STAISKUTIMSTAISKUTIM

Al-RabwahAl-Rabwah

Penelitian yang dipaparkan ini merupakan penelitian evalusi pendidikan di sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi kerja guru melalui model kesenjangan (Discrepancy Evaluatiom Model) dalam melaksanakan supervisi akademik di SMP Negeri 2 Sangatta Utara.. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sangatta Utara dengan subyek penelitian guru berjumlah 32 orang dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi kelas dengan model kesenjangan.. Temuan penelitian terkait pelaksanaan program supervisi di SMP Negeri 2 Sangatta Utara direkomendasikan untuk dilanjutkan.. Adapun komponen yang di evaluasi pada komponen ini adalah sebagai berikut: (1) desain program supervisi di SMP Negeri 2 Sangatta Utara telah berjalan dengan baik, (2) instalasi program supervisi guru sudah berjalan dengan baik, perlu ditingkatkan kompetensi tim supervisi dalam mengikuti In House Training secara berkala, (3) proses supervisi guru sudah berjalan dengan baik, namun perlu diberikan tindak lanjut sehingga guru akan mengetahui kekurangannya dalam melaksanakan proses pembelajaran, (4) hasil program supervisi guru berjalan dengan baik, guru termotivasi untuk mengajar dengan lebih baik lagi, termotivasi mengikuti berbagai pengembangan profesi guru yaitu menyusun karya tulis ilmiah guru semakin meningkat.

Evaluasi pelaksanaan supervisi akademik menggunakan Discrepancy Evaluation Model pada SMP Negeri 2 Sangatta Utara menunjukkan bahwa seluruh tahapan—desain, instalasi, proses, dan hasil—telah berjalan sesuai standar perundangan dan tujuan yang ditetapkan.Meskipun program supervisi akademik ini efektif dalam meningkatkan profesionalisme dan memotivasi guru untuk mengembangkan profesi berkelanjutan, terdapat kendala teknis seperti pencatatan tindak lanjut evaluasi yang perlu diperbaiki.Secara keseluruhan, Discrepancy Evaluation Model terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dan mendorong aktivitas profesional yang berkelanjutan.

Berdasarkan temuan penelitian mengenai pelaksanaan supervisi akademik di SMP Negeri 2 Sangatta Utara, beberapa arah penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan mencakup: pertama, penelitian komparatif yang menelaah efektivitas Discrepancy Evaluation Model dibanding model supervisi lain dalam meningkatkan kinerja guru di berbagai jenjang pendidikan; kedua, studi eksploratif mengenai peran teknologi digital dalam mendukung proses pencatatan tindak lanjut supervisi untuk meminimalkan hambatan teknis dan meningkatkan akurasi rekomendasi bagi guru; serta ketiga, riset longitudinal yang meneliti dampak jangka panjang supervisi akademik terhadap motivasi, profesionalisme, dan hasil belajar siswa. Ketiga ide penelitian ini diharapkan dapat memperluas pemahaman tentang implementasi supervisi akademik, memperkuat basis bukti intervensi, dan memberikan rekomendasi kebijakan yang lebih komprehensif. Penelitian komparatif akan mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan model-model supervisi, studi teknologi digital dapat memperbaiki mekanisme monitoring, dan riset longitudinal akan menjelaskan kesinambungan perubahan perilaku guru serta implikasinya pada mutu pembelajaran. Penelitian selanjutnya juga dapat mengeksplorasi keterkaitan antara feedback supervisi dan peningkatan kualitas interaksi guru-siswa agar rekomendasi praktis yang dihasilkan lebih terarah pada kebutuhan pembelajaran di kelas.

  1. Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan | PALAPA. model discrepancy evaluasi program pendidikan... doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1067Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan PALAPA model discrepancy evaluasi program pendidikan doi 10 36088 palapa v9i1 1067
  2. EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN IPA SMP MENGGUNAKAN MODEL COUNTENANCE STAKE | Jurnal Penelitian dan Evaluasi... journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/4552EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN IPA SMP MENGGUNAKAN MODEL COUNTENANCE STAKE Jurnal Penelitian dan Evaluasi journal uny ac index php jpep article view 4552
  3. WORKSHOP AND ASSISTANCE OF SCIENTIFIC ARTICLE WRITING FOR STUDENTS OF MPI STAI SANGATTA EAST KUTAI |... doi.org/10.25157/ag.v4i1.7196WORKSHOP AND ASSISTANCE OF SCIENTIFIC ARTICLE WRITING FOR STUDENTS OF MPI STAI SANGATTA EAST KUTAI doi 10 25157 ag v4i1 7196
  1. #desain program#desain program
  2. #pengembangan profesi guru#pengembangan profesi guru
Read online
File size270.35 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test