STAIM PROBOLINGGOSTAIM PROBOLINGGO
AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahAL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahHumor memiliki potensi besar dalam menciptakan pembelajaran yang humanistik dan menyenangkan, terutama dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) di madrasah ibtidaiyah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran humor sebagai strategi pedagogis dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada anak melalui pendekatan etnopedagogi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, dengan menelaah berbagai literatur yang relevan terkait humor dalam pendidikan, pendidikan Islam anak, dan pendekatan budaya lokal dalam pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa humor, baik verbal, nonverbal, maupun berbasis budaya lokal, mampu memperkuat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai akhlak, adab, dan ibadah. Humor juga efektif dalam membangun suasana kelas yang positif, meningkatkan keterlibatan belajar, dan menjembatani penyampaian materi dengan dunia anak. Dalam konteks etnopedagogi, humor menjadi bentuk kearifan lokal yang memperkaya praktik pembelajaran Islam dan memperkuat kedekatan budaya siswa. Namun demikian, penggunaan humor menuntut kepekaan etis dan kemampuan komunikasi guru yang baik. Oleh karena itu, disarankan adanya pelatihan bagi guru PAI dalam penggunaan humor edukatif berbasis budaya. Artikel ini diharapkan menjadi kontribusi konseptual bagi pengembangan pendekatan PAI yang lebih kontekstual, menyentuh sisi afektif, dan berakar pada budaya lokal.
Humor berperan penting dalam pembelajaran PAI di madrasah ibtidaiyah dengan mampu menjembatani nilai-nilai keislaman dan konteks budaya lokal.Penggunaan humor yang sesuai dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman terhadap nilai akhlak serta ibadah.Namun, diperlukan pelatihan guru untuk memastikan penggunaan humor yang etis dan efektif dalam pendidikan Islam.
1. Penelitian lanjutan dapat mengembangkan program pelatihan guru PAI yang fokus pada penggunaan humor berbasis budaya lokal untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. 2. Studi tentang dampak jangka panjang humor dalam pembentukan karakter siswa di madrasah ibtidaiyah perlu dilakukan untuk memvalidasi manfaatnya. 3. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi pengintegrasian humor dengan teknologi digital untuk menciptakan metode pembelajaran PAI yang lebih inovatif dan menarik bagi generasi muda.
- Non-Dichotomic Islamic Education: Eclective Study on the Integrative and Multidisciplinary Approach as... doi.org/10.2991/iccd-19.2019.125Non Dichotomic Islamic Education Eclective Study on the Integrative and Multidisciplinary Approach as doi 10 2991 iccd 19 2019 125
- PERPUSTAKAAN | STAIMA AL-HIKAM MALANG. perpustakaan staima hikam malang digilib.staima-alhikam.ac.id/index.php/evaluasi/article/view/1214PERPUSTAKAAN STAIMA AL HIKAM MALANG perpustakaan staima hikam malang digilib staima alhikam ac index php evaluasi article view 1214
| File size | 251.73 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-1ou |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan permainan kotak ajaib untuk meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia pada anak. Data penelitianSedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan permainan kotak ajaib untuk meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia pada anak. Data penelitian
STITMAKRIFATULILMISTITMAKRIFATULILMI Untuk melahirkan generasi moderat ini diperlukan pemahaman dan pengembangan pendidikan Islam dengan menggunakan moderasi Islam sebagai paradigma. OlehUntuk melahirkan generasi moderat ini diperlukan pemahaman dan pengembangan pendidikan Islam dengan menggunakan moderasi Islam sebagai paradigma. Oleh
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Antara dua hingga empat persen anak usia sekolah di Indonesia adalah penderita ADHD. Seorang anak dengan ADHD berperilaku berbeda dari anak biasa denganAntara dua hingga empat persen anak usia sekolah di Indonesia adalah penderita ADHD. Seorang anak dengan ADHD berperilaku berbeda dari anak biasa dengan
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Penelitian ini bertujuan untuk memberikan data atau informasi sebagai salah satu acuan teoretis kepada berbagai pihak yang berkompeten dalam penelitianPenelitian ini bertujuan untuk memberikan data atau informasi sebagai salah satu acuan teoretis kepada berbagai pihak yang berkompeten dalam penelitian
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Pada zaman modern saat ini banyak anak yang masih melakukan tindakan yang menyimpang, tindak kekerasan, bersikap tidak sopan santun dan melakukan tindakanPada zaman modern saat ini banyak anak yang masih melakukan tindakan yang menyimpang, tindak kekerasan, bersikap tidak sopan santun dan melakukan tindakan
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara yang mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan 3 wali murid TK ABATeknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara yang mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan 3 wali murid TK ABA
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Untuk teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka,Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Untuk teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka,
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Beberapa anak mengalami kesulitan berbicara karena pengucapan huruf dan kata tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicaraBeberapa anak mengalami kesulitan berbicara karena pengucapan huruf dan kata tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara
Useful /
STAIM PROBOLINGGOSTAIM PROBOLINGGO Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif melalui metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiriPenelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif melalui metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri
STAISAMSTAISAM Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan bahasaHasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan bahasa
STAISAMSTAISAM Model pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif Jigsaw sangat mendukung pembelajaran Kitabah. Hal ini dibuktikan dengan tanggapan siswa terhadapModel pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kooperatif Jigsaw sangat mendukung pembelajaran Kitabah. Hal ini dibuktikan dengan tanggapan siswa terhadap
SHARIAJOURNALS UINJAMBISHARIAJOURNALS UINJAMBI Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian adalah konsep fiqh mawaris. Hasilnya, pembagian warisan kepadaMetode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian adalah konsep fiqh mawaris. Hasilnya, pembagian warisan kepada