku
UMMUBAUMMUBA Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menulis teks negosiasi sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dibuktikanTerdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menulis teks negosiasi sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dibuktikan
Useful /
UMKUMK Selain itu, hanya Kesesuaian Individu-Organisasi (K-IO) yang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan KesesuaianSelain itu, hanya Kesesuaian Individu-Organisasi (K-IO) yang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan Kesesuaian
UMKUMK Model penelitian mencakup lima asumsi yang diselidiki menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Inovasi produk, keunggulan nilai keunikan produk,Model penelitian mencakup lima asumsi yang diselidiki menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Inovasi produk, keunggulan nilai keunikan produk,
UMMUBAUMMUBA Instrumen penelitian adalah tes menulis dan wawancara. Temuan penunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan nilai yang rendah dalam menulis esai cause and effect.Instrumen penelitian adalah tes menulis dan wawancara. Temuan penunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan nilai yang rendah dalam menulis esai cause and effect.
UMMUBAUMMUBA Data menunjukkan nilai siswa meningkat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik learning cell efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. TeknikData menunjukkan nilai siswa meningkat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik learning cell efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Teknik