STITMAKRIFATULILMISTITMAKRIFATULILMI

Jurnal Ilmiah El Makrifah PGMIJurnal Ilmiah El Makrifah PGMI

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa penting evaluasi dalam pembelajaran di satuan pendidikan di Indonesia. Secara teori, evaluasi pembelajaran telah disampaikan secara konkret oleh beberapa ahli yang memahami dengan baik semua aspek pendidikan yang mampu memengaruhi nilai akhir dari hasil pembelajaran. Pengertian evaluasi yang disampaikan oleh Sudjana lebih banyak ditekankan pada batasan sebagai proses menyalurkan atau memberikan nilai kepada suatu objek tertentu dengan mempertimbangkan suatu kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dan studi literatur sebagai metode penelitian dengan menggunakan jurnal dan buku yang terkait dengan evaluasi pembelajaran. Pendekatan kualitatif adalah pengamatan yang mendalam cenderung menganalisis suatu hal yang menjadi tujuan. Studi literatur adalah cara untuk menyelesaikan suatu masalah dengan mencari sumber-sumber kajian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran tenaga pendidik yang bertanggung jawab atas penyempurnaan pengajarannya, maka ia harus mengevaluasi pengajarannya itu agar mengetahui perubahan apa yang seharusnya diadakan. Siswa juga harus dievaluasi. Evaluasi harus dilakukan secara sistematis dan kontinu agar dapat menggambarkan kemampuan para siswa yang dievaluasi. Dengan demikian, jelas bahwa kedudukan evaluasi pembelajaran sangat penting dan menjadi alat ukur dan landasan ketercapaian pendidikan.

Evaluasi merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran, membantu tenaga pendidik menyempurnakan pengajaran dan memahami kemampuan siswa.Evaluasi harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan untuk menggambarkan kemampuan siswa secara akurat.Meskipun penting, evaluasi seringkali kurang diperhatikan atau bahkan dimanipulasi oleh guru, yang dapat berdampak negatif pada motivasi belajar siswa dan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Berdasarkan temuan penelitian, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan instrumen evaluasi yang lebih komprehensif dan autentik, yang tidak hanya mengukur aspek kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik siswa. Selain itu, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pelatihan bagi guru tentang teknik evaluasi pembelajaran yang efektif dan etis, termasuk cara menganalisis hasil evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Terakhir, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengaruh berbagai pendekatan evaluasi, seperti evaluasi diri (self-assessment) dan evaluasi teman sejawat (peer assessment), terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik siswa, serta bagaimana pendekatan-pendekatan ini dapat diintegrasikan ke dalam praktik pembelajaran sehari-hari untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan berpusat pada siswa. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran di Indonesia dan pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

  1. EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK (SISWA) | Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan. evaluasi belajar peserta... journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/4269EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK SISWA Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan evaluasi belajar peserta journal uin alauddin ac index php idaarah article view 4269
  1. #hasil belajar siswa#hasil belajar siswa
  2. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
Read online
File size632.69 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test