STAIM PROBOLINGGOSTAIM PROBOLINGGO

AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahAL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Humor memiliki potensi besar dalam menciptakan pembelajaran yang humanistik dan menyenangkan, terutama dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) di madrasah ibtidaiyah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran humor sebagai strategi pedagogis dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada anak melalui pendekatan etnopedagogi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, dengan menelaah berbagai literatur yang relevan terkait humor dalam pendidikan, pendidikan Islam anak, dan pendekatan budaya lokal dalam pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa humor, baik verbal, nonverbal, maupun berbasis budaya lokal, mampu memperkuat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai akhlak, adab, dan ibadah. Humor juga efektif dalam membangun suasana kelas yang positif, meningkatkan keterlibatan belajar, dan menjembatani penyampaian materi dengan dunia anak. Dalam konteks etnopedagogi, humor menjadi bentuk kearifan lokal yang memperkaya praktik pembelajaran Islam dan memperkuat kedekatan budaya siswa. Namun demikian, penggunaan humor menuntut kepekaan etis dan kemampuan komunikasi guru yang baik. Oleh karena itu, disarankan adanya pelatihan bagi guru PAI dalam penggunaan humor edukatif berbasis budaya. Artikel ini diharapkan menjadi kontribusi konseptual bagi pengembangan pendekatan PAI yang lebih kontekstual, menyentuh sisi afektif, dan berakar pada budaya lokal.

Humor berperan penting dalam pembelajaran PAI di madrasah ibtidaiyah dengan mampu menjembatani nilai-nilai keislaman dan konteks budaya lokal.Penggunaan humor yang sesuai dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman terhadap nilai akhlak serta ibadah.Namun, diperlukan pelatihan guru untuk memastikan penggunaan humor yang etis dan efektif dalam pendidikan Islam.

1. Penelitian lanjutan dapat mengembangkan program pelatihan guru PAI yang fokus pada penggunaan humor berbasis budaya lokal untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. 2. Studi tentang dampak jangka panjang humor dalam pembentukan karakter siswa di madrasah ibtidaiyah perlu dilakukan untuk memvalidasi manfaatnya. 3. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi pengintegrasian humor dengan teknologi digital untuk menciptakan metode pembelajaran PAI yang lebih inovatif dan menarik bagi generasi muda.

  1. Non-Dichotomic Islamic Education: Eclective Study on the Integrative and Multidisciplinary Approach as... doi.org/10.2991/iccd-19.2019.125Non Dichotomic Islamic Education Eclective Study on the Integrative and Multidisciplinary Approach as doi 10 2991 iccd 19 2019 125
  2. PERPUSTAKAAN | STAIMA AL-HIKAM MALANG. perpustakaan staima hikam malang digilib.staima-alhikam.ac.id/index.php/evaluasi/article/view/1214PERPUSTAKAAN STAIMA AL HIKAM MALANG perpustakaan staima hikam malang digilib staima alhikam ac index php evaluasi article view 1214
  1. #pendidikan islam anak#pendidikan islam anak
  2. #ai based drug#ai based drug
Read online
File size251.73 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1ou
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test