ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Menyeimbangkan kemampuan mental dan keterampilan individu untuk belajar mengenai segala hal yang mereka inginkan atau mereka butuhkan yang berkaitan dengan hidupnya merupakan satu hal yang penting bagi tujuan pendidikan yang sebenarnya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan melatihkan dan mengembangkan kebiasaan berpikir produktif siswa melalui sebuah penerapan asesmen formatif yang dapat memonitor perkembangkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penilaian diri dalam membentuk kebiasaan berpikir produktif siswa yang diaplikasikan pada materi pokok sistem koloid. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain β€œNon-equivalent Control Group Pretest-posttest Design melibatkan 2 kelas yang berasal dari kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 11 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian diri pada pembelajaran kelas maupun laboratorium untuk kelas eksperimen dan kontrol sudah menunjukkan capaian presentase yang baik pada masing-masing indikator kebiasaan berpikir produktif yang dilatihkan meskipun ada beberapa indikator perlu ditingkatkan. Untuk masing-masing indikator kebiasaan berpikir produktif (regulasi diri, berpikir kritis dan berpikir kreatif) kelas eksperimen maupun kontrol mengalami peningkatan lebih baik setelah penerapan penilaian diri. Hasil korelasi antara penilaian diri terhadap indikator kebiasaan berpikir produktif untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol sama-sama menunjukkan terdapat hubungan signifikan ditandai dengan rhitung> r tabel yaitu 0,362 > 0,301.

Penerapan penilaian diri meningkatkan kebiasaan berpikir produktif siswa secara signifikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator regulasi diri, berpikir kritis, dan berpikir kreatif mengalami peningkatan setelah penerapan asesmen formatif.Meskipun demikian, beberapa indikator masih memerlukan pengembangan lebih lanjut untuk mencapai peningkatan optimal.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi efektivitas penilaian diri pada bidang studi lain selain kimia untuk memvalidasi hasil penelitian ini. Selain itu, penelitian perlu mengkaji dampak jangka panjang penerapan penilaian diri terhadap perkembangan keterampilan berpikir siswa. Terakhir, pengembangan metode penilaian diri yang lebih inovatif, seperti integrasi teknologi digital, dapat menjadi arah studi baru untuk meningkatkan partisipasi dan akurasi penilaian siswa.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
Read online
File size1.1 MB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test