UNHASUNHAS
Hasanuddin Law ReviewHasanuddin Law ReviewKejahatan pengayaan tidak sah telah diterima luas sebagai mekanisme yang berguna untuk menekan korupsi, baik dalam instrumen anti-korupsi internasional maupun regional. Tujuan utama artikel ini adalah untuk membandingkan rasionalitas dan kesesuaian hukuman yang diberlakukan atas kejahatan pengayaan tidak sah dalam Proklamasi Kejahatan Korupsi Ethiopia dibandingkan dengan sistem hukum Hong Kong dan Rwanda, guna menarik pelajaran terbaik dan arah ke depan untuk mengatasi masalah yang teridentifikasi. Artikel ini menemukan bahwa Proklamasi Kejahatan Korupsi Ethiopia gagal menetapkan batas hukuman minimum dan justru menerapkan hukuman berat berupa hukuman penjara dan denda yang tidak memberikan pesan bermakna kepada calon pelaku. Akibatnya, hukuman yang ditetapkan memungkinkan pelaku kejahatan untuk mendapat hukuman yang lebih ringan, yang bertentangan dengan tujuan hukum pidana dan prinsip-prinsip pemidanaan utama, serta merusak kepercayaan publik terhadap sistem peradilan. Oleh karena itu, Ethiopia perlu belajar dari pengalaman Hong Kong dan Rwanda dalam mengintegrasikan hukuman berat dan menetapkan batas minimum hukuman untuk kejahatan pengayaan tidak sah agar dapat menyampaikan pesan bermakna kepada calon pelaku.
Kejahatan pengayaan tidak sah telah diterima luas sebagai mekanisme yang berguna untuk menekan korupsi, baik dalam instrumen anti-korupsi internasional maupun regional.Tujuan utama artikel ini adalah untuk membandingkan rasionalitas dan kesesuaian hukuman yang diberlakukan atas kejahatan pengayaan tidak sah dalam Proklamasi Kejahatan Korupsi Ethiopia dibandingkan dengan sistem hukum Hong Kong dan Rwanda, guna menarik pelajaran terbaik dan arah ke depan untuk mengatasi masalah yang teridentifikasi.Artikel ini menemukan bahwa Proklamasi Kejahatan Korupsi Ethiopia gagal menetapkan batas hukuman minimum dan justru menerapkan hukuman berat berupa hukuman penjara dan denda yang tidak memberikan pesan bermakna kepada calon pelaku.Akibatnya, hukuman yang ditetapkan memungkinkan pelaku kejahatan untuk mendapat hukuman yang lebih ringan, yang bertentangan dengan tujuan hukum pidana dan prinsip-prinsip pemidanaan utama, serta merusak kepercayaan publik terhadap sistem peradilan.Oleh karena itu, Ethiopia perlu belajar dari pengalaman Hong Kong dan Rwanda dalam mengintegrasikan hukuman berat dan menetapkan batas minimum hukuman untuk kejahatan pengayaan tidak sah agar dapat menyampaikan pesan bermakna kepada calon pelaku.Proklamasi Kejahatan Korupsi Ethiopia gagal menetapkan batas minimum hukuman untuk kejahatan pengayaan tidak sah, sehingga memberikan keleluasaan hakim yang berpotensi disalahgunakan dan melemahkan efek jera hukuman.Penelitian lanjutan dapat mengkaji seberapa besar pengaruh peningkatan batas minimum hukuman terhadap perilaku pejabat publik di Ethiopia, misalnya dengan menganalisis perubahan pola akumulasi kekayaan sebelum dan sesudah reformasi hukuman.Selain itu, perlu diteliti apakah penerapan hukuman wajib minimum yang sejajar dengan Hong Kong dan Rwanda secara signifikan meningkatkan kepercayaan publik terhadap sistem peradilan, dengan mengukur tingkat kepercayaan masyarakat sebelum dan setelah perubahan hukum melalui survei terstruktur.Terakhir, penelitian ini juga bisa mengembangkan model prediksi yang membandingkan efektivitas hukuman berbasis minimum tetap versus hukuman diskresioner dalam konteks Ethiopia, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat pendapatan pejabat, nilai aset yang diakumulasi, dan durasi pelayanan publik, untuk memastikan bahwa hukuman yang diusulkan tidak hanya keras, tetapi juga proporsional, konsisten, dan dapat diprediksi secara hukum.Ethiopia perlu merevisi ketentuan hukuman dalam Proklamasi Kejahatan Korupsi dengan mengadopsi batas minimum hukuman yang berat, sebagaimana diterapkan di Hong Kong dan Rwanda, agar hukuman dapat menyampaikan pesan bermakna dan efektif mencegah kejahatan korupsi.Rethinking the Penalty of Illicit Enrichment Crime in Ethiopia.Kejahatan pengayaan tidak sah telah diterima luas sebagai mekanisme yang berguna untuk menekan korupsi, baik dalam instrumen anti-korupsi internasional maupun regional.Tujuan utama artikel ini adalah untuk membandingkan rasionalitas dan kesesuaian hukuman yang diberlakukan atas kejahatan pengayaan tidak sah dalam Proklamasi Kejahatan Korupsi Ethiopia dibandingkan dengan sistem hukum Hong Kong dan Rwanda, guna menarik pelajaran terbaik dan