UIRUIR
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu PengetahuanAl-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu PengetahuanTulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana . Tulisan ini bermanfaat bagi para orang tua dan pendidik untuk mengembangkan dan menanamkan moralitas pada anak. Hasil tulisan ini adalah: Pertama, moralitas merupakan tolok ukur untuk menentukan baik buruknya perbuatan manusia dan bukan sebagai pelaku peran tertentu. Moral mengandung muatan nilai dan norma yang bersumber pada hati nurani manusia. Kedua, moralitas mencakup dalam tiga unsur yaitu perilaku, kognisi, dan afeksi. Dimensi moralitas berangkat dari ajaran tauhid, penghayatan dan pengalaman Agama Islam terbagi kedalam tiga aspek yaitu îmân, Islâm, dan ihsân. Ketiga, moralitas dalam pendidikan agama dapat dilihat dari sistem nilai Islami yang hendak dibentuk dalam pribadi anak didik dalam wujud keseluruhannya. Oleh karena pendidikan Islam bertujuan pokok pada pembinaan akhlak mulia, maka sistem moral Islami yang ditumbuh kembang dalam proses pendidikan adalah norma yang berorientasi kepada nilai-nilai Islami. Keempat, pendidikan moral dimulai dari keluarga berlangsung dalam suasana informal, pada setiap situasi, baik disadari atau pun tidak oleh orang tua. Memberikan pujian pada saat anak melakukan hal-hal yang baik dan benar serta menegur bahkan memberikan hukuman pada saat anak melakukan kesalahan, tanpa disadari pada dasarnya merupakan proses pembinaan nilai moral.
Moralitas adalah tolok ukur untuk menentukan baik buruknya tindakan manusia berdasarkan nilai dan norma yang bersumber dari hati nurani, mencakup unsur perilaku, kognisi, dan afeksi dengan landasan tauhid melalui aspek iman, Islam, dan ihsan.Pendidikan agama membentuk sistem nilai Islami dalam diri peserta didik melalui norma syariah dan akhlak, selaras dengan tujuan pembinaan akhlak mulia serta pengembangan intelektualitas dan keterampilan di dunia pendidikan Indonesia.Proses pendidikan moral juga bermula dalam keluarga melalui interaksi informal antara orang tua dan anak, di mana teladan, pujian, teguran, dan pengawasan saling membangun internalisasi nilai moral sebelum berlanjut pada pembinaan masyarakat.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan dan memvalidasi instrumen empiris berupa skala observasi dan kuesioner untuk mengukur seberapa efektif model pendidikan moral berbasis keluarga dalam membangun internalisasi nilai moral pada anak usia dini hingga remaja, dengan melakukan pengamatan langsung interaksi orang tua-anak serta wawancara mendalam mengenai persepsi anak terhadap norma-norma moral. Studi eksperimental juga perlu dirancang untuk menguji secara komparatif pengaruh integrasi tiga unsur moral—perilaku, kognisi, dan afeksi—dalam kurikulum pendidikan agama di tingkat sekolah dasar dan menengah pertama, menggunakan kelompok eksperimen yang mengikuti program terpadu dan kelompok kontrol yang mengikuti kurikulum konvensional, lalu membandingkan perubahan moralitas melalui pre-test dan post-test. Selain itu, sebuah penelitian komparatif lintas keluarga dapat dilakukan dengan meneliti berbagai struktur keluarga, seperti keluarga inti, tunggal, dan multigenerasi, serta latar belakang budaya dan sosial-ekonomi yang berbeda, untuk mengungkap pola asuh dan praktik keagamaan yang paling efektif dalam mentransfer serta mengokohkan nilai-nilai Islami di lingkungan domestik dan mengevaluasi implikasinya terhadap perkembangan moralitas anak-anak dan remaja secara longitudinal.
| File size | 528.41 KB |
| Pages | 16 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Integrasi AI dapat memperkaya pembelajaran sastra dengan menyediakan sumber daya yang interaktif dan menarik, serta membantu siswa memahami dan menghargaiIntegrasi AI dapat memperkaya pembelajaran sastra dengan menyediakan sumber daya yang interaktif dan menarik, serta membantu siswa memahami dan menghargai
UTMUTM Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positifHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi memiliki dampak positif
UMMUMM Penelitian ini berfokus pada fenomena politisasi penegakan hukum kasus korupsi pada tahun-tahun pemilihan, di mana tindakan hukum diduga digunakan sebagaiPenelitian ini berfokus pada fenomena politisasi penegakan hukum kasus korupsi pada tahun-tahun pemilihan, di mana tindakan hukum diduga digunakan sebagai
UNWUNW Berdasarkan Permendikbud 137 tahun 2014 disebutkan tujuan PAUD, yakni tujuan utama (anak yang berkualitas) dan tujuan penyerta (membantu kesiapan belajar).Berdasarkan Permendikbud 137 tahun 2014 disebutkan tujuan PAUD, yakni tujuan utama (anak yang berkualitas) dan tujuan penyerta (membantu kesiapan belajar).
Useful /
UTMUTM Melalui pendekatan linguistik, penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis preposisi yang dominan, pola-pola penggunaan preposisi dalam membentuk relasiMelalui pendekatan linguistik, penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis preposisi yang dominan, pola-pola penggunaan preposisi dalam membentuk relasi
ARIKESIARIKESI Pasien adalah tamu di rumah sakit Marjan di kota Babylon selama periode (1/Juli/2025 hingga 1/September/2025). Hasil penelitian saat ini menunjukkan perbedaanPasien adalah tamu di rumah sakit Marjan di kota Babylon selama periode (1/Juli/2025 hingga 1/September/2025). Hasil penelitian saat ini menunjukkan perbedaan
UMMUMM Artikel ini bertujuan untuk menganalisis rasio hukum atau alasan hukum di balik alih kewenangan dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam-LK) kepada OtoritasArtikel ini bertujuan untuk menganalisis rasio hukum atau alasan hukum di balik alih kewenangan dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam-LK) kepada Otoritas
UMMUMM Namun, memberikan wewenang ini juga memperkenalkan potensi konflik antara pemerintah pusat dan daerah, terutama ketika peraturan saling bertentangan atauNamun, memberikan wewenang ini juga memperkenalkan potensi konflik antara pemerintah pusat dan daerah, terutama ketika peraturan saling bertentangan atau