STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Sektor pendidikan vokasi menghadapi tantangan besar dalam mempersiapkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan industri di era digital. Data SMKN 1 Padang menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi vokasional masih belum optimal dengan aspek pengetahuan sebesar 65%, keterampilan 70%, keselamatan dan kesehatan kerja 70%, serta uji kerja 70%. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Literasi Digital, Gaya Belajar, dan Berpikir Kritis terhadap Kompetensi Siswa SMKN 1 Padang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei eksplanatori, melibatkan 81 siswa aktif yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur skala Likert 1–5 dan dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS. Hasil menunjukkan model penelitian memiliki kualitas psikometrik yang baik (Cronbachs Alpha > 0,925; AVE > 0,597). Evaluasi model struktural mengungkapkan Literasi Digital (β = 0,275; p = 0,008), Gaya Belajar (β = 0,266; p = 0,050), dan Berpikir Kritis (β = 0,411; p = 0,004) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Siswa dengan R² sebesar 0,823. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi Literasi Digital, Gaya Belajar yang sesuai, dan pengembangan Berpikir Kritis dalam meningkatkan kompetensi siswa di sekolah vokasional.

Berdasarkan hasil penelitian, Literasi Digital, Gaya Belajar, dan Berpikir Kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi siswa SMKN Negeri 1 Padang, dengan variabel-variabel tersebut mampu menjelaskan 82,3% varians kompetensi siswa.Literasi Digital terbukti paling dominan dalam membentuk Gaya Belajar siswa (β = 0,831), sedangkan Berpikir Kritis berperan sebagai mediator penting pada jalur Gaya Belajar → Berpikir Kritis → Kompetensi Siswa (VAF = 39,55%).Temuan ini menegaskan perlunya pengembangan program Literasi Digital terintegrasi dan pembelajaran yang dipersonalisasi serta penguatan metode berbasis kreativitas untuk meningkatkan kompetensi vokasional.

Pertama, lakukan penelitian longitudinal multi-situs di beberapa SMK untuk memantau secara berkala pengaruh literasi digital, gaya belajar, dan berpikir kritis terhadap perkembangan kompetensi vokasional siswa selama periode satu hingga dua tahun; studi ini akan mengungkap pola perubahan dinamik dan efektivitas intervensi pembelajaran yang diterapkan secara bertahap. Kedua, jalankan studi komparatif antarjurusan seperti teknik mesin, otomotif, dan informatika dengan menguji peran konteks bidang keahlian serta dukungan industri sebagai variabel moderasi pada hubungan antara literasi digital dan peningkatan kompetensi siswa; pendekatan ini penting agar temuan penelitian menjadi spesifik sesuai karakteristik masing-masing keahlian. Ketiga, kembangkan penelitian campuran (mixed methods) dengan memadukan wawancara mendalam, observasi kelas, dan studi kasus dalam pengujian modul pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi literasi digital dan berpikir kritis; fokuskan pada pengalaman siswa dalam menerapkan teknologi secara kreatif dan solusi atas hambatan yang dihadapi. Keempat, usulkan penelitian eksperimen untuk menguji perbedaan efektivitas model pembelajaran tradisional dibandingkan model dengan komponen literasi digital, gaya belajar, dan berpikir kritis terintegrasi, guna memberikan bukti empiris tentang metode mana yang paling meningkatkan kompetensi siswa. Dengan menggabungkan keempat kerangka tersebut, penelitian selanjutnya diharapkan mampu memberikan pemahaman menyeluruh tentang proses peningkatan kompetensi vokasional dan mendukung perancangan kurikulum serta strategi pengajaran yang lebih adaptif dan efektif.

  1. STRATEGIES FOR ENHANCING COMMITMENT TO THE ORGANIZATION THROUGH PROGRAMS TO STRENGTHEN TRANSFORMATIONAL... doi.org/10.56943/sujana.v4i1.767STRATEGIES FOR ENHANCING COMMITMENT TO THE ORGANIZATION THROUGH PROGRAMS TO STRENGTHEN TRANSFORMATIONAL doi 10 56943 sujana v4i1 767
  2. Factors Influencing the Acquisition of Soft Skills in a Collaborative Learning Environment Supported... ieeexplore.ieee.org/document/10632148Factors Influencing the Acquisition of Soft Skills in a Collaborative Learning Environment Supported ieeexplore ieee document 10632148
  3. EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI PADA SISTEM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEJURUAN (VET)... doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1228EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI PADA SISTEM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEJURUAN VET doi 10 51878 vocational v2i2 1228
File size496.44 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test