IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Regulasi diri merupakan kemampuan siswa untuk mempertahankan dan mengelola upaya mereka guna mencapai tujuan tertentu, yang secara signifikan memengaruhi motivasi dalam penulisan tesis. Meskipun strategi regulasi motivasi berkorelasi dengan tingkat penyelesaian, terdapat kesenjangan signifikan dalam mengukur perbedaan berdasarkan gender di kalangan mahasiswa sarjana. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan campuran untuk mengungkap strategi regulasi motivasi dari perspektif gender dan bagaimana strategi tersebut digunakan dalam penulisan tesis. Partisipan penelitian ini adalah 30 mahasiswa laki-laki dan 30 mahasiswi perempuan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan kuesioner tertutup tentang strategi regulasi motivasi dan wawancara semi-struktural untuk mengumpulkan data. Temuan pertama menunjukkan bahwa mahasiswa sarjana sadar akan strategi regulasi motivasi, yaitu konsekuensi diri, tujuan penghindaran, tujuan pendekatan, minat situasional, dan strategi lingkungan. Selain itu, temuan kedua mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara mahasiswi dan mahasiswa laki-laki dalam penggunaan strategi regulasi motivasi dengan nilai p < 0,05. Hasil ini menyiratkan bahwa perspektif gender memengaruhi penggunaan strategi regulasi motivasi oleh mahasiswa.
Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sarjana EFL laki-laki dan perempuan menggunakan strategi regulasi motivasi secara berbeda selama penulisan tesis, dengan mahasiswa laki-laki melaporkan penggunaan yang lebih sering daripada mahasiswi.Meskipun kedua gender menggunakan strategi seperti pengaturan lingkungan dan konsekuensi diri, terdapat perbedaan signifikan dalam pemanfaatan tujuan penghindaran dan minat situasional, yang menandakan pengaruh gender terhadap regulasi motivasi dalam tugas akademik yang panjang dan menantang.Oleh karena itu, pendidik dan pembimbing disarankan untuk mengakui perbedaan gender ini guna mengembangkan dukungan yang disesuaikan, meskipun hasil penelitian terbatas pada sampel dari satu universitas di Indonesia dan lima strategi saja, sehingga penelitian lanjutan diperlukan untuk konteks yang lebih luas.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana strategi regulasi motivasi yang lebih luas, seperti pengelolaan waktu dan dukungan sosial, memengaruhi penyelesaian tesis di kalangan mahasiswa EFL dari berbagai universitas di Indonesia, untuk memahami apakah perbedaan gender tetap konsisten di luar konteks Sanata Dharma. Selain itu, studi berikutnya bisa menginvestigasi pengaruh faktor budaya lokal terhadap strategi regulasi motivasi berdasarkan gender, misalnya dengan membandingkan mahasiswa dari daerah pedesaan dan perkotaan, guna mengembangkan intervensi yang lebih inklusif. Akhirnya, penelitian baru dapat meneliti integrasi strategi regulasi motivasi dengan teknologi digital, seperti aplikasi pengingat atau platform kolaboratif, untuk melihat apakah hal ini dapat mengurangi kesenjangan gender dalam motivasi penulisan tesis, berdasarkan keterbatasan penelitian saat ini yang hanya fokus pada lima strategi dasar.
