STAISKUTIMSTAISKUTIM

Al-RabwahAl-Rabwah

Dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan tentu dibutuhkan mutu Lembaga Pendidikan yang memenuhi standar yang telah ditetapkan. Dalam mengukur mutu tersebut tentu dibutuhkan evaluasi. Evaluasi diri sekolah adalah salah satu evaluasi yang dapat dilakukan dengan mandiri oleh Lembaga Pendidikan. Berdasarkan hal tersebut penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui . Penulisan dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan atau library research. Berdasarkan hasil analisis didapakan kesimpulan yaitu Evaluasi diri sekolah adalah sebuah proses pelaksaanaan penilaian diri lembaga pendidikan guna melihat kelebihan dan kelemahan lembaga sehingga dapat melakukan peningkatan atau perbaikan kualitas. Berdasarkan hasil implementasi EDS, sekolah mampu menghasilkan data dan bukti yang lengkap serta akurat untuk membuat rencana kerja sekolah (RKS) yang lebih baik, lebih kompetitif dan lebih progresif.

Evaluasi diri sekolah adalah sebuah proses pelaksaanaan penilaian diri lembaga pendidikan guna melihat kelebihan dan kelemahan lembaga sehingga dapat melakukan peningkatan atau perbaikan kualitas.Berdasarkan hasil implementasi EDS, sekolah mampu menghasilkan data dan bukti yang lengkap serta akurat untuk membuat rencana kerja sekolah yang lebih baik.Hasil implementasi EDS memungkinkan sekolah mencapai delapan standar pendidikan nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Penelitian lebih lanjut perlu mengeksplorasi strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses evaluasi diri sekolah, terutama di daerah terpencil. Studi tentang pengarusutamaan teknologi informasi dalam pengumpulan data EDS dapat mengungkap efektivitas inovasi digital terhadap akurasi hasil evaluasi. Selain itu, penelitian lintas lembaga perlu membandingkan keberhasilan implementasi EDS antar wilayah yang berbeda dalam konteks sumber daya dan regulasi pemerintah.

Read online
File size234.81 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test