UKIPUKIP

Paulus Journal of Accounting (PJA)Paulus Journal of Accounting (PJA)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa sebagai pengguna tentang efektivitas e-learning dengan fitur desain. Penelitian dilakukan terhadap total 295 mahasiswa Universitas Hasanuddin angkatan 2017 hingga angkatan 2020 yang masih aktif belajar daring. Data diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan (PU) berpengaruh positif terhadap efektivitas e-learning, sedangkan persepsi kemudahan (PE) tidak berpengaruh positif terhadap efektivitas e-learning. Pengujian variabel fitur desain dengan tes Sobel menunjukkan bahwa penerimaan teknologi (PU dan PE) berpengaruh positif terhadap efektivitas e-learning. Berdasarkan hal tersebut, Universitas Hasanuddin sebaiknya mempersiapkan pelatihan dan pengenalan sistem yang lebih baik. Perguruan tinggi perlu menggunakan sistem dengan fitur desain yang lebih beragam dan sederhana untuk mewujudkan efektivitas e-learning. Selain itu, e-learning membutuhkan sikap positif dan motivasi pengguna.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan teknologi berdampak positif terhadap efektivitas e-learning, mendukung Teori Tindakan Beralasan (TRA) dan Model Penerimaan Teknologi (TAM).Perguruan tinggi perlu mengintensifkan pelatihan penggunaan sistem e-learning di berbagai platform.Selain itu, dukungan fasilitas yang sesuai, seperti pemberian kuota gratis, diperlukan untuk penerapan e-learning.

Penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan e-learning, mengingat hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas e-learning. Studi kualitatif, seperti wawancara mendalam dengan mahasiswa akuntansi, dapat dilakukan untuk memahami alasan di balik kesulitan mereka dalam menggunakan e-learning. Selain itu, penelitian dapat diperluas dengan membandingkan efektivitas berbagai platform e-learning yang berbeda, serta mengidentifikasi fitur desain spesifik yang paling berpengaruh terhadap pengalaman belajar mahasiswa. Lebih lanjut, studi longitudinal dapat meneliti bagaimana persepsi dan efektivitas e-learning berubah seiring waktu, terutama setelah adanya pelatihan dan peningkatan fasilitas pendukung.

  1. #persepsi mahasiswa akuntansi#persepsi mahasiswa akuntansi
File size343.02 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test