arah ke depan untuk mengatasi masalah yang teridentifikasi.Artikel ini menemukan bahwa Proklamasi Kejahatan Korupsi Ethiopia gagal menetapkan batas hukuman minimum dan justru menerapkan hukuman berat berupa hukuman penjara dan denda yang tidak memberikan pesan bermakna kepada calon pelaku.Akibatnya, hukuman yang ditetapkan memungkinkan pelaku kejahatan untuk mendapat hukuman yang lebih ringan, yang bertentangan dengan tujuan hukum pidana dan prinsip-prinsip pemidanaan utama, serta merusak kepercayaan publik terhadap sistem peradilan.Oleh karena itu, Ethiopia perlu belajar dari pengalaman Hong Kong dan Rwanda dalam mengintegrasikan hukuman berat dan menetapkan batas minimum hukuman untuk kejahatan pengayaan tidak sah agar dapat menyampaikan pesan bermakna kepada calon pelaku.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji seberapa besar pengaruh peningkatan batas minimum hukuman terhadap perilaku pejabat publik di Ethiopia, misalnya dengan menganalisis perubahan pola akumulasi kekayaan sebelum dan sesudah reformasi hukuman. Selain itu, perlu diteliti apakah penerapan hukuman wajib minimum yang sejajar dengan Hong Kong dan Rwanda secara signifikan meningkatkan kepercayaan publik terhadap sistem peradilan, dengan mengukur tingkat kepercayaan masyarakat sebelum dan setelah perubahan hukum melalui survei terstruktur. Terakhir, penelitian ini juga bisa mengembangkan model prediksi yang membandingkan efektivitas hukuman berbasis minimum tetap versus hukuman diskresioner dalam konteks Ethiopia, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat pendapatan pejabat, nilai aset yang diakumulasi, dan durasi pelayanan publik, untuk memastikan bahwa hukuman yang diusulkan tidak hanya keras, tetapi juga proporsional, konsisten, dan dapat diprediksi secara hukum.
| File size | 481.85 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNHASUNHAS Penelitian menuntut harmonisasi kebijakan dan penyusunan aturan yang menanamkan prinsip ekonomi sirkular ke dalam kewajiban CSR, sehingga mempercepat transisiPenelitian menuntut harmonisasi kebijakan dan penyusunan aturan yang menanamkan prinsip ekonomi sirkular ke dalam kewajiban CSR, sehingga mempercepat transisi
UNHASUNHAS Perkembangan internasional, khususnya dari Prancis dan Australia, menunjukkan pentingnya mengintegrasikan privasi digital dalam tanggung jawab orang tuaPerkembangan internasional, khususnya dari Prancis dan Australia, menunjukkan pentingnya mengintegrasikan privasi digital dalam tanggung jawab orang tua
UNHASUNHAS Imunitas tidak hanya melindungi troika tetapi juga pejabat lain yang terlibat dalam fungsi berdaulat bagi negara masing-masing, kecuali atas pencapaianImunitas tidak hanya melindungi troika tetapi juga pejabat lain yang terlibat dalam fungsi berdaulat bagi negara masing-masing, kecuali atas pencapaian
UNHASUNHAS Kedua kertas kerja menekankan perlunya menyamakan pengertian properti dengan pengelompokan sampah yang terdaftar dan merumuskan istilah culpa sebagai penyimpanganKedua kertas kerja menekankan perlunya menyamakan pengertian properti dengan pengelompokan sampah yang terdaftar dan merumuskan istilah culpa sebagai penyimpangan
Useful /
IAINPTKIAINPTK Kedua sistem normatif ini beroperasi paralel tanpa asimilasi total, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk menilai apakah norma adat menjadi standarKedua sistem normatif ini beroperasi paralel tanpa asimilasi total, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk menilai apakah norma adat menjadi standar
UNHASUNHAS PT XYZ berhasil menerapkan teknologi ramah lingkungan dan mengurangi konsumsi energi 18% serta air limbah 25%. Kendala utama adalah modal besar dan keterampilanPT XYZ berhasil menerapkan teknologi ramah lingkungan dan mengurangi konsumsi energi 18% serta air limbah 25%. Kendala utama adalah modal besar dan keterampilan
UPIUPI Proses pembuatan soal TOEFL secara konvensional memakan waktu yang besar, sehingga teknologi komputer dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan tersebut.Proses pembuatan soal TOEFL secara konvensional memakan waktu yang besar, sehingga teknologi komputer dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan tersebut.
UPIUPI Menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, sampel berjumlah 60 siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Kota BaruMenggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, sampel berjumlah 60 siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Kota Baru