PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING

Journal Of Education And Teaching Learning (JETL)Journal Of Education And Teaching Learning (JETL)

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model pembelajaran Snowball Throwing guna meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen tipe kuasi‑eksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data mencakup uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Snowball Throwing meningkatkan aktivitas belajar siswa, tercermin dengan peningkatan kategori aktivitas 65,6 % pada kelompok eksperimen dan 95,6 % pada kategori sangat aktif. Metode ini juga meningkatkan nilai hasil belajar, dengan selisih dari kategori tidak mencapai KKM menjadi kategori baik yang memenuhi KKM. Uji t menghasilkan nilai 7,424 > t tabel 2,001, sehingga model Snowball Throwing berkontribusi pada efektivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII Mts 1 PAB Helvetia, Deli Serdang.

Model pembelajaran Snowball Throwing meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa.Pada kelas eksperimen, persentase keaktifan mencapai 95,6 % dan nilai post‑test rata‑rata 85, memenuhi KKM.Analisis t menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol, menegaskan efektivitas model.

Untuk memperluas pemahaman tentang model ini, sebaiknya uji efektivitasnya di mata pelajaran lain dan tingkat kelas yang berbeda guna menilai generalisasi. Selanjutnya, implementasikan Snowball Throwing menggunakan media digital dan platform kolaboratif untuk meningkatkan interaksi siswa secara lebih dinamis. Penelitian jangka panjang yang menilai dampak model pada motivasi belajar dan kebiasaan belajar di masa sekolah menengah juga akan memberikan gambaran tentang keberlanjutan manfaatnya.

  1. Kebijakan Pendidikan Dalam Stabilitas Mutu Pembelajaran Anak Usia Dini Era Pandemi Disease | Continuous... doi.org/10.51178/ce.v2i2.224Kebijakan Pendidikan Dalam Stabilitas Mutu Pembelajaran Anak Usia Dini Era Pandemi Disease Continuous doi 10 51178 ce v2i2 224
  2. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). keaktifan siswa pembelajaran gaya belajar... doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621Elinvo Electronics Informatics and Vocational Education keaktifan siswa pembelajaran gaya belajar doi 10 21831 elinvo v1i2 10621
  3. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Reading: Memahami Makna Teks Tulis Fungsional Dan Esai Pendek... pusdikra-publishing.com/index.php/jetl/article/view/61Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Reading Memahami Makna Teks Tulis Fungsional Dan Esai Pendek pusdikra publishing index php jetl article view 61
  1. #hasil analisis data#hasil analisis data
  2. #hasil belajar siswa#hasil belajar siswa
Read online
File size301.99 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test