UMMUBAUMMUBA
Jurnal Muara PendidikanJurnal Muara PendidikanPenelitian ini menganalisis peran fungsi hemisfer otak terhadap permasalahan pemerolehan bahasa khususnya bahasa Inggris. Proses pemerolehan bahasa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dianalisis bertujuan untuk mempermudah pengajaran bahasa asing. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif qualitative. Sumber datanya adalah mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan padan referential dan padan pragmatik. Metode penyajian data menggunakan metode informal. Ditinjau dari aspek neurolinguistik, ada dua proses berbahasa di otak. Pertama, adalah proses berbahasa produktif (enkode). Kemampuan listening dan reading merupakan kegiatan dekode yang diproses dalam otak. Kegiatan listening dan reading melibatkan hemisfer kiri dan hemisfer kanan, selain itu juga melibatkan lobus parietal, dan lobus temporal. Sedangkan proses encode merupakan proses berbahasa di dalam otak yang bersifat produktif. Kemampuan berbahasa yang memiliki sifat produktif adalah speaking dan writing. Proses speaking dan writing di otak melibatkan hemisfer kiri dan hemisfer kanan, serta lobus frontal.
Kemampuan pemerolehan bahasa Inggris mahasiswa angkatan I dalam bidang listening dan reading tergolong kurang, hal ini tidak terlepas dari kurangnya kepercayaan diri dan keterbatasan kosakata.Mahasiswa angkatan II Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan listening dan reading yang baik, walaupun memiliki keterbatasan kosakata namun motivasi belajarnya bagus.Secara neurologi, jika fungsi kerja otak, proses reseptif berbahasa (dekode) dan proses berbahasa produktif (encode) yang terjadi di otak kurang optimal, mengakibatkan proses pemerolehan bahasa terkendala.
Berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya studi lebih lanjut mengenai pengaruh metode pengajaran yang spesifik terhadap aktivasi hemisfer otak dalam proses pemerolehan bahasa Inggris. Penelitian ini dapat difokuskan pada perbandingan efektivitas metode pengajaran yang menekankan pada aktivitas hemisfer kiri (seperti latihan tata bahasa) dengan metode yang lebih menekankan pada aktivitas hemisfer kanan (seperti penggunaan musik atau visualisasi). Selain itu, penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa mengatasi keterbatasan kosakata dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris. Strategi ini dapat berupa pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa yang personalisasi, atau pelatihan keterampilan berbicara di depan umum. Terakhir, penelitian dapat dilakukan untuk mengeksplorasi hubungan antara gaya belajar mahasiswa (visual, auditori, kinestetik) dengan preferensi mereka terhadap metode pengajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan fungsi hemisfer otak mereka, sehingga dapat dirancang pembelajaran yang lebih efektif dan personal.
| File size | 118.36 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
POLNAMPOLNAM Video pembelajaran bahasa Inggris yang dibuat dengan melibatkan siswa sebagai pemeran didalamnya, diharapkan dapat menumbuhkan motivasi mereka dalam belajarVideo pembelajaran bahasa Inggris yang dibuat dengan melibatkan siswa sebagai pemeran didalamnya, diharapkan dapat menumbuhkan motivasi mereka dalam belajar
POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT Kesadaran budaya mendorong penghargaan terhadap budaya lain sebagaimana kita menghargai budaya sendiri. Artikel ini ditulis menggunakan desain penelitianKesadaran budaya mendorong penghargaan terhadap budaya lain sebagaimana kita menghargai budaya sendiri. Artikel ini ditulis menggunakan desain penelitian
TEFLINTEFLIN Secara khusus, artikel ini mengeksplorasi perkembangan belajar mahasiswa calon guru dalam mempelajari cara mengajar pedagogi pengucapan bahasa InggrisSecara khusus, artikel ini mengeksplorasi perkembangan belajar mahasiswa calon guru dalam mempelajari cara mengajar pedagogi pengucapan bahasa Inggris
POLIMEDIAPOLIMEDIA Pelatihan adalah sebuah proses untuk meningkatkan kompetensi para pekerja. Dengan kata lain pelatihan ini adalah proses untuk membantu peserta agar dapatPelatihan adalah sebuah proses untuk meningkatkan kompetensi para pekerja. Dengan kata lain pelatihan ini adalah proses untuk membantu peserta agar dapat
STAISAMSTAISAM Begitu juga dengan menurunnya akhlak anak ditimbulkan karena beberapa faktor, di antaranya: 1) Sistem pendidikan yang ada kurang fokus dalam membentukBegitu juga dengan menurunnya akhlak anak ditimbulkan karena beberapa faktor, di antaranya: 1) Sistem pendidikan yang ada kurang fokus dalam membentuk
ELTAORGANIZATIONELTAORGANIZATION Diskusi mencakup tinjauan mengenai kosakata, permainan, alat ICT di ruang kelas EFL, dan penggunaan permainan edukatif dari Android (App Inventor) yangDiskusi mencakup tinjauan mengenai kosakata, permainan, alat ICT di ruang kelas EFL, dan penggunaan permainan edukatif dari Android (App Inventor) yang
UNISLAUNISLA Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan gangguan bahasa pada autisme dalam film Life, Animated. Anak autis dalam film ini adalah putra kedua dariTujuan penelitian ini adalah untuk menemukan gangguan bahasa pada autisme dalam film Life, Animated. Anak autis dalam film ini adalah putra kedua dari
IDEBAHASAIDEBAHASA Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Newsela membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca. Penelitian ini bertujuan menemukan bahwa Newsela membantuHasil penelitian ini menunjukkan bahwa Newsela membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca. Penelitian ini bertujuan menemukan bahwa Newsela membantu
Useful /
POLNAMPOLNAM Hal ini dapat mendorong sikap ingin tahu mereka ketika belum bisa menyelesaikan suatu game dan cenderung tertarik untuk selalu mencoba game tersebut. SifatHal ini dapat mendorong sikap ingin tahu mereka ketika belum bisa menyelesaikan suatu game dan cenderung tertarik untuk selalu mencoba game tersebut. Sifat
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Five informants through purposive sampling were chosen, and we employed a descriptive qualitative method, drawing on the frameworks of Gumperz and Hoffmann.Five informants through purposive sampling were chosen, and we employed a descriptive qualitative method, drawing on the frameworks of Gumperz and Hoffmann.
STAIMUNSTAIMUN Oleh karena itu, kebijakan pendidikan harus menitikberatkan pada upaya memperbaiki kompensasi, fasilitas, teknologi dan kepemimpinan partisipatif gunaOleh karena itu, kebijakan pendidikan harus menitikberatkan pada upaya memperbaiki kompensasi, fasilitas, teknologi dan kepemimpinan partisipatif guna
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Namun, bias publikasi dalam banyak studi mengharuskan interpretasi yang hati-hati. Hubungan antara tingkat pendidikan dan kepuasan pasien tidak konsistenNamun, bias publikasi dalam banyak studi mengharuskan interpretasi yang hati-hati. Hubungan antara tingkat pendidikan dan kepuasan pasien tidak konsisten