UNP KEDIRIUNP KEDIRI
EfektorEfektorPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi optimalisasi stimulasi motorik halus sebagai kegiatan pra‑menulis pada anak usia dini dengan kecenderungan disgrafia, yaitu gangguan perkembangan yang mempengaruhi kemampuan menulis. Disgrafia sering kali menghambat perkembangan anak dalam keterampilan akademik, terutama pada proses menulis. Penelitian ini dilakukan melalui metode studi pustaka yang menganalisis literatur terkait pengembangan motorik halus yang relevan untuk anak dengan disgrafia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi motorik halus yang tepat, seperti aktivitas meronce, menggunting, dan menelusuri pola, secara signifikan dapat meningkatkan koordinasi visual‑motorik dan kontrol otot halus yang diperlukan dalam menulis. Selain itu, intervensi yang dirancang secara terstruktur membantu meningkatkan kualitas tulisan tangan anak, seperti konsistensi ukuran huruf, jarak antar huruf, dan tekanan pensil. Program stimulasi ini juga berdampak positif terhadap kepercayaan diri anak dalam melakukan aktivitas menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa optimalisasi stimulasi motorik halus berperan penting dalam mempersiapkan anak usia dini dengan kecenderungan disgrafia untuk mengembangkan kemampuan menulis yang lebih baik. Namun, intervensi ini memerlukan keterlibatan aktif guru dan orang tua serta penyesuaian dengan kebutuhan individual anak. Dengan dukungan yang tepat, anak dengan disgrafia dapat mengatasi kesulitan menulis dan meningkatkan kesiapan akademik mereka.
Stimulasi motorik halus berperan krusial dalam mengembangkan kemampuan menulis anak usia dini dengan kecenderungan disgrafia melalui kegiatan pra‑menulis yang terarah dan terstruktur.Keberhasilan program ini sangat dipengaruhi oleh peran aktif guru dan orang tua serta penyesuaian dengan kebutuhan individual anak secara konsisten.Dengan mengatasi tantangan seperti kurangnya pelatihan dan sumber daya, stimulasi tersebut dapat meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan kesiapan akademik anak.
Penelitian selanjutnya dapat menguji sejauh mana penggunaan alat digital yang dirancang khusus untuk melatih motorik halus, seperti aplikasi interaktif pada tablet atau perangkat berbasis sensor, dapat meningkatkan kemampuan menulis anak dengan kecenderungan disgrafia dibandingkan dengan aktivitas manual tradisional seperti meronce, menggunting, atau menelusuri pola, dengan memperhatikan variabel motivasi, kepuasan pengguna, dan transfer keterampilan ke tulisan nyata. Selanjutnya, diperlukan studi longitudinal yang mengikuti anak sejak usia pra‑menulis hingga akhir pendidikan dasar untuk menilai dampak jangka panjang stimulasi motorik halus tidak hanya pada prestasi akademik, melainkan juga pada perkembangan kepercayaan diri, motivasi belajar, dan kemampuan sosial, sehingga dapat dipetakan pola pertumbuhan yang konsisten atau berubah seiring waktu. Selain itu, penting untuk menyelidiki efektivitas program pelatihan guru yang mencakup materi teoritis, demonstrasi praktik, serta mekanisme supervisi, dalam meningkatkan konsistensi dan kualitas penerapan intervensi stimulasi motorik halus di berbagai jenis PAUD, khususnya pada lingkungan yang memiliki keterbatasan sumber daya atau akses teknologi. Penelitian-penelitian tersebut diharapkan dapat menghasilkan pedoman praktis yang dapat diadopsi oleh pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan untuk mengoptimalkan dukungan bagi anak dengan disgrafia, sekaligus mengurangi kesenjangan layanan antara daerah urban dan rural. Dengan menjawab tiga pertanyaan riset utama ini, komunitas ilmiah dapat memperkuat basis bukti mengenai strategi paling efektif untuk memfasilitasi perkembangan menulis pada anak usia dini.
- One moment, please.... moment please wait request verified obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/5158One moment please moment please wait request verified obsesi index php obsesi article view 5158
- Membatik Jumputan untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Home Visit | Tawulo... doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13064Membatik Jumputan untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Home Visit Tawulo doi 10 24014 kjiece v5i1 13064
| File size | 211.37 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNP KEDIRIUNP KEDIRI teknik visual seperti gambar, boneka tangan, dan papan flanel efektif meningkatkan bahasa, kosakata, dan berpikir logis, sementara teknik digital sepertiteknik visual seperti gambar, boneka tangan, dan papan flanel efektif meningkatkan bahasa, kosakata, dan berpikir logis, sementara teknik digital seperti
UNWUNW Hasil penelitian ini yaitu guru berperan sebagai fasilitator, penyedia lingkungan belajar, motivator, evaluator, dan innovator dalam pengembangan bakatHasil penelitian ini yaitu guru berperan sebagai fasilitator, penyedia lingkungan belajar, motivator, evaluator, dan innovator dalam pengembangan bakat
UNWUNW Di sisi lain keberhasilan tujuan ini tidak dapat dilepaskan dari peran guru yang melakukan interaksi dengan siswa sehari-hari. pertemuan antara guru-siswaDi sisi lain keberhasilan tujuan ini tidak dapat dilepaskan dari peran guru yang melakukan interaksi dengan siswa sehari-hari. pertemuan antara guru-siswa
UNWUNW Untuk bisa memanfaatkan gawai dengan efektif harusnya sebagai orang tua bisa memahami dan menjelaskan mengenai konten yang ada pada gawai. Tanpa adanyaUntuk bisa memanfaatkan gawai dengan efektif harusnya sebagai orang tua bisa memahami dan menjelaskan mengenai konten yang ada pada gawai. Tanpa adanya
Useful /
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Variabel kepercayaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion Islami secara online, kemungkinan karena adanya faktorVariabel kepercayaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion Islami secara online, kemungkinan karena adanya faktor
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Keputusan pembelian konsumen sering kali dipengaruhi oleh berbagai factor, termasuk pengaruh lingkungan sosial. Social Influence merupakan istilah yangKeputusan pembelian konsumen sering kali dipengaruhi oleh berbagai factor, termasuk pengaruh lingkungan sosial. Social Influence merupakan istilah yang
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta pengaruhnya terhadapPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta pengaruhnya terhadap
ULUMUNAULUMUNA Keduanya sepakat bahwa kebahagiaan adalah tujuan tertinggi etika, namun etika Islam menekankan kebahagiaan dunia-akhirat yang berbasis Al-Quran dan Hadis.Keduanya sepakat bahwa kebahagiaan adalah tujuan tertinggi etika, namun etika Islam menekankan kebahagiaan dunia-akhirat yang berbasis Al-Quran dan Hadis.