UMMUBAUMMUBA

Jurnal Muara PendidikanJurnal Muara Pendidikan

Penelitian ini menganalisis peran fungsi hemisfer otak terhadap permasalahan pemerolehan bahasa khususnya bahasa Inggris. Proses pemerolehan bahasa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dianalisis bertujuan untuk mempermudah pengajaran bahasa asing. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif qualitative. Sumber datanya adalah mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan padan referential dan padan pragmatik. Metode penyajian data menggunakan metode informal. Ditinjau dari aspek neurolinguistik, ada dua proses berbahasa di otak. Pertama, adalah proses berbahasa produktif (enkode). Kemampuan listening dan reading merupakan kegiatan dekode yang diproses dalam otak. Kegiatan listening dan reading melibatkan hemisfer kiri dan hemisfer kanan, selain itu juga melibatkan lobus parietal, dan lobus temporal. Sedangkan proses encode merupakan proses berbahasa di dalam otak yang bersifat produktif. Kemampuan berbahasa yang memiliki sifat produktif adalah speaking dan writing. Proses speaking dan writing di otak melibatkan hemisfer kiri dan hemisfer kanan, serta lobus frontal.

Kemampuan pemerolehan bahasa Inggris mahasiswa angkatan I dalam bidang listening dan reading tergolong kurang, hal ini tidak terlepas dari kurangnya kepercayaan diri dan keterbatasan kosakata.Mahasiswa angkatan II Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan listening dan reading yang baik, walaupun memiliki keterbatasan kosakata namun motivasi belajarnya bagus.Secara neurologi, jika fungsi kerja otak, proses reseptif berbahasa (dekode) dan proses berbahasa produktif (encode) yang terjadi di otak kurang optimal, mengakibatkan proses pemerolehan bahasa terkendala.

Berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya studi lebih lanjut mengenai pengaruh metode pengajaran yang spesifik terhadap aktivasi hemisfer otak dalam proses pemerolehan bahasa Inggris. Penelitian ini dapat difokuskan pada perbandingan efektivitas metode pengajaran yang menekankan pada aktivitas hemisfer kiri (seperti latihan tata bahasa) dengan metode yang lebih menekankan pada aktivitas hemisfer kanan (seperti penggunaan musik atau visualisasi). Selain itu, penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa mengatasi keterbatasan kosakata dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris. Strategi ini dapat berupa pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa yang personalisasi, atau pelatihan keterampilan berbicara di depan umum. Terakhir, penelitian dapat dilakukan untuk mengeksplorasi hubungan antara gaya belajar mahasiswa (visual, auditori, kinestetik) dengan preferensi mereka terhadap metode pengajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan fungsi hemisfer otak mereka, sehingga dapat dirancang pembelajaran yang lebih efektif dan personal.

  1. #buku pelajaran bahasa inggris#buku pelajaran bahasa inggris
  2. #pembelajaran bahasa jawa#pembelajaran bahasa jawa
Read online
File size118.36 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test