UNP KEDIRIUNP KEDIRI

EfektorEfektor

Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus utama dalam pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk mencetak generasi yang cerdas, kompetitif, dan berkarakter. Salah satu indikator penting dalam mengukur kualitas pendidikan adalah hasil Asesmen Nasional mencakup literasi membaca, numerasi, dan survei karakter. Implementasi Asesmen Nasional sebagai instrumen penilaian dalam sistem pendidikan Indonesia tentu menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi sekolah-sekolah di seluruh tanah air, temasuk di Tulungagung. Asesmen Nasional dirancang untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kualitas pendidikan suatu sekolah, mencakup aspek literasi, numerasi, dan karakter. Hasil Asesmen Nasional pada beberapa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tulungagung menunjukkan adanya variasi capaian yang signifikan antar sekolah. Kondisi ini menunjukkan adanya faktor-faktor yang memengaruhi hasil Asesmen Nasional, baik yang berasal dari dalam maupun luar lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar, Budaya Literasi dan Sarana Prasarana secara parsial dan simultan tehadap tehadap Hasil Asesmen Nasional Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah assosiatif serta metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian bejumlah 25 Lembaga. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Alat pengumpuan data berupa angket dan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian Pengaruh Lingkungan Belajar, Budaya Literasi dan Sarana Prasarana terhadap Hasil Asesmen Nasional Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tulungagung diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara Lingkungan Belajar terhadap Hasil Asesmen Nasional, pengaruh positif yang signifikan antara Budaya Literasi terhadap Hasil Asesmen Nasional, ada pengaruh positif yang signifikan antara Sarana Prasarana terhadap Hasil Asesmen Nasional.Dan ada pengaruh positif yang signifikan secara bersama-sama antara variabel independen (Lingkungan Belajar, Budaya Literasi dan Sarana Prasarana) terhadap Hasil Asesmen Nasional.

Penelitian selanjutnya bisa menggali lebih dalam tentang strategi konkret yang diterapkan oleh sekolah dengan nilai Asesmen Nasional tertinggi, terutama bagaimana mereka berhasil membangun budaya literasi yang kuat meskipun sarana prasarana terbatas. Sebuah studi kualitatif dengan mewawancara guru dan kepala sekolah sukses akan mengungkap rahasia di balik keberhasilan mereka, yang tidak terlihat dari data angka saja. Selain itu, perlu dilakukan penelitian komparatif untuk melihat apakah hasil ini konsisten di daerah lain dengan karakteristik berbeda, misalnya dengan mengajukan pertanyaan apakah pengaruh lingkungan belajar sama kuatnya di sekolah perkotaan dibandingkan sekolah pedesaan. Penelitian ini akan membantu mengetahui apakah faktor-faktor yang ditemukan di Tulungagung bersifat universal. Terakhir, menarik untuk meneliti peran faktor lain yang belum disentuh, seperti keterlibatan orang tua. Sebuah studi bisa mengkaji sejauh mana partisipasi aktif orang tua dalam kegiatan belajar di rumah dapat meningkatkan efektivitas program literasi sekolah, bahkan saat fasilitas sekolah belum sempurna. Dengan mengetahui hal ini, sekolah bisa merancang program yang melibatkan orang tua sebagai mitra, bukan hanya sebagai penerima laporan. Tiga arah penelitian ini akan melengkapi gambaran yang ada dan memberikan solusi yang lebih holistik.

  1. Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar | Jurnal Basicedu. pengaruh budaya... doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu pengaruh budaya doi 10 31004 basicedu v5i6 1436
  2. Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah... doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah doi 10 31538 munaddhomah v1i2 30
  1. #hasil analisis regresi#hasil analisis regresi
  2. #literasi sekolah#literasi sekolah
File size549.89 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test