ABULYATAMAABULYATAMA
Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi PendidikanPenelitian ini menelaah tentang hubungan antara self-concept dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pelitian ini dilakukan di salah satu sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasi yaitu mencari hubungan antara self-concept dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-10 dan VIII-11 yang berjumlah 54 siswa berdasarkan hasil pertimbangan yang disampaikan kepala sekolah dan guru bidang studi matematika di sekolah tersebut. Adapun yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah “terdapat hubungan antara self-concept dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Istrumen yang digunakan adalah skala self-concept dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-concept dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kontribusi yang diberikan oleh variabel self-concep terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 24.6% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas VIII salah satu MTsN di Kota Banda Aceh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-concept dengan kemampuan pemecahan masalah matematis.Artinya, self-concept dapat digunakan untuk memprediksikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Mengingat kontribusi self-concept hanya sebesar 24,6%, penelitian lanjutan dapat mengembangkan ide untuk menyelidiki lebih dalam faktor-faktor lain yang memiliki pengaruh lebih besar. Pertama, bagaimana pengaruh spesifik dari setiap dimensi self-concept, seperti akademik, sosial, dan emosional, terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dibandingkan dengan self-concept sebagai satu kesatuan? Kedua, karena kemampuan awal, motivasi, dan lingkungan disebut sebagai faktor lain, apakah motivasi belajar memoderasi hubungan antara self-concept dan kemampuan pemecahan masalah matematis? Ketiga, untuk mengatasi keterbatasan sampel pada satu sekolah dan tingkatan, apakah pola hubungan antara self-concept dan kemampuan pemecahan masalah matematis konsisten jika diteliti pada siswa di jenjang pendidikan yang berbeda, seperti Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Atas, dengan latar belakang sosial yang beragam?.
| File size | 788.93 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | Report |
Related /
STAINUSANTARASTAINUSANTARA Penulis menyimpulkan bahwa zikrullah sebagai ajaran Islam mengandung nilai‑nilai vibrasi, pernapasan, religius, dan spiritual yang berfungsi sebagaiPenulis menyimpulkan bahwa zikrullah sebagai ajaran Islam mengandung nilai‑nilai vibrasi, pernapasan, religius, dan spiritual yang berfungsi sebagai
ABULYATAMAABULYATAMA Pendekatan naturalistik kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan alat pengumpul data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitianPendekatan naturalistik kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan alat pengumpul data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan keterampilan siswa, merancang kurikulum bertahap, dan memberikan pelatihan berbasis praktik langsung. SesiDimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan keterampilan siswa, merancang kurikulum bertahap, dan memberikan pelatihan berbasis praktik langsung. Sesi
ARIPIARIPI Siswa laki-laki menunjukkan performa lebih tinggi dengan persentase 81,38% dibandingkan siswa perempuan sebesar 77,14%. Hasil ini konsisten dengan temuanSiswa laki-laki menunjukkan performa lebih tinggi dengan persentase 81,38% dibandingkan siswa perempuan sebesar 77,14%. Hasil ini konsisten dengan temuan
UNDIKSHAUNDIKSHA Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaanPeningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok. Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan
UNDIKSHAUNDIKSHA Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasaImplikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa
UNISLAUNISLA Berdasarkan analisis data, masalah utama siswa SMA Negeri 1 Sukodadi dalam berbicara bahasa Inggris meliputi kurangnya pemahaman tentang komponen berbicara,Berdasarkan analisis data, masalah utama siswa SMA Negeri 1 Sukodadi dalam berbicara bahasa Inggris meliputi kurangnya pemahaman tentang komponen berbicara,
UNISLAUNISLA Hasil analisis menunjukkan bahwa buku teks saat ini kekurangan inovasi, kreativitas, dan kesesuaian materi dengan kebutuhan spesifik jurusan siswa. OlehHasil analisis menunjukkan bahwa buku teks saat ini kekurangan inovasi, kreativitas, dan kesesuaian materi dengan kebutuhan spesifik jurusan siswa. Oleh
Useful /
EJOURNALUNIGOROEJOURNALUNIGORO Kompensasi, baik finansial maupun non-finansial, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatanKompensasi, baik finansial maupun non-finansial, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitianTeknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitian
UNDIKSHAUNDIKSHA Sehingga, dapat disimpulkan bahwa meningkatkan praktik kepemimpinan di sekolah dapat secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan motivasi guru,Sehingga, dapat disimpulkan bahwa meningkatkan praktik kepemimpinan di sekolah dapat secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan motivasi guru,
UACUAC Tujuan dari makalah ini adalah untuk meninjau strategi pembelajaran kepemimpinan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa sejak pemerintah mengirimTujuan dari makalah ini adalah untuk meninjau strategi pembelajaran kepemimpinan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa sejak pemerintah mengirim