STITMAKRIFATULILMISTITMAKRIFATULILMI
Jurnal Ilmiah El Makrifah PGMIJurnal Ilmiah El Makrifah PGMITujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa penting evaluasi dalam pembelajaran di satuan pendidikan di Indonesia. Secara teori, evaluasi pembelajaran telah disampaikan secara konkret oleh beberapa ahli yang memahami dengan baik semua aspek pendidikan yang mampu memengaruhi nilai akhir dari hasil pembelajaran. Pengertian evaluasi yang disampaikan oleh Sudjana lebih banyak ditekankan pada batasan sebagai proses menyalurkan atau memberikan nilai kepada suatu objek tertentu dengan mempertimbangkan suatu kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dan studi literatur sebagai metode penelitian dengan menggunakan jurnal dan buku yang terkait dengan evaluasi pembelajaran. Pendekatan kualitatif adalah pengamatan yang mendalam cenderung menganalisis suatu hal yang menjadi tujuan. Studi literatur adalah cara untuk menyelesaikan suatu masalah dengan mencari sumber-sumber kajian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran tenaga pendidik yang bertanggung jawab atas penyempurnaan pengajarannya, maka ia harus mengevaluasi pengajarannya itu agar mengetahui perubahan apa yang seharusnya diadakan. Siswa juga harus dievaluasi. Evaluasi harus dilakukan secara sistematis dan kontinu agar dapat menggambarkan kemampuan para siswa yang dievaluasi. Dengan demikian, jelas bahwa kedudukan evaluasi pembelajaran sangat penting dan menjadi alat ukur dan landasan ketercapaian pendidikan.
Evaluasi merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran, membantu tenaga pendidik menyempurnakan pengajaran dan memahami kemampuan siswa.Evaluasi harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan untuk menggambarkan kemampuan siswa secara akurat.Meskipun penting, evaluasi seringkali kurang diperhatikan atau bahkan dimanipulasi oleh guru, yang dapat berdampak negatif pada motivasi belajar siswa dan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Berdasarkan temuan penelitian, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan instrumen evaluasi yang lebih komprehensif dan autentik, yang tidak hanya mengukur aspek kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik siswa. Selain itu, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pelatihan bagi guru tentang teknik evaluasi pembelajaran yang efektif dan etis, termasuk cara menganalisis hasil evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Terakhir, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengaruh berbagai pendekatan evaluasi, seperti evaluasi diri (self-assessment) dan evaluasi teman sejawat (peer assessment), terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik siswa, serta bagaimana pendekatan-pendekatan ini dapat diintegrasikan ke dalam praktik pembelajaran sehari-hari untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan berpusat pada siswa. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran di Indonesia dan pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
| File size | 632.69 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
POLNAMPOLNAM Sifat ingin tahu akan suatu hal yang baru inilah yang akan mengubah minat belajar mereka, sehingga hasil belajar mereka juga akan semakin meningkat. DenganSifat ingin tahu akan suatu hal yang baru inilah yang akan mengubah minat belajar mereka, sehingga hasil belajar mereka juga akan semakin meningkat. Dengan
PTTIPTTI Kegiatan ini dimulai dari kurangnya minat baca di kalangan anak-anak Kemlakagede Village, sehingga diperlukan pembentukan kecintaan membaca melalui aktivitasKegiatan ini dimulai dari kurangnya minat baca di kalangan anak-anak Kemlakagede Village, sehingga diperlukan pembentukan kecintaan membaca melalui aktivitas
STITMUBASTITMUBA Tantangan pendidikan di era digital menuntut guru PAI untuk terus mengembangkan kompetensinya, namun masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengintegrasikanTantangan pendidikan di era digital menuntut guru PAI untuk terus mengembangkan kompetensinya, namun masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan
IFRELIFREL Namun, dalam praktiknya, masih terdapat kesenjangan antara formulasi tujuan pendidikan dan pencapaian visi serta misi lembaga, yang berdampak pada kualitasNamun, dalam praktiknya, masih terdapat kesenjangan antara formulasi tujuan pendidikan dan pencapaian visi serta misi lembaga, yang berdampak pada kualitas
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Untuk membuat pembelajaran interaktif dan bermakna, pendidik harus memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Tujuan dari artikel ini adalah untukUntuk membuat pembelajaran interaktif dan bermakna, pendidik harus memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Tujuan dari artikel ini adalah untuk
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Hal ini memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan antusiasme mereka, serta mendorong pemahaman yang lebih baik terhadapHal ini memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan antusiasme mereka, serta mendorong pemahaman yang lebih baik terhadap
UACUAC Untuk mendukung guru dalam keberhasilan belajar siswa, kami telah meninjau literatur, terutama pembelajaran siswa selama penutupan sekolah. Setelah pengumpulanUntuk mendukung guru dalam keberhasilan belajar siswa, kami telah meninjau literatur, terutama pembelajaran siswa selama penutupan sekolah. Setelah pengumpulan
IAIN SUIAIN SU Setelah dianalisa, ditemukan bahwa dasar pemikiran sekularisme yang bertentangan dengan ajaran Islam telah mempengaruhi kebijakan sistem pendidikan nasional.Setelah dianalisa, ditemukan bahwa dasar pemikiran sekularisme yang bertentangan dengan ajaran Islam telah mempengaruhi kebijakan sistem pendidikan nasional.
Useful /
IIM JAMBIIIM JAMBI Profesi sebagai seorang guru merupakan profesi yang sangat stategis dan terhormat, maka dari itu seorang guru harus memiliki beberapa pengetahuan utamaProfesi sebagai seorang guru merupakan profesi yang sangat stategis dan terhormat, maka dari itu seorang guru harus memiliki beberapa pengetahuan utama
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Perubahan isu dan paradigma dalam pendidikan seni menunjukkan bahwa bidang ini terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Tari anak dapat menjadiPerubahan isu dan paradigma dalam pendidikan seni menunjukkan bahwa bidang ini terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Tari anak dapat menjadi
POLNESPOLNES Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian berupa kuisioner dengan skala Likert untuk mengukur sikap dan persepsi wisatawan terhadapJumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian berupa kuisioner dengan skala Likert untuk mengukur sikap dan persepsi wisatawan terhadap
UNISLAUNISLA Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Data diperoleh dari 20 video PSA yang diunduh dari YouTube, kemudian dikumpulkan melalui analisis dokumenPenelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Data diperoleh dari 20 video PSA yang diunduh dari YouTube, kemudian dikumpulkan melalui analisis dokumen