- Frontiers | The Importance of Autonomous, Self-Regulated Learning in Primary Initial Teacher Training.... doi.org/10.3389/feduc.2019.00102Frontiers The Importance of Autonomous Self Regulated Learning in Primary Initial Teacher Training doi 10 3389 feduc 2019 00102
- LANGUAGE ATTITUDES OF INDONESIANS AS EFL LEARNERS, GENDER, AND SOCIO-ECONOMIC STATUS | Paradewari | LLT... e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT/article/view/1051/pdfLANGUAGE ATTITUDES OF INDONESIANS AS EFL LEARNERS GENDER AND SOCIO ECONOMIC STATUS Paradewari LLT e journal usd ac index php LLT article view 1051 pdf
- MOTIVATIONAL FACTORS IN THE INDONESIAN EFL WRITING CLASSROOM | Gai mali | Jurnal Pendidikan Bahasa dan... ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/view/794MOTIVATIONAL FACTORS IN THE INDONESIAN EFL WRITING CLASSROOM Gai mali Jurnal Pendidikan Bahasa dan ejournal upi edu index php BS JPBSP article view 794
| File size | 398.58 KB |
| Pages | 29 |
| Short Link | https://juris.id/p-k9 |
| DMCA | Report |
Related /
EDUPARTNEREDUPARTNER Penggunaannya harus seimbang agar tidak mengurangi eksposur terhadap Bahasa Inggris atau membebani kognisi mahasiswa. Studi ini menyarankan pendekatanPenggunaannya harus seimbang agar tidak mengurangi eksposur terhadap Bahasa Inggris atau membebani kognisi mahasiswa. Studi ini menyarankan pendekatan
TEFLINTEFLIN Artikel ini berfokus pada persiapan guru bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam program TESOL yang ditawarkan di Australia. Secara khusus, artikel iniArtikel ini berfokus pada persiapan guru bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam program TESOL yang ditawarkan di Australia. Secara khusus, artikel ini
UNISLAUNISLA Penelitian ini menunjukkan berbagai manfaat *extensive viewing* bagi mahasiswa EFL, baik secara linguistik maupun non-linguistik. Secara linguistik, *extensivePenelitian ini menunjukkan berbagai manfaat *extensive viewing* bagi mahasiswa EFL, baik secara linguistik maupun non-linguistik. Secara linguistik, *extensive
POLIMEDIAPOLIMEDIA Dengan kata lain pelatihan ini adalah proses untuk membantu peserta agar dapat belajar dengan baik. Sedangkan English for Hospitality adalah bahasa InggrisDengan kata lain pelatihan ini adalah proses untuk membantu peserta agar dapat belajar dengan baik. Sedangkan English for Hospitality adalah bahasa Inggris
POLTEKHARBERPOLTEKHARBER Selain itu, penggunaan media pembelajaran sains masih kurang diterapkan dalam pembelajaran dan mengingat pentingnya meningkatkan kemampuan Bahasa InggrisSelain itu, penggunaan media pembelajaran sains masih kurang diterapkan dalam pembelajaran dan mengingat pentingnya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris
UMMUBAUMMUBA Temuan penunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan nilai yang rendah dalam menulis esai cause and effect. Temuan ini menunjukkan 16 orang mahasiswa (88,89%)Temuan penunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan nilai yang rendah dalam menulis esai cause and effect. Temuan ini menunjukkan 16 orang mahasiswa (88,89%)
UMMUBAUMMUBA Kemampuan listening dan reading merupakan kegiatan dekode yang diproses dalam otak. Kegiatan listening dan reading melibatkan hemisfer kiri dan hemisferKemampuan listening dan reading merupakan kegiatan dekode yang diproses dalam otak. Kegiatan listening dan reading melibatkan hemisfer kiri dan hemisfer
UNSIQUNSIQ Bahkan untuk menerjemahkan satu kalimat seseorang dapat memakai beberapa metode. Pemakaian sebuah metode seringkali mempengaruhi makna yang ada dalam bahasaBahkan untuk menerjemahkan satu kalimat seseorang dapat memakai beberapa metode. Pemakaian sebuah metode seringkali mempengaruhi makna yang ada dalam bahasa
Useful /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Strategi sosial-afektif dan fluency-specific lebih umum di kalangan mahasiswa dengan kecemasan tinggi, sementara strategi penyederhanaan pesan lebih populerStrategi sosial-afektif dan fluency-specific lebih umum di kalangan mahasiswa dengan kecemasan tinggi, sementara strategi penyederhanaan pesan lebih populer
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Qualitative results showed students with high and medium anxiety experienced anxiety due to language competence (vocabulary, grammar), negative experiences,Qualitative results showed students with high and medium anxiety experienced anxiety due to language competence (vocabulary, grammar), negative experiences,
UGMUGM Lebih lanjut, temuan ini menyarankan bahwa jenis-jenis ukuran kinerja yang berbeda memengaruhi besar hubungan antara orientasi pasar dan kinerja.orientasiLebih lanjut, temuan ini menyarankan bahwa jenis-jenis ukuran kinerja yang berbeda memengaruhi besar hubungan antara orientasi pasar dan kinerja.orientasi
UGMUGM Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang beragam untuk memahami perilaku konsumen secara menyeluruh. Paradigma positivistik, dengan penekanannya padaOleh karena itu, diperlukan pendekatan yang beragam untuk memahami perilaku konsumen secara menyeluruh. Paradigma positivistik, dengan penekanannya pada