IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Perkembangan pesat Kecerdasan Buatan (AI) membuka peluang baru untuk meningkatkan perancangan kurikulum Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Meskipun AI telah banyak diteliti di lingkungan sumber daya tinggi, masih minim studi tentang penerapannya di daerah dengan infrastruktur dan pelatihan terbatas, seperti Sulawesi Selatan, Indonesia. Penelitian ini meneliti kesadaran pemangku kepentingan terhadap AI, pandangan mereka tentang kelebihan dan hambatan, serta potensi AI dalam pembuatan kurikulum ELT. Metode campuran data dikumpulkan dari 178 responden (100 siswa, 60 guru, 18 administrator) melalui kuesioner terstruktur dan wawancara semi‑struktur. Hasil menunjukkan kesadaran AI yang moderat, di mana pengenalan manfaat AI berdampak positif terhadap persepsi. Penelitian menyoroti kebutuhan pengembangan profesional, alokasi sumber daya strategis, serta integrasi kompetensi AI dalam kerangka kurikulum nasional.
Penggunaan AI dalam pembuatan kurikulum ELT di sekolah menengah Sulawesi Selatan dibuktikan memiliki manfaat berupa pembelajaran yang dipersonalisasi, umpan balik cepat, dan bantuan instruksional adaptif.Namun, pelaksanaan AI masih terbatas akibat kurangnya pelatihan guru dan sarana teknologi yang memadai.Untuk memaksimalkan potensi AI, perlu diarahkan pengembangan profesional, investasi infrastruktur, dan revisi kurikulum nasional agar memasukkan kompetensi AI secara eksplisit.
Pertama, dilakukan penelitian longitudinal selama tiga tahun meneliti pengaruh penggunaan AI pada peningkatan kompetensi bahasa Inggris siswa, dengan membandingkan skor ujian nasional sebelum dan sesudah intervensi. Kedua, uji eksperimen terhadap aplikasi pembelajaran berbasis AI—seperti asisten menulis adaptif atau platform penguatan kosakata—dapat mengukur dampaknya pada kemampuan berbicara dan menulis, sehingga memberikan data evidence‑based untuk pemilihan alat. Ketiga, perbandingan lintas wilayah, antara Sulawesi Selatan dan provinsi sebanding yang memiliki kondisi sosio‑ekonomi serupa, akan memberikan wawasan mengenai hambatan kontekstual yang bersifat umum dan solusi yang dapat disebarkan secara regional. Dengan demikian, kajian ini tidak hanya memperluas pengetahuan kuantitatif tentang AI, tetapi juga menaruh dasar bagi kebijakan integrasi teknologi edukasi di tingkat nasional. Mentah, pengumpulan data mahasiswa tingkat akhir dan pengembang perangkat lunak AI lokal juga dapat memperkaya hasil, sehingga menciptakan kerangka penelitian holistik yang dapat diaplikasikan di pendidikan menengah bahasa Inggris nasional. Dengan kombinasi meletakkan penekanan pada pelatihan guru, penyediaan infrastruktur, serta evaluasi berkala, penelitian lanjutan dapat menghasilkan rekomendasi praktis bagi sekolah menengah di seluruh Indonesia.
