STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Sektor pendidikan vokasi menghadapi tantangan besar dalam mempersiapkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan industri di era digital. Data SMKN 1 Padang menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi vokasional masih belum optimal dengan aspek pengetahuan sebesar 65%, keterampilan 70%, keselamatan dan kesehatan kerja 70%, serta uji kerja 70%. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Literasi Digital, Gaya Belajar, dan Berpikir Kritis terhadap Kompetensi Siswa SMKN 1 Padang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei eksplanatori, melibatkan 81 siswa aktif yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur skala Likert 1–5 dan dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS. Hasil menunjukkan model penelitian memiliki kualitas psikometrik yang baik (Cronbachs Alpha > 0,925; AVE > 0,597). Evaluasi model struktural mengungkapkan Literasi Digital (β = 0,275; p = 0,008), Gaya Belajar (β = 0,266; p = 0,050), dan Berpikir Kritis (β = 0,411; p = 0,004) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Siswa dengan R² sebesar 0,823. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi Literasi Digital, Gaya Belajar yang sesuai, dan pengembangan Berpikir Kritis dalam meningkatkan kompetensi siswa di sekolah vokasional.
Berdasarkan hasil penelitian, Literasi Digital, Gaya Belajar, dan Berpikir Kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi siswa SMKN Negeri 1 Padang, dengan variabel-variabel tersebut mampu menjelaskan 82,3% varians kompetensi siswa.Literasi Digital terbukti paling dominan dalam membentuk Gaya Belajar siswa (β = 0,831), sedangkan Berpikir Kritis berperan sebagai mediator penting pada jalur Gaya Belajar → Berpikir Kritis → Kompetensi Siswa (VAF = 39,55%).Temuan ini menegaskan perlunya pengembangan program Literasi Digital terintegrasi dan pembelajaran yang dipersonalisasi serta penguatan metode berbasis kreativitas untuk meningkatkan kompetensi vokasional.
Pertama, lakukan penelitian longitudinal multi-situs di beberapa SMK untuk memantau secara berkala pengaruh literasi digital, gaya belajar, dan berpikir kritis terhadap perkembangan kompetensi vokasional siswa selama periode satu hingga dua tahun; studi ini akan mengungkap pola perubahan dinamik dan efektivitas intervensi pembelajaran yang diterapkan secara bertahap. Kedua, jalankan studi komparatif antarjurusan seperti teknik mesin, otomotif, dan informatika dengan menguji peran konteks bidang keahlian serta dukungan industri sebagai variabel moderasi pada hubungan antara literasi digital dan peningkatan kompetensi siswa; pendekatan ini penting agar temuan penelitian menjadi spesifik sesuai karakteristik masing-masing keahlian. Ketiga, kembangkan penelitian campuran (mixed methods) dengan memadukan wawancara mendalam, observasi kelas, dan studi kasus dalam pengujian modul pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi literasi digital dan berpikir kritis; fokuskan pada pengalaman siswa dalam menerapkan teknologi secara kreatif dan solusi atas hambatan yang dihadapi. Keempat, usulkan penelitian eksperimen untuk menguji perbedaan efektivitas model pembelajaran tradisional dibandingkan model dengan komponen literasi digital, gaya belajar, dan berpikir kritis terintegrasi, guna memberikan bukti empiris tentang metode mana yang paling meningkatkan kompetensi siswa. Dengan menggabungkan keempat kerangka tersebut, penelitian selanjutnya diharapkan mampu memberikan pemahaman menyeluruh tentang proses peningkatan kompetensi vokasional dan mendukung perancangan kurikulum serta strategi pengajaran yang lebih adaptif dan efektif.
