STMIKDHARMAPALARIAUSTMIKDHARMAPALARIAU

Jurnal Ilmu Komputer dan BisnisJurnal Ilmu Komputer dan Bisnis

Pengembangan Teknologi Game Indonesia Untuk Game 2D “Heroes Of Indonesia Menggunakan Unity 2D Engine Berbasis Mobile merupakan game dengan genre Action-Adventure, yang berguna sebagai hiburan serta sarana edukasi pengenalan sejarah kemerdekaan Indonesia kepada para pemainnya yang dirancang untuk smartphone berbasis Android. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan game sejenis. Untuk metode perancangannya dimulai dari tahap Analisis Data, Desain Sistem, Pembuatan Program, Pengujian, Implementasi, dan Evaluasi. Simpulan dari skripsi ini adalah perpaduan antara rintangan dan edukasi berupa kuis dalam game “Heroes Of Indonesia merupakan media yang efektif dan menarik untuk mengenalkan sejarah apa saja yang terjadi dalam tercapainya kemerdekaan Indonesia. Tanggapan dari responden juga terhibur dengan memainkan game “Heroes Of Indonesia.

Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mobile game Heroes Of Indonesia dengan fitur Action-Adventure sederhana dapat dimainkan oleh semua kalangan.Fitur serial, karakter, dan kuis edukatif memberikan gameplay menarik yang disukai semua kalangan.Kombinasi serial, karakter, dan kuis yang beragam dalam tema game tersebut menjadi media efektif untuk edukasi sejarah kemerdekaan Indonesia kepada pengguna.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas Heroes Of Indonesia dalam meningkatkan pemahaman sejarah dengan menggunakan pendekatan pre‑post test pada siswa sekolah menengah. Selain itu, eksperimen yang melibatkan kelompok kontrol dengan jenis game non‑edukatif dapat menilai kontribusi fitur kuis dan narasi sejarah terhadap motivasi belajar. Penelitian lain dapat menambah elemen multiplayer atau kompetisi antar pemain, lalu menganalisis dampaknya pada kesadaran sejarah serta kolaborasi sosial. Studi perbandingan antara platform mobile dan PC juga dapat menilai perbedaan pengalaman pengguna dan keterlibatan emosional. Selanjutnya, pengembangan konten sejarah daerah lain, seperti sejarah Aceh atau Papua, akan memperluas cakupan edukasi dan diverifikasi penerimaannya melalui survey kepuasan dan retensi pengguna. Analisis data log game dan feedback pengguna dapat memberikan insight tentang area yang perlu ditingkatkan, misalnya tingkat kesulitan kuis atau desain karakter. Metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif akan memperkuat validitas temuan. Akhirnya, kerja sama dengan lembaga sejarah dapat menambah keakuratan dan kredibilitas materi yang disajikan di dalam game.

  1. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis | Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis. jurnal ilmu komputer bisnis quick... doi.org/10.47927/jikb.v11i2.12Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis jurnal ilmu komputer bisnis quick doi 10 47927 jikb v11i2 12
  1. #konten sejarah daerah#konten sejarah daerah
  2. #kontribusi fitur#kontribusi fitur
Read online
File size798.78 KB
Pages12
Short Linkhttps://juris.id/p-1nw
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test