ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif pada pokok bahasan Demokrasi mata pelajaran PKn. Metode pembelajaran SQ3R merupakan metode belajar yang meliputi langkah-langkah survei, question, read, recite, dan review yang bertujuan agar kegiatan membaca dapat dilaksanakan sesingkat mungkin dan dengan daya serap yang tinggi. Metode ini diterapkan dalam pembelajaran kooperatif, yang merupakan sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama kelompok yang teratur. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII B SMP Swasta Nurul Huda AlAziziyyah. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari Perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode SQ3R dalam proses pembelajaran PKn, hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari masing-masing siklus, yaitu nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus sebesar 53,75 dengan ketuntasan klasikal 31,25%. Siklus I sebesar 72,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 56,25%; pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 84,37 dengan ketuntasan klasikal 93,75%. Persentase aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 48% dengan kategori cukup pada siklus I, menjadi 60% dengan kategori baik pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif metode SQ3R dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Swasta Nurul Huda AlAziziyyah.Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan pada setiap tahap.Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif metode SQ3R juga meningkat dari siklus I ke siklus II.Dengan demikian, metode SQ3R dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas metode SQ3R dalam konteks mata pelajaran lain, seperti matematika atau sains, untuk mengetahui apakah metode ini dapat memberikan dampak positif yang serupa. Kedua, penelitian selanjutnya dapat berfokus pada pengembangan variasi metode SQ3R yang lebih inovatif, misalnya dengan mengintegrasikan teknologi digital atau media pembelajaran interaktif, untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Ketiga, penting untuk meneliti pengaruh metode SQ3R terhadap berbagai gaya belajar siswa, guna mengidentifikasi strategi pembelajaran yang paling efektif untuk masing-masing individu. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan membantu siswa mencapai potensi akademik mereka secara optimal. Dengan demikian, guru dapat memiliki lebih banyak pilihan metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa, serta dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #siswa kelas v#siswa kelas v
Read online
File size856.74 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test