STKIP PERSADASTKIP PERSADA

Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)

Pada masa sekarang yang penuh dengan peluang dan hambatan, motivasi berwirausaha merupakan komponen penting dari keberhasilan pengembangan wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran kreativitas wirausaha berfungsi sebagai variabel moderator terhadap motivasi wirausaha di kalangan generasi milenial di Kota Makassar (Kecamatan Tamalanrea) dengan menganalisis peran growth mindset, self-efficacy, dan dukungan sosial. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang dikombinasikan dengan metode penelitian kuantitatif. Sebanyak 317 generasi milenial di Kota Makassar menjadi sampel penelitian. Analisis data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian yang didapatkan yaitu growth mindset, self-efficacy, dan dukungan sosial berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap motivasi wirausaha. Kreativitas wirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi wirausaha. Growth mindset, self-efficacy, dan dukungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas wirausaha. Kreativitas wirausaha mampu memediasi hubungan growth mindset terhadap motivasi wirausaha, serta memediasi hubungan self-efficacy dan dukungan sosial terhadap motivasi wirausaha.

Penelitian ini menunjukkan bahwa *growth mindset*, *self-efficacy*, dan dukungan sosial memiliki peran signifikan dalam memengaruhi motivasi wirausaha generasi milenial.Kreativitas wirausaha berperan penting dalam memperkuat hubungan antara faktor-faktor psikologis tersebut dengan motivasi berwirausaha.Oleh karena itu, pengembangan pola pikir berkembang, peningkatan keyakinan diri, dan lingkungan sosial yang mendukung merupakan hal krusial untuk membangun motivasi dan kesuksesan dalam dunia kewirausahaan.

Penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam mengenai strategi konkret untuk meningkatkan *growth mindset* pada generasi milenial, misalnya melalui pelatihan atau program mentoring yang dirancang khusus. Selain itu, penting untuk meneliti bagaimana karakteristik dukungan sosial yang berbeda (misalnya, dukungan emosional vs. dukungan instrumental) memengaruhi kreativitas dan motivasi wirausaha secara spesifik. Terakhir, penelitian dapat difokuskan pada pengaruh faktor kontekstual seperti kebijakan pemerintah atau akses terhadap pendanaan terhadap hubungan antara variabel-variabel yang telah diteliti, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang lebih komprehensif untuk mendorong wirausaha di kalangan generasi milenial.

  1. Peningkatan Dukungan Sosial Bagi Kesehatan Mental Remaja Di SMA Negeri 7 Pekanbaru | Jurnal Pengabdian... ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/7555Peningkatan Dukungan Sosial Bagi Kesehatan Mental Remaja Di SMA Negeri 7 Pekanbaru Jurnal Pengabdian ejurnal umri ac index php PengabdianUMRI article view 7555
  2. Advancing the Psychology of Entrepreneurship: A Review of the Psychological Literature and an Introduction... doi.org/10.1111/apps.12073Advancing the Psychology of Entrepreneurship A Review of the Psychological Literature and an Introduction doi 10 1111 apps 12073
  3. ANALISIS PERAN GROWTH MINDSET, SELF-EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL MELALUI KREATIVITAS WIRAUSAHA SEBAGAI... jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/4440ANALISIS PERAN GROWTH MINDSET SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL MELALUI KREATIVITAS WIRAUSAHA SEBAGAI jurnal stkippersada ac jurnal index php JPE article view 4440
  4. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... academic.oup.com/edited-volume/56000/chapter/440983923Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content academic oup edited volume 56000 chapter 440983923
  1. #motivasi wirausaha#motivasi wirausaha
File size575.89 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test