IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI

JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)

Umpan balik dari guru merupakan salah satu alternatif cara untuk membantu siswa meningkatkan kinerja menulis mereka. Beberapa penelitian telah mengonfirmasi eksplorasi mendalam siswa mengenai keterlibatan perilaku mereka terhadap umpan balik dari guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan perilaku siswa setelah menerima umpan balik serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Desain studi kasus diterapkan dalam penelitian ini melalui pemberian kuesioner dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun ketiga di Malang, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi cenderung bertanya kepada guru ketika tidak memahami umpan balik, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah cenderung bertanya kepada teman. Selain itu, faktor-faktor yang memengaruhi keterlibatan perilaku siswa meliputi faktor internal seperti efikasi diri dan kesadaran diri, serta faktor eksternal seperti cara mengajar guru dan koneksi internet. Disarankan agar guru memahami keterlibatan perilaku siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Siswa dari berbagai tingkat kemampuan memiliki cara berbeda dalam terlibat secara perilaku terhadap umpan balik guru.Strategi pembelajaran menjadi pertimbangan utama sebelum melakukan revisi, terutama dalam memahami umpan balik.siswa tingkat tinggi cenderung bertanya kepada guru, sementara siswa tingkat sedang dan rendah lebih memilih bertanya kepada teman.Guru disarankan untuk secara konsisten memberikan umpan balik tertulis dalam kelas menulis serta memastikan keterlibatan aktif siswa secara perilaku terhadap umpan balik tersebut.

Pertama, perlu diteliti bagaimana pengaruh kepercayaan diri terhadap keberanian siswa dengan kemampuan rendah untuk langsung bertanya kepada guru, bukan hanya kepada teman atau mesin pencari. Penelitian ini dapat mengungkap strategi apa yang bisa dikembangkan guru untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman sehingga siswa tidak merasa takut saat berinteraksi. Kedua, penting untuk mengeksplorasi efektivitas kombinasi umpan balik otomatis (seperti dari aplikasi) dan umpan balik langsung dari guru dalam meningkatkan keterlibatan perilaku siswa di kelas menulis online. Penelitian ini dapat melihat apakah campuran kedua bentuk umpan balik tersebut mampu mengatasi keterbatasan koneksi internet dan perbedaan gaya belajar. Ketiga, perlu dikaji bagaimana faktor sosial dalam kelompok belajar teman sebaya memengaruhi kualitas pemahaman terhadap umpan balik, terutama pada siswa yang enggan bertanya kepada guru. Penelitian ini dapat mengevaluasi apakah kelompok belajar yang difasilitasi secara terstruktur mampu meningkatkan akurasi revisi dibandingkan belajar mandiri atau secara informal dengan teman.

  1. Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis - Hossein Nassaji, 2015. qualitative... doi.org/10.1177/1362168815572747Qualitative and descriptive research Data type versus data analysis Hossein Nassaji 2015 qualitative doi 10 1177 1362168815572747
  1. #kombinasi umpan#kombinasi umpan
File size608.24 KB
Pages25
DMCAReportReport

ads-block-test