OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh media buku “Busy Book terhadap kemampuan bahasa ekspresif dan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Kemampuan bahasa ekspresif dan motorik halus merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Busy Book adalah media edukatif interaktif yang dirancang untuk merangsang kedua aspek tersebut melalui berbagai aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji berbagai literatur yang relevan mengenai penggunaan media edukatif interaktif seperti Busy Book dan pengaruhnya terhadap perkembangan bahasa ekspresif dan motorik halus pada anak usia dini. Kajian literatur mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan artikel terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat bukti kuat yang mendukung efektivitas media edukatif interaktif seperti Busy Book dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif dan motorik halus anak. Literatur yang dikaji menunjukkan bahwa penggunaan media ini dapat merangsang perkembangan kemampuan berbicara, kosakata, tata bahasa, serta keterampilan motorik halus seperti memegang pensil, menggambar, dan menyusun benda kecil. Kesimpulannya, media buku “Busy Book memiliki potensi positif dalam mendukung perkembangan kemampuan bahasa ekspresif dan motorik halus anak usia 4-5 tahun, sehingga penting untuk diintegrasikan dalam program pendidikan anak usia dini untuk mencapai perkembangan yang holistik.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media seperti Busy Book memiliki potensi besar dalam mendukung perkembangan anak usia dini.Buku interaktif seperti Busy Book dapat menjadi alat yang efektif untuk menstimulasi perkembangan keterampilan penting pada anak-anak, baik dalam aspek bahasa maupun motorik.Dengan menyediakan berbagai aktivitas yang merangsang, buku ini tidak hanya membantu mengembangkan keterampilan motorik halus tetapi juga mendorong anak-anak untuk berkomunikasi dan mengungkapkan ide-ide mereka, yang penting bagi perkembangan bahasa ekspresif.Dukungan teoritis dari berbagai ahli menunjukkan bahwa Busy Book dapat menjadi alat yang efektif dalam pendidikan anak usia dini.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan versi digital dari Busy Book yang lebih interaktif untuk meningkatkan minat belajar anak. Selain itu, perlu dilakukan studi jangka panjang untuk mengevaluasi dampak konsisten penggunaan Busy Book terhadap perkembangan bahasa dan motorik halus. Terakhir, penelitian juga bisa mengeksplorasi adaptasi Busy Book untuk anak dengan kebutuhan khusus, seperti anak hiperaktif atau dengan gangguan perkembangan, untuk memastikan efektivitasnya secara inklusif.

  1. #tata bahasa lokal#tata bahasa lokal
  2. #motorik anak usia#motorik anak usia
File size184.25 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test