- Incorporating an ICT-Competency Framework and Problem-Solving Skills. competency framework problem solving... cgscholar.com/bookstore/works/incorporating-an-ictcompetency-framework-and-problemsolving-skillsIncorporating an ICT Competency Framework and Problem Solving Skills competency framework problem solving cgscholar bookstore works incorporating an ictcompetency framework and problemsolving skills
- Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... doi.org/10.1108/JSIT-10-2024-0377Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content doi 10 1108 JSIT 10 2024 0377
- A comprehensive exploration of artificial intelligence competence frameworks for educators: A critical... doi.org/10.1111/ejed.12663A comprehensive exploration of artificial intelligence competence frameworks for educators A critical doi 10 1111 ejed 12663
- Full article: How challenging? Barriers for teachers in institutional implementation of blended learning.... tandfonline.com/doi/full/10.1080/02680513.2024.2342922Full article How challenging Barriers for teachers in institutional implementation of blended learning tandfonline doi full 10 1080 02680513 2024 2342922
| File size | 896.3 KB |
| Pages | 38 |
| DMCA | Report |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Partisipannya adalah lima guru dari berbagai subdistrik di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Mereka dipilih secara purposif dan secara sukarela berpartisipasiPartisipannya adalah lima guru dari berbagai subdistrik di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Mereka dipilih secara purposif dan secara sukarela berpartisipasi
UNYUNY Untuk mengatasi kekurangan bahasa tersebut, semua guru, terutama yang terlibat dalam penelitian akademik, disarankan untuk mengikuti kursus bahasa InggrisUntuk mengatasi kekurangan bahasa tersebut, semua guru, terutama yang terlibat dalam penelitian akademik, disarankan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris
UNMUNM Karena bahasa sangat terkait dengan identitas dan perkembangan, praktik pengajaran yang mencerminkan budaya dan memanfaatkan inovasi mempromosikan inklusivitas,Karena bahasa sangat terkait dengan identitas dan perkembangan, praktik pengajaran yang mencerminkan budaya dan memanfaatkan inovasi mempromosikan inklusivitas,
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini memanfaatkan kuesioner tertutup tentang strategi regulasi motivasi dan wawancara semi-struktural untuk mengumpulkan data. Temuan pertamaPenelitian ini memanfaatkan kuesioner tertutup tentang strategi regulasi motivasi dan wawancara semi-struktural untuk mengumpulkan data. Temuan pertama
POLIMEDIAPOLIMEDIA Kegiatan pengabdian masyarakat dengan pembelajaran bahasa Jepang berbasis AI telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan bahasa JepangKegiatan pengabdian masyarakat dengan pembelajaran bahasa Jepang berbasis AI telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Jepang
UNISLAUNISLA Metode kualitatif digunakan, dengan data dari 20 mahasiswa semester enam (tahun akademik 2023/2024) yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, survei,Metode kualitatif digunakan, dengan data dari 20 mahasiswa semester enam (tahun akademik 2023/2024) yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, survei,
OJSOJS Dengan mengintegrasikan pola-pola tersebut dalam proses pembelajaran, pendidik dapat memperkuat kemampuan bahasa siswa serta menghasilkan komunikasi yangDengan mengintegrasikan pola-pola tersebut dalam proses pembelajaran, pendidik dapat memperkuat kemampuan bahasa siswa serta menghasilkan komunikasi yang
UNISLAUNISLA Origami adalah media yang baik dalam belajar teks prosedur secara lisan karena dapat memberikan kesenangan dan relaksasi serta memecah aktivitas kelasOrigami adalah media yang baik dalam belajar teks prosedur secara lisan karena dapat memberikan kesenangan dan relaksasi serta memecah aktivitas kelas
Useful /
UNMUNM Penelitian ini menganalisis persepsi mahasiswa tentang kelas terbalik. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dan dilakukan di UniversitasPenelitian ini menganalisis persepsi mahasiswa tentang kelas terbalik. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dan dilakukan di Universitas
UNISLAUNISLA Penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kebingungan, kurang motivasi, dan partisipasi rendah dalam proses pembelajaran mendengarkan, sehingga memerlukanPenelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kebingungan, kurang motivasi, dan partisipasi rendah dalam proses pembelajaran mendengarkan, sehingga memerlukan
UNISLAUNISLA Penelitian ini juga menyarankan bahwa penggunaan TTR sebagai penilaian diri dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis siswa introvert. Selain itu,Penelitian ini juga menyarankan bahwa penggunaan TTR sebagai penilaian diri dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis siswa introvert. Selain itu,
STIKESNHSTIKESNH Diharapkan bagi petugas kesehatan di Puskesmas Dum Distrik Sorong Kepulauan Kota Sorong agar lebih meningkatkan pelayanan terkait antenatal care. TerdapatDiharapkan bagi petugas kesehatan di Puskesmas Dum Distrik Sorong Kepulauan Kota Sorong agar lebih meningkatkan pelayanan terkait antenatal care. Terdapat