UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALMahasiswa sering menghadapi berbagai masalah saat berbicara, seperti kurangnya kosakata dan tata bahasa. Penelitian ini berfokus pada keterampilan berbicara sebagai salah satu dari empat keterampilan dasar pembelajaran bahasa, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis permasalahan berbicara siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Sukodadi, Lamongan. Penelitian ini mengajukan dua pertanyaan utama: (1) apa saja masalah siswa dalam berbicara bahasa Inggris di kelas sebelas SMA Negeri 1 Sukodadi; (2) apa penyebab masalah tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada lima komponen utama berbicara, yaitu kosakata, tata bahasa, pengucapan, pemahaman, dan kelancaran. Penyebab utama meliputi kurangnya kepercayaan diri, rasa takut membuat kesalahan, rasa malu, kecemasan, serta motivasi yang rendah.
Berdasarkan analisis data, masalah utama siswa SMA Negeri 1 Sukodadi dalam berbicara bahasa Inggris meliputi kurangnya pemahaman tentang komponen berbicara, yaitu kosa kata, tata bahasa, pengucapan, pemahaman, dan kelancaran.Penyebab utama masalah tersebut adalah kurangnya kepercayaan diri, ketakutan membuat kesalahan, serta rendahnya motivasi, rasa malu, dan kecemasan.Oleh karena itu, peningkatan kepercayaan diri dan motivasi belajar sangat diperlukan untuk memperbaiki kemampuan berbicara siswa.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penggunaan media digital interaktif, seperti aplikasi pembelajaran berbicara berbasis AI, mempengaruhi peningkatan kosakata dan kelancaran berbicara siswa, sehingga dapat memberikan gambaran tentang efektivitas teknologi dalam mengatasi hambatan bahasa. Selanjutnya, studi longitudinal yang melacak perubahan kepercayaan diri dan motivasi siswa selama satu tahun penuh, dengan intervensi psikologis seperti pelatihan mindfulness, dapat mengidentifikasi faktor-faktor psikologis yang paling berpengaruh terhadap kemampuan berbicara. Terakhir, penelitian kualitatif mendalam mengenai persepsi guru tentang strategi pengajaran yang dapat mengurangi rasa malu dan kecemasan siswa, serta bagaimana praktik reflektif guru dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih suportif.
| File size | 208.45 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
POLNAMPOLNAM Disimpulkan dari model motivasi Keller, bahwa mayoritas siswa dalam perhatian yang baik untuk belajar bahasa Inggris dimediasi oleh video pembelajaranDisimpulkan dari model motivasi Keller, bahwa mayoritas siswa dalam perhatian yang baik untuk belajar bahasa Inggris dimediasi oleh video pembelajaran
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan kewirausahaan agar siswa termotivasi menjadi wirausaha dan memberikanTujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan kewirausahaan agar siswa termotivasi menjadi wirausaha dan memberikan
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Upaya ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pendidikan, akan tetapi juga memperkuat kualitas pendidikan secara keseluruhan yang berkontribusi pada pertumbuhanUpaya ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pendidikan, akan tetapi juga memperkuat kualitas pendidikan secara keseluruhan yang berkontribusi pada pertumbuhan
ARIPIARIPI Siswa laki-laki menunjukkan performa lebih tinggi dengan persentase 81,38% dibandingkan siswa perempuan sebesar 77,14%. Hasil ini konsisten dengan temuanSiswa laki-laki menunjukkan performa lebih tinggi dengan persentase 81,38% dibandingkan siswa perempuan sebesar 77,14%. Hasil ini konsisten dengan temuan
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaanPeningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan
UNDIKSHAUNDIKSHA Media yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahMedia yang dikembangkan adalah flashcard digital. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
UNISLAUNISLA It aims to empower them to understand English vocabulary related to their surroundings. This study focuses on the implication of vocabulary instructionIt aims to empower them to understand English vocabulary related to their surroundings. This study focuses on the implication of vocabulary instruction
UNISLAUNISLA Teks prosedur merupakan teks yang harus dikuasai oleh siswa sekolah menengah atas. Tujuan dari teks ini adalah untuk memberikan petunjuk bagaimana melakukanTeks prosedur merupakan teks yang harus dikuasai oleh siswa sekolah menengah atas. Tujuan dari teks ini adalah untuk memberikan petunjuk bagaimana melakukan
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hal ini menunjukkan bahwa akuisisi belum mampu meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan. Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuanganHal ini menunjukkan bahwa akuisisi belum mampu meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan. Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hubungan positif dan signifikan antara motivasi dan kepuasan guru diperkuat oleh model regresi yang menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan mengarah padaHubungan positif dan signifikan antara motivasi dan kepuasan guru diperkuat oleh model regresi yang menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan mengarah pada
UACUAC Setelah melalui studi mendalam dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa peran dan dukungan guru sangat signifikan selama proses belajar dari rumah, sambilSetelah melalui studi mendalam dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa peran dan dukungan guru sangat signifikan selama proses belajar dari rumah, sambil
UMAUMA Open Data (OD) merupakan data terbuka bagi publik untuk digunakan, digunakan kembali, dan didistribusikan sesuai dengan kepentingannya. Pemerintah KotaOpen Data (OD) merupakan data terbuka bagi publik untuk digunakan, digunakan kembali, dan didistribusikan sesuai dengan kepentingannya. Pemerintah Kota