- STRATEGIES FOR ENHANCING COMMITMENT TO THE ORGANIZATION THROUGH PROGRAMS TO STRENGTHEN TRANSFORMATIONAL... doi.org/10.56943/sujana.v4i1.767STRATEGIES FOR ENHANCING COMMITMENT TO THE ORGANIZATION THROUGH PROGRAMS TO STRENGTHEN TRANSFORMATIONAL doi 10 56943 sujana v4i1 767
- Factors Influencing the Acquisition of Soft Skills in a Collaborative Learning Environment Supported... ieeexplore.ieee.org/document/10632148Factors Influencing the Acquisition of Soft Skills in a Collaborative Learning Environment Supported ieeexplore ieee document 10632148
- EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI PADA SISTEM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEJURUAN (VET)... doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1228EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI PADA SISTEM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEJURUAN VET doi 10 51878 vocational v2i2 1228
| File size | 496.44 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-6Z |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kebugaran jasmani dinilai menggunakan instrumen TKJI, sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisisKebugaran jasmani dinilai menggunakan instrumen TKJI, sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Siswa dengan kecemasan rendah menunjukkan rasa percaya diri, konsentrasi, dan keberhasilan dalam seluruh tahapan, sementara siswa dengan kecemasan sedangSiswa dengan kecemasan rendah menunjukkan rasa percaya diri, konsentrasi, dan keberhasilan dalam seluruh tahapan, sementara siswa dengan kecemasan sedang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis menunjukkan pertumbuhan temporal yang signifikan dari 2 artikel (2015) menjadi 16 artikel (2024), dengan rata-rata 27,92 sitasi per artikel danAnalisis menunjukkan pertumbuhan temporal yang signifikan dari 2 artikel (2015) menjadi 16 artikel (2024), dengan rata-rata 27,92 sitasi per artikel dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh panjang lengan, koordinasi mata‑tangan, dan konsentrasi terhadap kemampuan menembak atlet petanque diPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh panjang lengan, koordinasi mata‑tangan, dan konsentrasi terhadap kemampuan menembak atlet petanque di
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Integrated E‑Modules berbasis flipped book secara signifikan meningkatkan keterampilan Body Spa siswa denganPenelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Integrated E‑Modules berbasis flipped book secara signifikan meningkatkan keterampilan Body Spa siswa dengan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini mengkaji interseksi antara ideologi gender dan hubungan kekuasaan dalam novel The Handmaids Tale karya Margaret Atwood yang menggambarkanPenelitian ini mengkaji interseksi antara ideologi gender dan hubungan kekuasaan dalam novel The Handmaids Tale karya Margaret Atwood yang menggambarkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Terdapat interaksi yang kuat antara metode pelatihan dan motivasi atlet, menunjukkan bahwa keberhasilan program pelatihan sangat bergantung pada kesesuaianTerdapat interaksi yang kuat antara metode pelatihan dan motivasi atlet, menunjukkan bahwa keberhasilan program pelatihan sangat bergantung pada kesesuaian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rekomendasi mencakup peningkatan anggaran untuk infrastruktur, pelatihan guru, dan penerapan model pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini menyimpulkanRekomendasi mencakup peningkatan anggaran untuk infrastruktur, pelatihan guru, dan penerapan model pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini menyimpulkan
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert yang tervalidasi dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert yang tervalidasi dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa e-modul PJOK pembelajaran karate berhasil dikembangkan dan diuji. E-modul mengintegrasikan elemen multimedia seperti gambar, video,Hasil menunjukkan bahwa e-modul PJOK pembelajaran karate berhasil dikembangkan dan diuji. E-modul mengintegrasikan elemen multimedia seperti gambar, video,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan melalui instrumen yang divalidasi, yakni tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Analisis data mencakup statistik deskriptifData dikumpulkan melalui instrumen yang divalidasi, yakni tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Analisis data mencakup statistik deskriptif
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Dalam konteks pembelajaran sastra, hikayat ini mampu membangun kesadaran sejarah dan memperkuat karakter siswa melalui pesan-pesan religius, semangat nasionalisme,Dalam konteks pembelajaran sastra, hikayat ini mampu membangun kesadaran sejarah dan memperkuat karakter siswa melalui pesan-pesan religius, semangat nasionalisme,