OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Pemahaman dan penguasaan bahasa Indonesia merupakan aspek penting dalam pengembangan keterampilan akademik dan sosial mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kesulitan yang dihadapi mahasiswa dari berbagai fakultas dalam memahami dan menggunakan bahasa Indonesia. Berbagai aspek bahasa Indonesia menjadi fokus kajian ini, antara lain sistem ejaan, kosakata, tata bahasa, pengucapan kata, pemahaman ungkapan, peribahasa, idiom, bilangan, dan struktur kalimat. Mahasiswa dari berbagai fakultas baik FMIPA, FT, FBS, FIK, FE, dan FIP di Universitas Negeri Medan turut serta dan menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengumpulkan data melalui Google Forms. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam berbagai aspek bahasa Indonesia, dan proporsi kesulitannya cukup besar. Implikasi dari penelitian ini adalah perlu adanya perhatian khusus dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif untuk membantu mahasiswa mengatasi kesulitan berbahasa Indonesia, serta mendukung lingkungan belajar yang kondusif. Dengan meningkatkan pemahaman dan kemampuan berbicara dalam bahasa Indonesia, mahasiswa dapat memperoleh kepercayaan diri dalam berkomunikasi, berpartisipasi aktif dalam kegiatan akademik dan sosial, serta meningkatkan kualitas kemampuan berbahasanya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa dari berbagai fakultas memiliki kesulitan yang berbeda-beda dalam memahami dan menggunakan bahasa Indonesia.Kesulitan berbahasa Indonesia tidak hanya menjadi kendala dalam proses pembelajaran, tetapi juga dalam komunikasi sosial dan profesional di masyarakat.Perlu adanya upaya berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia melalui pengembangan strategi pembelajaran efektif, dukungan instruktur, dan lingkungan belajar yang kondusif.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada pengembangan program pembelajaran berbasis teknologi untuk mengatasi kesulitan sistem ejaan dan tata bahasa yang umum dialami mahasiswa. Selain itu, diperlukan studi perbandingan antar-fakultas untuk memahami bagaimana latar belakang pendidikan atau jurusan memengaruhi pola kesulitan berbahasa. Penelitian juga disarankan mengeksplorasi pengaruh strategi pembelajaran kolaboratif—seperti diskusi kelompok atau interaksi langsung dengan pembicara native—terhadap peningkatan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia secara akademis maupun sosial.

  1. #tata bahasa inggris#tata bahasa inggris
  2. #tata bahasa lokal#tata bahasa lokal
File size255.26 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test