1001TUTORIAL1001TUTORIAL

JENTIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan KomunikasiJENTIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Latar belakang penelitian ini menyoroti dampak signifikan pandemi Covid-19 terhadap berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam sektor pendidikan tinggi. Studi ini bertujuan untuk mengkaji efek pandemi Covid-19 terhadap rutinitas akademik mahasiswa universitas dan mengidentifikasi tantangan yang muncul akibat adopsi praktik pembelajaran daring selama periode tersebut. Lebih lanjut, penelitian ini berusaha memberikan solusi dengan merumuskan model konseptual untuk mitigasi dampak negatif tersebut di masa mendatang. Melalui pendekatan metodologi kualitatif dan kuantitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis materi tekstual dan menghasilkan analisis deskriptif yang mendukung temuan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa menghadapi beban kerja yang tidak tertahankan tanpa dukungan yang memadai dari pendidik, serta tantangan terkait literasi komputer yang kurang, ketiadaan akses energi dan internet di rumah, dan kecepatan koneksi internet yang lambat, yang semuanya berdampak negatif pada prestasi akademik mereka. Universitas disarankan untuk memprioritaskan alokasi pelatihan dan sumber daya guna menangani situasi serupa di masa depan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidik perlu dibekali dengan bantuan untuk mengembangkan sumber daya dan materi pembelajaran daring yang interaktif bagi institusi pendidikan tinggi.Penting untuk membangun dan memelihara teknik komunikasi yang efisien dengan manajemen, staf, pendidik, dan mahasiswa untuk memastikan semua pihak terinformasi dan mendapatkan dukungan pelatihan berkelanjutan.Lebih lanjut, studi menyoroti pentingnya adaptasi terhadap pembelajaran daring, termasuk pemanfaatan teknologi dan peningkatan keterampilan digital.Peningkatan ini sangat penting untuk memastikan kelangsungan pendidikan dan mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi.

Berdasarkan analisis terhadap hasil penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penting untuk melakukan studi lebih lanjut tentang efektivitas berbagai model pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa, dengan mempertimbangkan perbedaan karakteristik mahasiswa dan mata kuliah. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan strategi untuk mengatasi kesenjangan digital yang dialami oleh sebagian mahasiswa, misalnya melalui penyediaan akses internet dan pelatihan literasi digital yang terjangkau. Ketiga, perlu dilakukan penelitian tentang dampak psikologis jangka panjang dari pandemi Covid-19 terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan mahasiswa, serta mengembangkan intervensi yang efektif untuk mendukung pemulihan mereka. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di era pasca-pandemi, serta memastikan bahwa semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai potensi akademik mereka.

  1. A Large Sample Comparison of Grade Based Student Learning Outcomes in Online vs. Face-to-Face Courses... doi.org/10.24059/olj.v19i2.454A Large Sample Comparison of Grade Based Student Learning Outcomes in Online vs Face to Face Courses doi 10 24059 olj v19i2 454
  2. Learning, Student Digital Capabilities and Academic Performance over the COVID-19 Pandemic. learning... doi.org/10.3390/educsci11070361Learning Student Digital Capabilities and Academic Performance over the COVID 19 Pandemic learning doi 10 3390 educsci11070361
  3. Impacts of the COVID-19 Pandemic on Life of Higher Education Students: A Global Perspective. impacts... mdpi.com/2071-1050/12/20/8438Impacts of the COVID 19 Pandemic on Life of Higher Education Students A Global Perspective impacts mdpi 2071 1050 12 20 8438
  1. #content based approach#content based approach
Read online
File size366.15 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1ox
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test