STAISKUTIMSTAISKUTIM
Al-RabwahAl-RabwahPendidikan Islam saat ini mengalami kemunduran, hal ini bisa dilihat dari segi merosotnya akhlak manusia, baik dalam instansi pendidikan maupun dalam kalangan masyarakat. Kecerdasan mempunyai konektifitas dengan proses pendidikan sebagai langkah konkrit dalam pembinaan karakter manusia sebagai khalifah fil ardh untuk memikirkan segala ciptaan Allah Swt. Dengan hal ini konsep prophetic intelligence memberikan ruang konstruktif dan sistematis dalam mengantarkan pribadi yang baik dan komprehensif. Menjadi manusia yang berakhlakul karimah tidak dapat dilakukan secara instan, melalui prophetic intelligence yang menukil dari Al-Quran dan al-Hadist menjadi sebuah keharusan bagi keberlanjutan dari pendidikan Islam secara konseptual. Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana relevansi prophetic intelligence dengan pendidikan Islam saat ini. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui konsep prophetic intelligence relevansi antara prophetic intelligence dengan pendidikan Islam saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka. Sifat penelitiannya adalah Deskriptif analitik dan metode analisisnya adalah analisis isi. Hasil kajian ini bahwa konsep kecerdasan kenabian ada tiga yaitu kesehatan ruhani terhindar dari sifat nifaq, fasik dan kufur sebagai dasar prophetic intelligence, prinsip-prinsip keislaman dengan mengucap syahadat, shalat, puasa, zakat, dan haji. Prinsip-prinsip keimanan, bermakrifat kepada Allah Swt, Malaikat, Al-quran, Nabi/Rasul, Kiamat, Qada dan Qadar. Prophetic Intelligence (Kecerdasan Kenabian) sangat relevan dalam mengembalikan eksistensi dan memperkuat pondasi ketahanan Pendidikan Islam. Dengan konsep prophetic intelligence yang dikembangkan melalui metode kesehatan ruhani dan penanaman aspek humanisasi, liberasi dan transendensi dalam pendidikan Islam, maka akan membantu manusia untuk memiliki pribadi yang lebih baik sesuai dengan tujuan Nabi Muhammad Saw diturunkan yaitu untuk menyempurnakan akhlak manusia.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Prophetic Intelligence merupakan anugerah dari Allah SWT yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya karena ketaatan dan ketakwaan.Kecerdasan ini bertumpu pada nurani yang bersih dari penyakit-penyakit ruhaniah, memungkinkan interaksi yang harmonis dengan alam semesta dan pencapaian kebahagiaan dunia dan akhirat.Tujuan utama pendidikan Islam adalah mencetak sumber daya insani yang cerdas secara spiritual dan material, dengan menekankan pentingnya kesehatan ruhani sebagai fondasi utama dalam mengamalkan prinsip-prinsip keimanan dan keislaman.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian mendalam mengenai implementasi konsep Prophetic Intelligence dalam kurikulum pendidikan Islam di berbagai tingkatan, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, untuk mengidentifikasi metode dan strategi pembelajaran yang paling efektif. Kedua, penelitian lebih lanjut dapat difokuskan pada pengembangan instrumen pengukuran Prophetic Intelligence yang valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi perkembangan spiritual dan moral peserta didik secara komprehensif. Ketiga, penting untuk meneliti bagaimana konsep Prophetic Intelligence dapat diintegrasikan dengan pendekatan pendidikan modern, seperti pendidikan karakter dan pendidikan berbasis kompetensi, untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas moral dan spiritual yang tinggi. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia dan menghasilkan generasi penerus yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan mampu menghadapi tantangan zaman dengan bijaksana. Dengan demikian, pendidikan Islam dapat kembali menjadi kekuatan utama dalam membangun peradaban yang lebih baik dan lebih bermakna bagi seluruh umat manusia.
| File size | 300.51 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | Report |
Related /
STAIMUNSTAIMUN Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi manajemen pendidikan Islam di SMP Negeri 3 Banyuasin memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatanHasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi manajemen pendidikan Islam di SMP Negeri 3 Banyuasin memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan
UINSATUUINSATU Pencapaian sejarah ini penting untuk dipedomani sebagai pengingat bagi umat Islam kontemporer untuk membangun kembali masa keemasan masa lalu yang terletakPencapaian sejarah ini penting untuk dipedomani sebagai pengingat bagi umat Islam kontemporer untuk membangun kembali masa keemasan masa lalu yang terletak
INSANPRIMAMUINSANPRIMAMU Faktor penghambat seperti belum mampunya peserta didik memilah antara kepentingan organisasi dan kepentingan pribadi, belum sadar akan pentingnya pendidikanFaktor penghambat seperti belum mampunya peserta didik memilah antara kepentingan organisasi dan kepentingan pribadi, belum sadar akan pentingnya pendidikan
UBUB Hasil partisipan memberikan umpan balik positif, menyatakan bahwa praktikum berbasis STEM membuat teori menjadi lebih mudah dipahami dan aplikatif. OlehHasil partisipan memberikan umpan balik positif, menyatakan bahwa praktikum berbasis STEM membuat teori menjadi lebih mudah dipahami dan aplikatif. Oleh
UBUB Mengetahui hal ini diperlukan literasi gaya pola asuh yang ditinjau dari komunikasi gender serta media bagi para orang tua peserta dan remaja. KegiatanMengetahui hal ini diperlukan literasi gaya pola asuh yang ditinjau dari komunikasi gender serta media bagi para orang tua peserta dan remaja. Kegiatan
IAIN SUIAIN SU Regulasi perbankan syariah di Indonesia berkembang secara evolusioner, mulai dari pengakuan minimal dalam UU 1992, hingga menjadi sistem terpisah dalamRegulasi perbankan syariah di Indonesia berkembang secara evolusioner, mulai dari pengakuan minimal dalam UU 1992, hingga menjadi sistem terpisah dalam
IAIN SUIAIN SU Kebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya kompetensi kepribadian. Pendidikan nasionalKebijakan pendidikan nasional menghendaki para pendidik di Indonesia harus memiliki empat kompetensi, di antaranya kompetensi kepribadian. Pendidikan nasional
IAIN SUIAIN SU Berdasarkan kajian di atas, ditemukan bahwa telah terjadi proses politik sekularisasi pendidikan yang masuk dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia.Berdasarkan kajian di atas, ditemukan bahwa telah terjadi proses politik sekularisasi pendidikan yang masuk dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia.
Useful /
SALNESIASALNESIA Workshop dan pendampingan akselerasi digital adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat Dosen STIE IBMT terhadap mitra UMKM. Program ini dilaksanakan karenaWorkshop dan pendampingan akselerasi digital adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat Dosen STIE IBMT terhadap mitra UMKM. Program ini dilaksanakan karena
UDSUDS Masyarakat Desa Curah Kalong antusias terhadap sosialisasi dan implementasi terapi bekam sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung. Terapi keperawatanMasyarakat Desa Curah Kalong antusias terhadap sosialisasi dan implementasi terapi bekam sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung. Terapi keperawatan
STAISKUTIMSTAISKUTIM Peneliti mengambil secara random sampling sehingga diperoleh sampel 80 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam pengumpulan dataPeneliti mengambil secara random sampling sehingga diperoleh sampel 80 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam pengumpulan data
IAIN SUIAIN SU Artikel ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan menemukan bahwa budaya akademik di dayah Salafiyah masih belum berkembang. Kondisi ini lebihArtikel ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan menemukan bahwa budaya akademik di dayah Salafiyah masih belum berkembang. Kondisi ini lebih