UAJYUAJY

Prosiding Seminar Nasional KONSTELASIProsiding Seminar Nasional KONSTELASI

Canva adalah aplikasi desain grafis berbasis daring yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Penggunaan Canva dapat membantu dan melatih siswa untuk membuat berbagai macam desain grafis dengan baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan, yang belum mengenal fitur Canva secara keseluruhan bagi siswa kelas 5. Oleh karena itu, upaya peningkatan pemahaman kepada siswa dilakukan dengan cara membuat desain jadwal kelas menggunakan media Canva. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menyelenggarakan pelatihan tersebut, dengan menyajikan materi tentang fitur Canva melalui modul pembelajaran dan pengajaran langsung. Metode yang digunakan meliputi perencanaan melalui survei ke Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan, persiapan dengan penyusunan modul dan persiapan kebutuhan, pelaksanaan pengabdian, dan evaluasi untuk perbaikan di masa depan. Hasilnya, diharapkan siswa kelas 5 Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan dapat memahami fitur Canva dalam mengerjakan tugas sekolah dan penggunaan pribadi.

Pelaksanaan pelatihan Canva pada siswa sekolah dasar Kanisius Notoyudan meningkatkan pemahaman siswa terhadap fitur-fitur aplikasi untuk mendesain jadwal pelajaran yang kreatif dan efektif.Namun, terdapat keterbatasan pada durasi pelatihan yang melebihi batas waktu yang ditentukan, sehingga diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk pengembangan metode pelatihan.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat bagi siswa dalam membangun keterampilan desain grafis yang dapat digunakan di jenjang pendidikan lebih tinggi.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mengeksplorasi efektivitas integrasi aplikasi Canva ke dalam kurikulum sekolah dasar secara keseluruhan, bukan hanya terbatas pada desain jadwal pelajaran, seperti menggabungkan fitur animasi dan kolaborasi daring untuk meningkatkan kolaborasi kelompok siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, studi lebih dalam mengenai hambatan teknis seperti keterbatasan akses internet di daerah pedesaan dapat dikembangkan menjadi penelitian tentang pengembangan modul pelatihan hibrida yang menggabungkan offline dan online untuk memastikan semua siswa mendapat manfaat optimal. Terakhir, penelitian tentang dampak jangka panjang pelatihan Canva terhadap peningkatan keterampilan literasi digital serta kreativitas siswa bisa menjadi fokus, khususnya melalui evaluasi tahunan terhadap kemajuan siswa di jenjang sekolah lanjutan, dengan mempertimbangkan faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi akses terhadap teknologi. Melalui pendekatan multidimensi ini, para peneliti dapat memperluas lingkup pengetahuan tentang pemanfaatan alat digital di bidang pendidikan dasar, termasuk pengurangan kesenjangan digital yang masih menjadi masalah umum di masyarakat. Salah satu langkah awal adalah dengan melakukan survei nasional untuk memperbandingkan hasil pelatihan di sekolah-sekolah dengan kondisi infrastruktur yang berbeda, sehingga meningkatkan kesempatan siswa untuk tetap belajar meskipun dengan dukungan yang terbatas. Penelitian ini sangat penting karena ia tidak hanya fokus pada aspek praktis pelatihan, tapi juga mengintegrasikan aspek psikologis dan sosial yang memengaruhi retrosi edukasi berbasis teknologi. Dengan demikian, riset yang dikembangkan mampu memberikan inovasi baru yang relevan dengan tantangan pendidikan modern.

  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
File size1.01 MB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test