OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh media buku “Busy Book terhadap kemampuan bahasa ekspresif dan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Kemampuan bahasa ekspresif dan motorik halus merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Busy Book adalah media edukatif interaktif yang dirancang untuk merangsang kedua aspek tersebut melalui berbagai aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji berbagai literatur yang relevan mengenai penggunaan media edukatif interaktif seperti Busy Book dan pengaruhnya terhadap perkembangan bahasa ekspresif dan motorik halus pada anak usia dini. Kajian literatur mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan artikel terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat bukti kuat yang mendukung efektivitas media edukatif interaktif seperti Busy Book dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif dan motorik halus anak. Literatur yang dikaji menunjukkan bahwa penggunaan media ini dapat merangsang perkembangan kemampuan berbicara, kosakata, tata bahasa, serta keterampilan motorik halus seperti memegang pensil, menggambar, dan menyusun benda kecil. Kesimpulannya, media buku “Busy Book memiliki potensi positif dalam mendukung perkembangan kemampuan bahasa ekspresif dan motorik halus anak usia 4-5 tahun, sehingga penting untuk diintegrasikan dalam program pendidikan anak usia dini untuk mencapai perkembangan yang holistik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media seperti Busy Book memiliki potensi besar dalam mendukung perkembangan anak usia dini.Buku interaktif seperti Busy Book dapat menjadi alat yang efektif untuk menstimulasi perkembangan keterampilan penting pada anak-anak, baik dalam aspek bahasa maupun motorik.Dengan menyediakan berbagai aktivitas yang merangsang, buku ini tidak hanya membantu mengembangkan keterampilan motorik halus tetapi juga mendorong anak-anak untuk berkomunikasi dan mengungkapkan ide-ide mereka, yang penting bagi perkembangan bahasa ekspresif.Dukungan teoritis dari berbagai ahli menunjukkan bahwa Busy Book dapat menjadi alat yang efektif dalam pendidikan anak usia dini.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan versi digital dari Busy Book yang lebih interaktif untuk meningkatkan minat belajar anak. Selain itu, perlu dilakukan studi jangka panjang untuk mengevaluasi dampak konsisten penggunaan Busy Book terhadap perkembangan bahasa dan motorik halus. Terakhir, penelitian juga bisa mengeksplorasi adaptasi Busy Book untuk anak dengan kebutuhan khusus, seperti anak hiperaktif atau dengan gangguan perkembangan, untuk memastikan efektivitasnya secara inklusif.
| File size | 184.25 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Melalui contoh empiris dan wawasan teoretis, studi ini bertujuan untuk mendalamkan pemahaman mengenai fungsi sintaksis adjunct dan peran pentingnya dalamMelalui contoh empiris dan wawasan teoretis, studi ini bertujuan untuk mendalamkan pemahaman mengenai fungsi sintaksis adjunct dan peran pentingnya dalam
OJSOJS Dengan mengimplementasikan kelas virtual dalam TV sekolah pada proses pembelajaran media digital dapat memenuhi kebutuhan belajar tentang media pembelajaranDengan mengimplementasikan kelas virtual dalam TV sekolah pada proses pembelajaran media digital dapat memenuhi kebutuhan belajar tentang media pembelajaran
OJSOJS Dengan implementasi program ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, menciptakan lingkungan kerjaDengan implementasi program ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, menciptakan lingkungan kerja
UIRUIR Dimensi moralitas berangkat dari ajaran tauhid, penghayatan dan pengalaman Agama Islam terbagi kedalam tiga aspek yaitu îmân, Islâm, dan ihsân. Ketiga,Dimensi moralitas berangkat dari ajaran tauhid, penghayatan dan pengalaman Agama Islam terbagi kedalam tiga aspek yaitu îmân, Islâm, dan ihsân. Ketiga,
Useful /
SALNESIASALNESIA Banyak faktor yang memengaruhi rendahnya pencapaian akseptor KBPP. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan. Rendahnya pengetahuan dan dukunganBanyak faktor yang memengaruhi rendahnya pencapaian akseptor KBPP. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan. Rendahnya pengetahuan dan dukungan
OJSOJS atau Siapa. Contohnya, dalam kalimat She read a book, kata book merupakan objek langsung yang menerima aksi dari kata kerja read. Objek langsung dapatatau Siapa. Contohnya, dalam kalimat She read a book, kata book merupakan objek langsung yang menerima aksi dari kata kerja read. Objek langsung dapat
OJSOJS Deingain meitodei kuailitaitif deiskriptif. Peineiliti meinggunaikain guru dairi beirbaigaii leimbaigai seikolaih seibaigaii informain, seidaingkain teiknikDeingain meitodei kuailitaitif deiskriptif. Peineiliti meinggunaikain guru dairi beirbaigaii leimbaigai seikolaih seibaigaii informain, seidaingkain teiknik
OJSOJS Dalam suatu perkembangan, manusia hidup di era globalisasi ini, sudah tidak melihat pentingnya hidup dalam peribadahan. Terlebih kepada para pemuda/pemudiDalam suatu perkembangan, manusia hidup di era globalisasi ini, sudah tidak melihat pentingnya hidup dalam peribadahan. Terlebih kepada para pemuda/pemudi