ABULYATAMAABULYATAMA
Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi PendidikanMenyeimbangkan kemampuan mental dan keterampilan individu untuk belajar mengenai segala hal yang mereka inginkan atau mereka butuhkan yang berkaitan dengan hidupnya merupakan satu hal yang penting bagi tujuan pendidikan yang sebenarnya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan melatihkan dan mengembangkan kebiasaan berpikir produktif siswa melalui sebuah penerapan asesmen formatif yang dapat memonitor perkembangkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penilaian diri dalam membentuk kebiasaan berpikir produktif siswa yang diaplikasikan pada materi pokok sistem koloid. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain βNon-equivalent Control Group Pretest-posttest Design melibatkan 2 kelas yang berasal dari kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 11 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian diri pada pembelajaran kelas maupun laboratorium untuk kelas eksperimen dan kontrol sudah menunjukkan capaian presentase yang baik pada masing-masing indikator kebiasaan berpikir produktif yang dilatihkan meskipun ada beberapa indikator perlu ditingkatkan. Untuk masing-masing indikator kebiasaan berpikir produktif (regulasi diri, berpikir kritis dan berpikir kreatif) kelas eksperimen maupun kontrol mengalami peningkatan lebih baik setelah penerapan penilaian diri. Hasil korelasi antara penilaian diri terhadap indikator kebiasaan berpikir produktif untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol sama-sama menunjukkan terdapat hubungan signifikan ditandai dengan rhitung> r tabel yaitu 0,362 > 0,301.
Penerapan penilaian diri meningkatkan kebiasaan berpikir produktif siswa secara signifikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator regulasi diri, berpikir kritis, dan berpikir kreatif mengalami peningkatan setelah penerapan asesmen formatif.Meskipun demikian, beberapa indikator masih memerlukan pengembangan lebih lanjut untuk mencapai peningkatan optimal.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi efektivitas penilaian diri pada bidang studi lain selain kimia untuk memvalidasi hasil penelitian ini. Selain itu, penelitian perlu mengkaji dampak jangka panjang penerapan penilaian diri terhadap perkembangan keterampilan berpikir siswa. Terakhir, pengembangan metode penilaian diri yang lebih inovatif, seperti integrasi teknologi digital, dapat menjadi arah studi baru untuk meningkatkan partisipasi dan akurasi penilaian siswa.
| File size | 1.1 MB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
OJSOJS Koefisien determinasi tersebut menunjukkan bahwa model ini mampu menjelaskan 72,7% variasi dalam hasil belajar siswa, sementara 27,3% sisanya dipengaruhiKoefisien determinasi tersebut menunjukkan bahwa model ini mampu menjelaskan 72,7% variasi dalam hasil belajar siswa, sementara 27,3% sisanya dipengaruhi
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Program ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu: perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjanganProgram ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu: perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan
ARIPIARIPI Pemilihan siswa sekolah dasar didasarkan pada kemudahan pengelolaan dibandingkan anak prasekolah. Gross Motor Skill Activities (GMSA) merupakan pola dasarPemilihan siswa sekolah dasar didasarkan pada kemudahan pengelolaan dibandingkan anak prasekolah. Gross Motor Skill Activities (GMSA) merupakan pola dasar
UBUB PkM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana strategi kreatif dalam pembuatan ILM untuk menyampaikan pesan persuasif dan penempatan media sebagaiPkM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana strategi kreatif dalam pembuatan ILM untuk menyampaikan pesan persuasif dan penempatan media sebagai
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Analisis statistik mengungkapkan hubungan signifikan antara Durasi Merokok (p=0,007) dan Jenis Rokok (p=0,001) dengan rendahnya daya tahan kardiorespirasi.Analisis statistik mengungkapkan hubungan signifikan antara Durasi Merokok (p=0,007) dan Jenis Rokok (p=0,001) dengan rendahnya daya tahan kardiorespirasi.
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Dengan demikian, model pembelajaran Picture and picture merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang kurang optimal dan hasilDengan demikian, model pembelajaran Picture and picture merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang kurang optimal dan hasil
UBTUBT Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa. a) Penerapan bimbingan kelompok dapat mengembangkan konsep diriBerdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa. a) Penerapan bimbingan kelompok dapat mengembangkan konsep diri
UMMUBAUMMUBA Sampel penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X IPA 4 dengan jumlah siswa 35 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple randomSampel penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X IPA 4 dengan jumlah siswa 35 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random
Useful /
POLNESPOLNES Fokusnya adalah bagaimana hotel tersebut mematuhi pedoman syariah dalam operasionalnya dan mengidentifikasi keterbatasan yang masih belum sesuai regulasiFokusnya adalah bagaimana hotel tersebut mematuhi pedoman syariah dalam operasionalnya dan mengidentifikasi keterbatasan yang masih belum sesuai regulasi
ABULYATAMAABULYATAMA 4) Tanggapan siswa merasa terbantu dengan adanya model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran4) Tanggapan siswa merasa terbantu dengan adanya model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran
POLNESPOLNES Namun, terdapat 39% sisanya yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini mengevaluasi pengaruh pelayananNamun, terdapat 39% sisanya yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini mengevaluasi pengaruh pelayanan
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY SPSS. 21 digunakan untuk analisis data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Peralatan Perguruan Pencak Silat Garuda Nusantara Kudus mempunyaiSPSS. 21 digunakan untuk analisis data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Peralatan Perguruan Pencak Silat Garuda Nusantara Kudus mempunyai